Sukses

Hosting Adalah Layanan Pembangun Situs Web, Kenali Cara Kerjanya

Hosting adalah bagian penting ketika mengelola situs.

Liputan6.com, Jakarta Hosting adalah layanan yang erat kaitannya ketika membuat website. Ketika kamu hendak membuat website, kamu mungkin diminta untuk membeli hosting. Fungsi hosting adalah untuk memelihara situs website.

Hosting adalah layanan penting ketika akan membuat sebuah situs web. Memahami web hosting adalah bagian penting ketika mengelola situs. Hosting adalah salah satu elemen paling penting untuk dipertimbangkan saat membangun situs web.

Seiring berjalannya perkembangan tekonologi, hosting adalah layanan yang telah berkembang menjadi berbagai format. Bentuk umum dari hosting adalah shared hosting, dedicated hosting hingga cloud hosting. Kini ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan hosting.

Berikut pengertian hosting, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (12/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa itu hosting?

Melansir Techopedia, secara sederhana hosting adalah layanan di mana penyimpanan dan sumber daya komputasi disediakan untuk individu atau organisasi untuk akomodasi dan pemeliharaan satu atau lebih situs web dan layanan terkait. Hosting juga sering disebut sebagai website hosting atau web hosting.

Menurut Digital, dalam istilah yang paling dasar, web hosting adalah layanan yang memungkinkan individu atau organisasi untuk mempublikasikan situs web di Internet. Hosting menyediakan tempat yang aman untuk menyimpan konten online.

3 dari 7 halaman

Cara kerja hosting

Banyak yang menganggap situs web hanya ada secara digital. Kenyataannya, sebuah situs web membutuhkan sumber daya fisik untuk memberi daya pada konten Internet, terutama dalam bentuk server. Server adalah komputer canggih yang menyimpan semua file yang menyusun situs web.

Server adalah ruang fisik tempat situs web berjalan. Situs web pada dasarnya adalah kumpulan file, termasuk teks, gambar, dan elemen lainnya. Server dianggap sebagai emari arsip tempat file-file itu berada.

Hosting web terjadi ketika file yang membentuk situs web diunggah dari komputer lokal ke server web. Ketika seseorang mengunjungi situs web, mereka terhubung ke server tempat mereka dapat mengakses file tersebut, alias situs web.

4 dari 7 halaman

Peran penyedia layanan hosting

Hosting web biasanya disediakan oleh host web. Ini merupakan bisnis yang memelihara, mengonfigurasi, dan menjalankan server fisik yang menampung situs web. Layanan hosting web bekerja dengan mempertahankan ruang penyimpanan yang stabil dan aman.

Meskipun dimungkinkan untuk membeli dan menjalankan server sendiri untuk meng-host situs web, ini kemungkinan jauh lebih mahal dan rumit daripada yang diperlukan. Host menyimpan data pada perangkat keras yang disebut server web, yang memungkinkan perawatan dan akses mudah oleh pengguna online. Tanpa kapasitas host yang cukup besar dan pemeliharaan yang tepat, situs web dapat berperilaku tidak menentu.

5 dari 7 halaman

Jenis layanan hosting

Melansir Techradar, berikut jenis layanan hosting yang sering digunakan:

Shared hosting

Shared hosting atau hosting bersama adalah layanan hosting yang memungkinkan beberapa situs web menggunakan satu server. Dengan shared hosting, banyak pengguna berbagi sumber daya server yang sama, termasuk memori, daya pemrosesan, dan ruang penyimpanan. Karena kesederhanaan dan keterjangkauannya, shared web hosting adalah solusi yang sangat baik untuk usaha kecil dan situs web pribadi yang tidak memerlukan konfigurasi lanjutan atau bandwidth yang lebih tinggi.

Hosting VPS

Virtual Private Server atau VPS hosting adalah layanan hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk memberi sumber daya (pribadi) khusus di server dengan banyak pengguna. Dengan jenis hosting ini, situs web juga berbagi server fisik dengan pengguna lain, tetapi host web membuat partisi virtual untuk setiap pengguna. Hosting VPS biasanya dipilih oleh pemilik situs web yang memiliki lalu lintas tingkat menengah yang melebihi batas paket hosting bersama tetapi masih tidak memerlukan sumber daya dari server khusus.

6 dari 7 halaman

Jenis layanan hosting

Cloud hosting

Cloud hosting adalah layanan hosting yang membuat aplikasi dan situs web dapat diakses menggunakan sumber daya cloud. Tidak seperti hosting tradisional, solusi tidak diterapkan pada satu server. Sebagai gantinya, jaringan server cloud virtual dan fisik yang terhubung menghosting aplikasi atau situs web, memastikan fleksibilitas dan skalabilitas yang lebih besar.

Hosting Khusus

Hosting khusus adalah opsi hosting Internet di mana server fisik (atau server) didedikasikan untuk satu pelanggan bisnis. Pelanggan memiliki kendali penuh atas alat berat, sehingga mereka dapat mengoptimalkannya untuk kebutuhan unik mereka, termasuk kinerja dan keamanan.

7 dari 7 halaman

Cara membuat situs web

Untuk membuat situs web, ada empat langkah dasar yang harus dilakukan. Ini meliputi:

Daftarkan nama domain

Nama domain harus mencerminkan produk atau layanan sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukan bisnis melalui mesin pencari. Nama domain juga akan digunakan untuk alamat email. Untuk mendaftarkan nama domain, pemiliki perlu mencari registrar terakreditasi dan membayar biaya.

Temukan perusahaan hosting web

Orang yang ingin membuat situs web perlu mencari perusahaan web hosting untuk mendapatkan nama domain di internet. Sebagian besar penyedia layanan internet utama menawarkan layanan web hosting. Mereka juga dapat memberi beberapa alamat email.

Siapkan konten

Pikirkan tentang apa yang ingin orang dapat lakukan melalui situs web yang dibuat. Ini akan membantu menentukan bagian atau halaman apa yang ingin disertakan. Pertimbangkan informasi atau transaksi apa yang diinginkan orang dan pastikan situs tersebut terstruktur untuk memudahkan mereka menemukan dan melakukan hal-hal yang mereka butuhkan.

Bangun situs web

Kamu dapat membangun situs web sendiri atau meminta pengembang web profesional membangunkannya. Situs web harus selalu diperbarui, jadi pastikan kamu merencanakan pemeliharaan berkelanjutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.