Sukses

7 Manfaat Bawang Putih Bakar dan Cara Membuatnya

Bawang putih bakar dapat menjadi tambahan makanan yang nikmat.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bawang putih bakar dapat menjadi tambahan makanan yang nikmat. Aroma bawang putih yang kuat membuat makanan apa pun terasa lebih enak. Ia merupakan salah satu bahan makanan yang harus dimiliki di hampir setiap dapur.

Tak hanya menyedapkan makanan, bawang putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Selain bergizi, bawang putih telah terbukti mengurangi risiko kondisi kronis seperti penyakit kardiovaskular dan jenis kanker tertentu.

Manfaat kesehatan terbesar datang dari bawang putih mentah segar. Namun, terkadang sejumlah orang tak menyukai konsumsi bawang mentah karena rasanya yang sangat kuat. Bawang putih bakar akhirnya menjadi pilihan untuk menikmatinya.

Manfaat bawang putih bakar mungkin memiliki perbedaan dengan bawang putih mentah. Meski manfaat bawang putih bakar tak sekuat versi mentahnya, ia dapat lebih nikmat. Manfaat bawang putih bakar juga bisa dikonsumsi lebih banyak untuk mendapat manfaatnya.

Berikut manfaat bawang putih bakar yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (30/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Lebih mudah dicerna

Melansir Food NDTV, manfaat bawang putih bakar yang pertama adalah ia lebih mudah dicerna. Memanggang membuat bawang putih membuatnya mudah dicerna. Ini membantu mengatur usus yang sehat.

Namun, bawang putih tak boleh dikonsumsi berlebihan. Makan lebih dari lima siung bawang putih setiap hari dapat menyebabkan sakit perut, perut kembung, mual, dan mulas, dan beberapa orang alergi terhadap ramuan tersebut.

3 dari 9 halaman

Rasa lebih ringan

Manfaat bawang putih bakar selanjutnya adalah perbedaan rasa. Memasak bawang putih mengubah rasa dan teksturnya, membuatnya lebih lembut, lebih lembut, dan lebih kental serta memberikan rasa dan aroma yang lebih halus. Melansir Leaf Tv, bawang putih mentah mungkin sulit ditelan. Ketika dipanggang, rasanya menjadi sedikit lebih manis dan lebih ringan.

Selain itu, diyakini bahwa memotong dan memanggang dalam waktu singkat dapat merangsang dan melepaskan senyawa dalam bawang putih yang memberikan manfaat kesehatan pada bawang putih.

4 dari 9 halaman

Sehatkan jantung

Manfaat bawang putih bakar untuk kesehatan adalah efeknya untuk jantung. Bawang putih bakar bisa meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular yang lebih kuat. Bawang putih telah ditemukan untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Ia juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penyumbatan arteri. Penting untuk tidak memanggang bawang putih terlalu lama (maksimal 10 menit). Juga jangan memasukkannya ke dalam microwave, karena ini dapat menghabiskan khasiatnya yang bermanfaat.

5 dari 9 halaman

Cegah kanker

Bawang putih bakar juga telah ditemukan untuk membantu dalam pencegahan kanker tertentu pada sistem pencernaan. Kanker yang dapat dicegah dengan bawang putih adalah kanker perut, kanker usus besar dan kanker usus, serta beberapa jenis kanker lainnya seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Manfaat bawang putih bakar ini didapat dari efeknya yang membantu tubuh melawan infeksi. Bawang putih sarat dengan antioksidan, bawang putih dijuluki untuk membuang racun dan membantu memurnikan darah.

6 dari 9 halaman

Sehatkan pencernaan

Manfaat bawang putih bakar bisa digunakan untuk gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar atau penyakit refluks gastroesofagus. Bawang putih bakar membantu mengatasi gejala seperti mulas, mual, dan gangguan pencernaan. Bawang putih membantu kesehatan pencernaan dengan meningkatkan produksi cairan yang membantu pencernaan, membantu pembuangan limbah dari tubuh dan mengurangi peradangan lambung.

Bawang putih bakar lebih lembut daripada bawang putih mentah. Ini membuatnya jauh lebih mudah dicerna jika memiliki masalah pencernaan. Bawang putih bakar juga tidak mengganggu perut seperti halnya bawang putih mentah.

7 dari 9 halaman

Tingkatkan kekebalan

Bawang putih bakar dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat bawang putih bakar ini didapat berkat sifat antibakterinya. Ia dapat memperkuat kekebalan dan membantu melawan bakteri dan penyakit.

Bawang putih telah digunakan sebagai agen antiseptik, antibakteri, dan antijamur. Ini dapat membantu tubuh melawan atau menghancurkan virus dan mikroorganisme lainnya. Bawang putih juga diklaim dapat melawan infeksi.

8 dari 9 halaman

Obat luar

Manfaat bawang putih bakar bisa digunakan sebagai obat luar. Ia efektif dalam mengobati kutu air dengan menggosokkan siung hangat ke daerah yang terkena.

Bawang putih bakar juga dapat digunakan untuk infeksi kulit lainnya seperti jerawat, serta pengobatan untuk luka kecil untuk mencegah infeksi. Menariknya, satu siung bawang putih bakar hangat juga bisa dioleskan ke telinga yang terinfeksi untuk mengobati rasa sakit dan infeksi.

9 dari 9 halaman

Cara membuat bawang putih bakar

Berikut cara membuat bawang putih bakar:

Bahan:

- Satu bongkah bawang putih utuh

- Minyak zaitun extra virgin

Cara membuat bawang putih bakar:

1. Panaskan oven hingga 200 derajat Celcius

2. Kupas dan buang lapisan luar tipis dari seluruh umbi bawang putih.

3. Menggunakan pisau tajam, potong 1/4 hingga 1/2 inci dari bagian atas siung bawang putih.

4. Masukkan bawang putih ke dalam loyang atau loyang muffin.

5. Beri guyuran beberapa sendok teh minyak zaitun di atas setiap bongkah yang terbuka. Gunakan jari untuk menggosok minyak zaitun ke semua siung bawang putih yang terpotong.

6. Tutupi bawang dengan aluminium foil.

7. Panggang pada suhu 200°C selama 30-40 menit, atau hingga siung berwarna kecokelatan dan terasa lembut saat ditekan.

8. Dinginkan, dan pisahkan siung bawang putih dari kulit yang tersisa.

9. Bawang putih bakar siap disantap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.