Sukses

Asmaul Husna Al-Wahhab Artinya Yang Maha Pemberi, Ini Contoh Ayatnya dalam Al-Qur’an

Al-Wahhab artinya sifat Allah SWT memberi tanpa mengharap imbalan dari hamba-Nya.

Liputan6.com, Jakarta Memahami Al-Wahhab artinya salah satu dari 99 nama-nama terbaik lagi indah Allah SWT dalam Asmaul Husna. Al-Wahhab artinya Yang Maha Pemberi. Al-Wahhab artinya sifat Allah SWT memberikan apapun kepada hamba-Nya tanpa mengharapkan balasan atau imbalan.

Melansir dari laman resmi Al-Qur’an Indonesia, pada Jumat (18/2/2022) asmaul husna Al-Wahhab artinya berasal dari akar kata w-h-b dalam bahasa Arab Klasik diartikan sebagai: memberi tanpa mengharap imbalan, memberi sebagai bentuk hadiah yang didonasikan, memberikan hadiah, mencurahkan rahmat-Nya tanpa pandang bulu.

“Dia yang dermawan dalam memberi tanpa mengharap imbalan. Dia-lah yang memberikan rezeki ke semua baik itu Halal ataupun Haram,” dijelaskan.

Cara mengimani asmaul husna Al-Wahhab artinya Yang Maha Pemberi adalah mulai memahami sifat dermawan, memberi lebih baik daripada menerima. Dalam buku berjudul Terapi Mencerdaskan Hati oleh Muhammad Syafie el-Bantanie, memberikan sesuatu yang dimilikinya (jika lebih) kepada orang yang memang membutuhkan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang asmaul husna Al-Wahhab artinya Yang Maha Pemberi, Jumat (18/2/2022).

2 dari 3 halaman

Asmaul Husna Al-Wahhab

Memahami Al-Wahhab adalah salah satu nama terbaik lagi indah Allah SWT dari 99 asmaul husna lainnya. Asmaul husna Al-Wahhab artinya Yang Maha Pemberi. Al-Wahhab artinya Allah SWT memberi untuk mereka yang membutuhkan atau pun tidak membutuhkan, kepada mereka yang baik atau pun yang jahat.

Melansir dari laman resmi Al-Qur’an Indonesia, asmaul husna Al-Wahhab artinya berasal dari akar kata w-h-b dalam bahasa Arab Klasik diartikan sebagai: memberi tanpa mengharap imbalan, memberi sebagai bentuk hadiah yang didonasikan, memberikan hadiah, mencurahkan rahmat-Nya tanpa pandang bulu.

Al-Wahhab artinya Yang Maha Pemberi, juga berasal dari kata hibah. Kementerian Agama Kalimantan Selatan dalam keterangan tertulisnya menjelaskan kata hibah, yaitu pemberian yang tidak bermotif. Jika bertambah banyak pemberian dengan sifat ini, maka si pemberi itu disebut Jawadun Wahhab.

Asmaul husna Al-Wahhab artinya Allah SWT memberi tanpa mengharapkan balasan apapun. Dalam buku berjudul Cerita dan Makna Asmaul Husna oleh Siti Wahyuni dan Arini Nurpadilah, menjelaskan arti asmaul husna Al-Wahhab artinya memberikan apapun kepada hamba-Nya tanpa mengharapkan balasan atau imbalan dari pemberian-Nya.

“Tidak perlu melihat jauh, dari tubuh dan akal manusia, Allah SWT memberikan itu semua secara gratis. Manusia telah menerima nikmat yang sangat banyak dari Allah SWT,” dijelaskan.

Cara mengimani asmaul husna Al-Wahhab artinya Yang Maha Pemberi adalah mulai memahami sifat dermawan, memberi lebih baik daripada menerima. Dalam buku berjudul Terapi Mencerdaskan Hati oleh Muhammad Syafie el-Bantanie, menjelaskan cara termudah mengimani Al-Wahhab adalah memberikan sesuatu yang dimilikinya (jika lebih) kepada orang yang memang membutuhkan.

 

3 dari 3 halaman

Contoh Asmaul Husna Al-Wahhab Artinya Yang Maha Pemberi dalam Al-Qur’an

1. Asmaul Husna Al-Wahhab artinya dalam Al-Qur’an surat Shad ayat 9:

“Atau apakah mereka itu mempunyai perbendaharaan rahmat Tuhanmu Yang Mahaperkasa, Maha Pemberi?”

2. Asmaul Husna Al-Wahhab artinya dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 73:

“Sesungguhnya petunjuk itu hanyalah petunjuk Allah. (Janganlah kamu percaya) bahwa seseorang akan diberi seperti apa yang diberikan kepada kamu, atau bahwa mereka akan menyanggah kamu di hadapan Tuhanmu.” Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya karunia itu di tangan Allah, Dia memberikannya kepada siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.”

3. Asmaul Husna Al-Wahhab artinya dalam Al-Qur’an surat Shad ayat 35:

Dia berkata, “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

4. Asmaul Husna Al-Wahhab artinya dalam Al-Qur’an surat Al-Ankabut ayat 17:

“Sesungguhnya yang kamu sembah selain Allah hanyalah berhala-berhala, dan kamu membuat kebohongan. Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezeki kepadamu; maka mintalah rezeki dari Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada-Nya kamu akan dikembalikan.”

5. Asmaul Husna Al-Wahhab artinya dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 8:

“(Mereka berdoa): ... Karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau karena Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”

6. Asmaul Husna Al-Wahhab artinya dalam Al-Qur’an surat Al-Insan ayat 8-9:

“Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim, dan orang yang ditawan, (sambil berkata), “Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah karena mengharapkan keridhoaan Allah, kami tidak mengharapkan balasan dan terima kasih darimu.”

7. Asmaul Husna Al-Wahhab artinya dalam Al-Qur’an surat Al Mudatsir ayat 6:

“Dan janganlah engkau (Muhammad) memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak. ”

8. Asmaul Husna Al-Wahhab artinya dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 133-134:

“Bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.”