Sukses

HRD adalah Human Resource Development, Kenali Peran dan Tugasnya

HRD adalah satu bagian penting dalam perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta HRD adalah satu bagian penting dalam perusahaan. Istilah HRD biasanya sering muncul ketika hendak melamar pekerjaan. HRD adalah departemen yang pertama dituju ketika melamar pekerjaan.

Tak cuma perekrutan, HRD adalah bagian perusahaan yang punya fungsi penting bagi sumber daya manusia yang ada. Fungsi HRD adalah mengelola sumber daya manusia yang ada. HRD adalah bagian dari manajemen sumber daya manusia.

HRD adalah bagian penting untuk setiap organisasi yang ingin menjadi dinamis dan berorientasi pada pertumbuhan. HRD adalah kerangka kerja untuk membantu karyawan mengembangkan keterampilannya.

Berikut pengertian HRD, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (7/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa itu HRD

HRD adalah singkatan dari Human Resource Development. Arti HRD adalah pengembangan sumber daya manusia. HRD menjadi salah satu departemen atau bagian dari kebanyakan perusahaan. HRD adalah proses peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kapasitas.

HRD adalah kelompok yang bertanggung jawab untuk mengelola siklus hidup karyawan. HRD merekrut, mempekerjakan, orientasi, pelatihan, memecat karyawan dan mengelola tunjangan karyawan.

Menurut UNEVOC UNESCO, pengertian luas dari HRD, yang merupakan bagian dari grand theory pembangunan manusia, tidak hanya mencakup pendidikan dan pelatihan kejuruan, tetapi juga kesehatan, nutrisi dan akses ke sumber-sumber untuk menentukan nasib sendiri.

3 dari 7 halaman

Peran HRD

Dalam literatur bisnis dan manajemen, fokus HRD adalah pada tujuan yang lebih sempit untuk mencapai atau meningkatkan keterampilan dan sikap karyawan di semua tingkatan untuk memaksimalkan efektivitas perusahaan.

HRD membantu organisasi mengembangkan tenaga kerja mereka. HRD biasanya memfasilitasi pelatihan karyawan dan pengembangan karir yang meningkatkan efektivitas dan kinerja organisasi.

Fokus dari semua aspek HRD adalah pada pengembangan tenaga kerja yang unggul sehingga organisasi dan karyawan individu dapat mencapai tujuan kerja mereka dalam melayani pelanggan. Pengembangan sumber daya manusia penting untuk menumbuhkan tenaga kerja yang terlibat dan termotivasi dan mengarah pada hasil bisnis yang unggul.

4 dari 7 halaman

Tugas-tugas HRD

Merekrut kandidat

Tugas HRD adalah merekrut kandidat karyawan. HRD perlu memahami kebutuhan organisasi dan memastikan kebutuhan tersebut terpenuhi saat merekrut untuk posisi baru. HRD harus menganalisis pasar, berkonsultasi dengan pemangku kepentingan, dan mengelola anggaran.

HR mungkin juga bertanggung jawab untuk pemeriksaan referensi profesional dan pemeriksaan latar belakang untuk memverifikasi bahwa kandidat memenuhi syarat untuk bekerja di perusahaan.

Pelatihan dan pengembangan

HRD juga bertanggung jawab untuk meluncurkan inisiatif pengembangan karyawan. Ini dapat berupa pelatihan di tempat kerja tambahan, program pengembangan profesional, atau peluang pendidikan yang memungkinkan karyawan untuk tumbuh dan berkembang dalam peran mereka.

Pengembangan sumber daya manusia dapat dilakukan secara formal, melalui pelatihan dan pendidikan, atau secara informal melalui pendampingan dan pembinaan.

5 dari 7 halaman

Tugas-tugas HRD

Melakukan tindakan disiplin

Tanggung jawab ini mungkin menjadi alasan mengapa HR cenderung mendapatkan reputasi buruk. HRD harus tahu cara menanganinya secara adil dan konsisten agar situasi tetap berjalan lancar. HDR juga harus memiliki kemampuan mencegah konflik atau eskalasi tambahan.

Misalnya, jika perusahaan mengetahui bahwa karyawan tertentu secara rutin terlambat dan terus terlambat bahkan setelah karyawan tersebut menerima beberapa peringatan, HR dapat turun tangan dan menyelidiki alasan keterlambatan tersebut.

Perbarui kebijakan

Adalah tugas HR untuk membuat pembaruan resmi terhadap kebijakan dan menyarankan perubahan kebijakan ketika mereka tidak lagi melayani perusahaan atau karyawan. Terkadang kebijakan harus diperbarui sebagai reaksi terhadap suatu kejadian.

6 dari 7 halaman

Tugas-tugas HRD

Mengelola manfaat karyawan

Di sisi administrasi, HRD mengawasi manfaat perusahaan yang diamanatkan dan sukarela. Manfaat ini seperti tunjangan seperti Jaminan Sosial, pengangguran, dan kompensasi pekerja, tunjangan lain seperti cuti berbayar, atau tunjangan lainnya. Bidang ini membutuhkan HRD yang berpengalaman dalam pemahaman tentang program manfaat perusahaan.

Menciptakan lingkungan kerja yang aman

Selain mengelola tunjangan, HRD adalah pihak yang bertanggung jawab untuk melindungi keselamatan karyawan di tempat kerja—baik fisik maupun emosional. Dalam arti fisik, HRD harus memastikan tempat kerja bebas dari bahaya. Dalam arti emosional, HRD mempromosikan rasa hormat dan martabat bagi semua karyawan. Mereka juga harus memastikan bahwa karyawan dilindungi dari perilaku seperti pelecehan, diskriminasi, intimidasi, dan eksploitasi.

7 dari 7 halaman

Tugas-tugas HRD

Menjaga budaya perusahaan

Elemen budaya perusahaan dapat mencakup praktik perekrutan yang baik, pengembangan berkelanjutan, dan hubungan karyawan yang kuat. HRD terlibat dalam pekerjaan berkelanjutan untuk memastikan bahwa budaya perusahaan mereka tetap solid sepanjang waktu. Dalam proses orientasi karyawan, SDM dapat berbagi nilai, norma, dan visi perusahaan dengan karyawan.

Hubungan pemimpin dan karyawan

HRD bisa menjadi penghubung antara pemimpin dan karyawan. engan fungsi ini, HRD berusaha untuk membantu pengusaha dan karyawan melihat satu sama lain sebagai kontributor bersama bagi perusahaan, menumbuhkan dinamika positif di antara keduanya.

Ketika seorang karyawan memiliki keluhan di tempat kerja, HR dapat bertindak sebagai penghubung antara karyawan dan pemimpin. Secara keseluruhan, ketika departemen SDM berhasil menciptakan hubungan karyawan yang positif, atasan dapat mempercayai karyawan mereka dan lebih menghargai masukan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.