Sukses

6 Manfaat Silaturrahmi dalam Islam, Menjadi Kunci Masuk Surga

Manfaat silaturrahmi dalam Islam yaitu dapat memperpanjang hidup seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat silaturrahmi dalam Islam yang sering kita ketahui bahwa dengan silaturrahmi dapat memperpanjang hidup seseorang. Menjalin hubungan dengan kerabat, dapat menjaga komunikasi dan hubungan kekeluargaan menjadi terasa sangat dekat.

Jarak terkadang menjadi sebuah alasan jarang berjumpanya seseorang dengan kerabat dekat atau bahkan sanak saudara. Menjalin hubungan silaturrahmi harus senantiasa dijaga agar kita senantiasa mendapatkan banyak manfaat.

Menyambung tali silaturrahmi bisa kapan saja. Namun, momen Ramadan dan momen saat Lebaran merupakan momen yang yang selalu dijadikan pilihan untuk menjalin silaturrahmi. Momen silaturrahmi terasa sangat kuat dan hangat ketika Ramadan dan Lebaran tiba, namun manfaat silaturrahmi dalam Islam juga bisa kita rasakan selain momen-momen besar tiba.

Melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat juga bisa dijadikan pilihan untuk bersilaturrahmi dengan teman, sahabat, bahkan keluarga yang jauh. Kegiatan pertemuan bulanan bisa dijadikan pilihan agar hubungan silaturrahmi tetap terjalin.

Menjaga hubungan silaturrahmi merupakan suatu hal yang mudah, namun terkadang sulit untuk diwujudkan. Hal yang tersebut terdengar sederhana namun, manfaat silaturahmi dalam islam sangat luar biasa untuk kehidupan kita di dunia dan di akhirat.

Manfaat silaturrahmi dalam Islam sudah dijelaskan di dalam hadits, “Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi” (HR. Bukhari – Muslim). Dengan begitu penting untuk kita selalu menjaga tali silaturrahmi dengan saudara-saudara kita.

Berikut liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/3/2020) tentang 6 manfaat silaturrahmi dalam Islam, menjadi kunci masuk surga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Silaturrahmi dalam Islam

Ketahui manfaat silaturrahmi dalam Islam agar merasakan manfaat-manfaat yang didapatkan baik di dunia ataupun di akhirat.

1. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Manfaat silaturahmi dalam Islam yang pertama yang bisa kita rasakan yakni silaturahmi dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Menyambung tali silaturrahmi adalah salah satu bentuk ketakwaan seorang hamba kepada sang pencipta.

Dalam hadits riwayat Ahmad yang berbunyi, Sabda Rasulullah: “Allah ‘azza wa jalla berfirman: Aku adalah Ar-Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hak-Nya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya.” (Hadis Riwayat Ahmad).

Allah memerintahkan hambanya untuk senantiasa menjaga dan menjalin hubungan antar sesama. Allah pun menjanjikan pahala bagi siapa yang menjaga dan menjalin silaturrahmi.

2. Memperluas Rezeki Seseorang

Dapat memperluas rezeki seseorang merupakan salah satu manfaat silaturrahmi dalam Islam yang bisa dirasakan selanjutnya. Dengan menjaga hubungan silaturrahmi dengan kerabat bahkan sanak saudara, Allah akan memperluas rezeki seorang hambanya. Dengan menjaga tali silaturrahmi juga akan memudahkan kita untuk membantu kerabat yang sedang dalam kesusahan dan membutuhkan bantuan.

Setiap muslim yang membantu urusan keluarganya tidak hanya mendapatkan pahala sedekah, namun Allah pun akan melimpahkan pahala silaturahmi kepadanya. Sebagaimana yang diungkapkan dalam sabda Rasulullah: “Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi.” (Hadis Riwayat Tirmidzi)

3. Menjadi Kunci Masuk Surga

Manfaat silaturrahmi dalam Islam selanjutnya yakni menjadi kunci masuk surga dan menjauhkan kamu dari api neraka. Salah satu janji Allah adalah mendekatkan surga kepada hambanya yang mampu menjalin silaturrahmi dengan sesamanya. sebagaimana tertuang dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim berikut: “Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim)

3 dari 3 halaman

Manfaat Silaturrahmi dalam Islam Lainnya

4. Menjaga Kerukunan Antar Sesama

Menjaga kerukunan antar sesama merupakan salah satu yang bisa didapatkan dari manfaat silaturrahmi dalam Islam. Dengan menjaga kerukunan antar sesama, dapat meningkatkan rasa persaudaraan juga saling memiliki antar sesama.

Jika rasa memiliki itu sudah tumbuh maka akan selalu siap untuk saling membantu satu sama lain jika saling membutuhkan. Dengan adanya silaturrahmi, dapat membantu seseorang untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang memicu pertengkaran. Hidup rukun dan damai juga akan berdampak terhadap psikologis seseorang yang hidup bertetangga dan bermasyarakat.

Seseorang yang telah terpisahkan dalam tempo waktu yang lama pun, dengan jalan silaturahmi yang tetap dibangun, maka akan terus berhubungan baik dan bahkan saling membutuhkan satu sama lain meskipun tidak saling bertemu.

Seperti sabda Rasulullah SAW berikut: "Orang yang menghubungkan tali persaudaraan (silaturahmi) bukanlah orang yang membalas hubungan baik. Melainkan, orang yang menghubungkan tapi persaudaraan (silaturahmi) adalah orang yang ketika persaudaraannya diputus, maka ia akan menghubungkannya kembali." (HR. Bukhari).

5. Memperluas Persaudaraan Antar Sesama

Selain menjaga kerukunan antar sesama, manfaat silaturrahmi dalam Islam selanjutnya yakni dapat memperluas persaudaraan antar sesama. Dalam Islam, kita semua adalah saudara.

Perbedaan agama tidak bisa dijadikan alasan untuk kita saling membenci dan menjauh satu sama lainnya. Silaturrahmi akan memperluas persaudaraan kita dan tentunya menambah teman atau bahkan sahabat yang bisa berbagi informasi dan saling bertukar pikiran.

6. Menambah Ilmu

Manfaat silaturrahmi dalam Islam selanjutnya yakni dapat menambah ilmu kita. Dengan luasnya hubungan persaudaraan kita, dan senantiasa menjaga tali silaturrahmi akan menambah ilmu kita tentang dunia bahkan akhirat melalui cerita, pengalaman hidup, bahkan pengetahuan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Kerabat atau sanak saudara bisa dijadikan sebagai seseorang yang dapat membantu kita untuk menambah ilmu. Saat silaturahmi terjalin, tentu berbagai ilmu pun akan tercurah satu sama lain yang mana bisa menambah ilmu pengetahuan, wawasan bahkan cerita pengelaman hidup Anda saat ini.

Itulah manfaat silaturrahmi dalam Islam yang bisa kita petik apabila senantiasa menjaga silaturrahmi agar tetap terjalin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.