Sukses

Bikin Kaget, Biawak Sebesar 60 Kg Tiba-tiba Muncul di Depan Pintu Rumah

Biawak besar tiba-tiba muncul di depan pintu rumah.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang biawak jadi hewan yang cukup menyebalkan. Pasalnya, reptil yang berukuran besar itu bisa bikin kaget dan muncul tiba-tiba. Seperti baru-baru ini, kedatangan biawak yang bikin geger jagat maya.

Penghuni kompleks Perumahan Taman Permint di Seberang Takir dibuat gempar dengan seekor biawak raksasa. Biawak seberat 60 kilogram itu muncul di depan pintu rumah warga. Peristiwa tak terduga pada pagi hari itu benar-benar mengejutkan penghuni rumah kompleks yang terletak di Kuala Nerus, Terengganu, Malaysia.

Sang pemilik rumah, Ronzi Abdullah menceritakan awal mula kediamannya didatangi biawak yang diduga memiliki panjang hingga 2,7 meter itu. Pria 50 tahun tersebut mengatakan jika anak perempuannya, Mia Halimaton Zulaiha, sedang sibuk menyalakan mobil sebelum berangkat kerja.

Pada waktu itu Mia sedang sendirian di rumah dan hendak berangkat ke tempat kerja. Sebelum berangkat kerja, ia menyalakan mesin mobilnya. Ketika hendak keluar, ia pun mendapati biawak besar di depan pintu rumah.

"Dia sangat terkejut melihat biawak yang sangat besar itu, anak saya langsung menutup pintu teralis untuk mencegah biawak itu masuk rumah," kata Ronzi Abdullah, seperti dikutip oleh Liputan6.com dari Siakapkeli, Jumat (24/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menghubungi Angkatan Pertahanan Awam untuk mendapatkan pertolongan.

Tak tinggal diam, Mia pun langsung menelpon sang ayah yang waktu itu berada di tempat kerja. Sang ayah pun menduga jika biawak itu bersembunyi di bawah mobil Mia sampai muncul ke depan pintu rumah.

"Dia kemudian menghubungi saya yang ketika itu berada di tempat kerja. Besar kemungkinan biawak itu sebelumnya bersembunyi di bawah mobilnya,” tutur Ronzi.

Kemudian tetangganya yang bernama Nurul Diana Ariffin mendapati kejadian itu langsung menghubungi Angkatan Pertahanan Awam (APM) untuk mendapatkan pertolongan.Menurut Ronzi, kemunculan biawak berukuran besar tersebut adalah kejadian kedua di kawasan perumahan tersebut.

Diketahui, sebelumnya hewan besar itu muncul di rumah tetangganya sekitar tiga bulan lalu. Sementara itu, Pegawai Pasukan Bahagian Operasi Pertahanan Awam Daerah Kuala Terengganu/Kuala Nerus, Lt. M (PA) Edie Azhar Ramli berkata pihaknya menerima panggilan pada 10 pagi tadi dan tiba di lokasi 10 menit kemudian.

3 dari 3 halaman

Muncul Karena Luapan Air dari Hujan Deras

Lima anggota APM memerlukan waktu selama 30 menit untuk menangkap reptil tersebu. Waktu yang dibutuhkan cukup lama, lantaran ukuran biawak yang besar dan sangat agresif.

“Biawak berukuran besar ini sangat berbahaya kerana ia mampu memakan atau melukai bayi dan libasan ekornya juga melukai anak-anak. Apabila biawak itu bergelut, anggota kami terpaksa mengambil masa menenangkannya kerana ia sangat berat,” kata Edie.

Edie Azhar juga mengatakan jika biawak besar itu muncul karena saluran pembuangan air dan selokan yang tergenang akibat hujan deras selama beberapa hari di Malaysia. Tergenangnya selokan dan saluran air, membuat biawak itu keluar dari habitat yang biasanya berdekatan dengan air seperti rawa, sungai dan kolam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.