Sukses

Hunting adalah Berburu Foto, Kenali Artinya dalam Bahasa Gaul

Hunting adalah kata yang digunakan dalam bidang fotografi.

Liputan6.com, Jakarta Hunting adalah istilah dari bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Biasanya hunting adalah kata yang digunakan dalam bidang fotografi. Dalam konteks ini, penggunaan kata hunting adalah salah satu bentuk bahasa gaul yang ada di Indonesia.

Hunting adalah istilah yang dikaitkan dengan mencari objek foto. Bahkan melakukan hunting adalah menjadi hobi tersendiri bagi sebagian orang.

Dalam bahasa gaul, hunting adalah kata yang memiliki perluasan makna. Hunting adalah salah satu istilah tidak formal atau santai dalam berinteraksi. Bisa jadi, makna hunting adalah berbeda dari arti aslinya dalam bahasa Inggris.

Berikut arti hunting dalam bahasa gaul, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(10/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Arti hunting dalam bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, arti hunting adalah berburu. Ia merupakan kata kerja dari hunt. Kata hunting bisa berfungsi sebagai kata benda dan kata kerja. Untuk kata benda, hunting mendefinisikan indakan mengejar permainan. Sementara dalam konteks kata kerja, hunting bermakna tindakan mencari seseorang atau sesuatu.

Arti hunting dalam bahasa Inggris adalah praktek mencari, mengejar dan menangkap atau membunuh satwa liar atau hewan liar. Berburu adalah pengejaran dan pembunuhan hewan liar oleh manusia atau hewan lain, untuk makanan atau sebagai olahraga.

3 dari 9 halaman

Arti hunting dalam fotografi

Pemotretan dilakukan dengan cara memotret suatu objek. Objek bisa apa saja, gunung, stasiun kereta api, orang atau semangkuk buah. Kegiatan mencari objek inlah yang disebut hunting.

Hunting adalah salah satu kegiatan mencari objek foto baik itu pemandangan, benda, manusia, hewan, dan jenis objek lainnya. Ketika seseorang berujar "saya mau hunting foto" artinya dia mau mencari objek yang bisa ia foto.

Istilah hunting dalam fotografi rupanya hanya ada di Indonesia. Di negara lain, istilah hunting dalam fotografi merujuk pada fotografi di alam liar. Contohnya, memotret orang yang sedang berburu atau memotret hewan buruan.

4 dari 9 halaman

Arti hunting dalam bahasa gaul

Hunting dalam bahasa gaul bisa berarti mencari tempat yang bagus untuk mengambil foto. Istilah ini sering digunakan untuk mencari tempat Instagramable untuk berfoto.

Selain fotografi, hunting adalah istilah yang makin meluas maknanya. Dalam bahasa gaul, hunting juga bisa berarti memburu sesuatu. Hal yang diburu ini bisa berupa makanan, pakaian, sepatu, dan banyak lagi. Ia bisa berarti berburu barang belanjaan.

5 dari 9 halaman

Istilah dalam fotografi yang penting

Aperture/bukaan

Sederhananya, aperture adalah ukuran bukaan pada lensa. Aperture bukaan lebar akan membiarkan lebih banyak cahaya masuk ke dalam gambar untuk foto yang lebih cerah, sementara bukaan yang lebih kecil memungkinkan masuknya lebih sedikit cahaya. Bukaan diukur dalam f-stop; f-stop kecil seperti f/1.8 adalah bukaan yang lebar, f-stop besar seperti f/22 adalah yang sangat sempit.

Bokeh

Bokeh adalah bola yang tercipta saat cahaya tidak fokus dalam sebuah gambar. Bokeh menciptakan latar belakang blur ketika objek difokuskan. ni adalah efek yang rapi untuk dimiliki di latar belakang foto.

6 dari 9 halaman

Istilah dalam fotografi yang penting

Eksposur

Eksposur adalah seberapa terang atau gelap suatu gambar. Gambar dibuat saat sensor kamera terkena cahaya—dari situlah istilah itu berasal. Sebuah foto gelap dianggap kurang terang, atau tidak cukup terang; foto cahaya terlalu terang atau terkena terlalu banyak cahaya. Eksposur dikontrol melalui aperture, kecepatan rana, dan ISO.

Focal length

Focal length atau panjang fokus menggambarkan jarak dalam milimeter antara lensa dan bayangan yang terbentuk. Ini menginformasikan sudut pandang dan pembesaran. Pada dasarnya, panjang fokus adalah bagaimana memperbesar gambar akan muncul.

7 dari 9 halaman

Istilah dalam fotografi yang penting

Fokus

Saat mata fokus pada objek yang dekat, objek yang jauh akan tampak buram. Istilah fotografi umum "fokus" memiliki arti yang sama. Ada objek yang direkam dalam fokus tajam, sedangkan objek yang tidak fokus tidak tajam. Area fokus yang berbeda menentukan apakah kamera memfokuskan pada beberapa titik atau satu titik yang dipilih pengguna.

ISO

ISO menentukan seberapa sensitif kamera terhadap cahaya. Misalnya, ISO 100 berarti kamera tidak terlalu sensitif—sangat bagus untuk memotret di siang hari. ISO 3200 berarti kamera sangat sensitif terhadap cahaya. ISO diseimbangkan dengan aperture dan kecepatan rana untuk mendapatkan eksposur yang tepat.

8 dari 9 halaman

Istilah dalam fotografi yang penting

Noise

Noise adalah bintik-bintik kecil dalam sebuah gambar, kadang-kadang juga disebut grain. Gambar yang diambil pada ISO tinggi memiliki banyak noise, jadi sebaiknya gunakan ISO terendah yang bisa untuk jumlah cahaya dalam pemandangan.

Kecepatan rana/Shutter Speed

Shutter Speed atau kecepatan rana adalah bagian dari kamera yang membuka dan menutup untuk membiarkan cahaya masuk dan mengambil gambar. Kecepatan rana adalah berapa lama rana tetap terbuka, ditulis dalam detik atau sepersekian detik, seperti 1/200 d. atau 1”, dengan simbol “ yang sering digunakan untuk menunjukkan satu detik penuh.

9 dari 9 halaman

Istilah dalam fotografi yang penting

Viewfinder

Viewfinder atau jendela bidik adalah lubang yang diintip untuk mengambil gambar. Beberapa kamera digital tidak memilikinya dan hanya menggunakan layar, tetapi semua DSLR dan sebagian besar kamera mirrorless menggunakannya.

Long Exposure

Long Exposure adalah gambar yang telah terkena untuk waktu yang lama atau menggunakan kecepatan rana yang panjang. Teknik ini berguna untuk memotret objek diam dalam cahaya rendah (sering digunakan oleh fotografer lanskap), atau membuat objek bergerak menjadi buram artistik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.