Sukses

10 Cara Menghilangkan Mata Ikan di Kaki Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

Cara menghilangkan mata ikan bisa kamu lakukan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan mata ikan bisa dipraktikkan dengan menggunakan bahan alami. Mata ikan sendiri merupakan kondisi yang mirip dengan kapalan. Bedanya dengan kapalan, mata ikan lebih keras, lebih kecil, dan lebih nyeri. Biasanya seseorang mengalami mata ikan pada bagian kaki. Namun, tidak jarang juga seseorang mengalaminya di tangan. 

Penyebab mata ikan muncul di kulit adalah karena terjadinya gesekan atau tekanan secara berulang-ulang. Gesekan dan tekanan ini kemudian akan akan membentuk penebalan pada kulit dan kadang sakit saat disentuh.

Cara menghilangkan mata ikan bisa kamu lakukan di rumah. Hal ini harus disegerakan karena walaupun tidak berbahaya, mata ikan dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, tentunya saat terdapat mata ikan di kakimu, aktivitas akan terganggu dan bisa membuat kaki tidak enak dipandang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/2/2022) tentang cara menghilangkan mata ikan.

2 dari 4 halaman

Penyebab Mata Ikan

Sebelum mengenali cara menghilangkan mata ikan, kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan mengenali dan menghindari penyebab mata ikan, maka kamu juga bisa mencegahnya terjadi.

Memakai sepatu yang tidak nyaman

Penyebab mata ikan yang pertama adalah menggunakan sepatu yang tidak nyaman. Sepatu yang terlalu sempit tentunya akan membuat terjadinya tekanan dan gesekan pada kaki. Hal inilah yang pada akhirnya menjadi penyebab mata ikan. Tidak hanya itu, sepatu yang longgar pun bisa menjadi salah satu penyebab mata ikan. karena beberapa bagian pada kaki juga bergesekan secara berulang dengan sepatu.

Selain itu, hal ini juga bisa ditemukan ketika memakai sepatu berhak tinggi, karena bisa menekan beberapa bagian pada kaki. Supaya tidak mengalami penebalan kulit, kamu bisa memilih sepatu berhak lebih rendah dan sepatu yang memiliki bantalan kaki.

Tidak memakai kaus kaki

Tidak memakai kaus kaki bisa mengakibatkan terjadinya gesekan antara kaki dengan sepatu secara langsung. Hal ini tentu dapat menimbulkan mata ikan. Bahkan walau kamu sudah memakai kaus kaki sekalipun, gesekan tersebut tetap bisa terjadi bila kaus kaki yang kamu pakai ukurannya tidak tepat dengan ukuran kaki.

Berjalan atau berlari terlalu lama dan sering

Berjalan atau berlari secara berlebihan, baik itu terlalu lama atau terlalu sering, juga bisa menjadi penyebab mata ikan. Hal ini disebabkan karena tekanan yang terjadi secara terus menerus saat kamu berjalan atau berlari, sehingga memicu munculnya mata ikan.

Penggunaan peralatan yang mengharuskan banyaknya terjadi gesekan

Penyebab mata ikan satu ini adalah gesekan kulit tangan dengan sebuah peralatan, yang biasanya adalah instrumen musik ataupun peralatan memasak yang sering digunakan. Gesekan-gesekan yang terjadi menyebabkan adanya penebalan pada kulit tangan, sekaligus memunculkan penyebab mata ikan.

Kondisi medis tertentu

Penyebab mata ikan juga bisa dipengaruhi oleh kondisi medis tertentu. Berikut liputan6.com kutip dari KlikDokter, beberapa kondisi atau penyakit yang bisa menjadi penyebab mata ikan:

- Terdapat luka

- Adanya kutil di kaki

- Kerusakan kelenjar keringat

- Kelainan jari kaki saat sendi jari kaki menekuk di buku jari tengah (hammer toe)

- Tulang menonjol yang terbentuk pada sendi bagian bawah ibu jari kaki, sehingga ibu jari kaki terdorong ke arah jari-jari kaki yang lain (bunion)

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Mata Ikan

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan mata ikan dan membuat kulitmu kembali normal:

Bawang Putih

Tentunya sudah bukan rahasia lagi kalau bawang putih merupakan salah satu pengobatan mata ikan. Salah satu cara menghilangkan mata ikan di kaki terbaik adalah dengan menggunakan bawang putih ini.

Potong bawang putih segar dan gosokkan pada mata ikan selama satu menit. Kamu juga dapat menutupi mata ikan dengan perban yang diisi dengan bawang putih yang ditumbuk.

Merendam Kaki di Air Hangat

Cara menghilangkan mata ikan di kaki selanjutnya adalah merendam kaki dengan air hangat selama 5 hingga 10 menit. Hal ini dilakukan untuk melunakkan mata ikan di kaki. Semakin lunak mata ikan, maka semakin mudah bagi kamu untuk menghilangkannya.

Gosok dengan Batu Apung

Kamu dapat mencoba menggosok atau mengikis mata ikan yang muncul dengan batu apung. Lakukan perawatan ini secara rutin agar mata ikan cepat menghilang. Cara menghilangkan mata ikan ini dilakukan dengan menggosoknya dengan batu apung setelah merendam kaki di air hangat. Hindari menggunakan benda-benda tajam untuk mengikis mata ikan di telapak kaki, karena ini bisa meningkatkan risiko timbulnya luka dan infeksi.

Aspirin

Penggunaan aspirin, air lemon, dan air akan membantu untuk menyingkirkan masalah mata ikan pada kaki. Haluskan enam tablet aspirin, tambahkan sedikit air dan air lemon. Oleskan ramuan itu pada mata ikan dan bungkus kaki dengan kantong plastik dan handuk hangat di sekitarnya.

Diamkan selama 15 menit dan sikat mata ikan menggunakan batu apung. Perawatan ini harus dilakukan selama tujuh hari berturut-turut sampai mata ikan hilang.

Garam Epsom

Cara menghilangkan mata ikan juga dapat dilakukan dengan merendamnya dengan larutan garam epsom. Hal ini dapat membantu melunakkan sel kulit mati pada mata ikan. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampur 2-3 sendok makan garam epsom ke air hangat. Kemudian rendam sekitar 20 menit, lalu keringkan dan dengan perlahan kelupas sel kulit mati pada mata ikan.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Mata Ikan

Cuka Sari Apel

Cara menghilangkan mata ikan secara alami yang berikutnya yaitu dengan menggunakan cuka sari apel. Kamu bisa memakai cuka sari apel untuk untuk membantu melembutkan dan menyingkirkan mata ikan di kaki.

Caranya mudah saja, kamu tinggal merendam daerah yang terkena mata ikan di dalam larutan berisi cuka sari apel selama 25 menit. Gosok dengan batu apung dan kemudian bungkus dengan perban yang telah dibasahi dengan cuka sari apel. Dalam seminggu kamu bisa melihat hasilnya.

Pepaya

Pepaya memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Bahkan pepaya juga merupakan salah satu solusi sebagai cara menghilangkan mata ikan di kaki. Setengah sendok teh jus pepaya mentah yang dioleskan dengan bantuan bola kapas pada mata ikan akan membantu menyingkirkan masalah ini pada kaki kamu.

Lemon

Untuk mengobati mata ikan di kaki, kamu dapat menggunakan air lemon setidaknya tiga kali dalam sehari (minyak lemon juga dapat digunakan). Ini akan membantu melembutkan mata ikan sehingga mudah untuk digosok dengan batu apung.

Getah Jarak

Cara menghilangkan mata ikan dengan bahan alami berikutnya adalah menggunakan getah jarak. Caranya, gosokkan getah jarak pada daerah yang terkena mata ikan secara rutin. Hal ini berguna untuk menghilangkan kulit mati pada mata ikan dan mengempeskannya.

Kompres Es Batu

Jika mata ikan di kaki terasa nyeri dan bengkak, cobalah untuk mengatasi kondisi tersebut dengan memberikan kompres dingin. Kamu bisa membungkus es batu menggunakan kain bersih atau plastik ziplock. Setelah itu, letakkan bungkusan es batu ke bagian tubuh yang terdapat mata ikan selama 10-20 menit.