Sukses

Arti Deadline adalah Batasan Waktu yang Jelas, Pahami Peran Penting dan Cara Memenuhinya

Deadline adalah tenggat waktu.

Liputan6.com, Jakarta Apa arti deadline? Memahami istilah deadline adalah berhubungan dengan waktu atau penyelesaian sesuatu hal. Terutama untuk menentukan sesuatu itu bernilai atau tidak bernilai yang dipengaruhi oleh waktu.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan arti deadline adalah tenggat sebagai batas waktu. Merujuk pada istilah “dead” yang artinya tidak berlaku lagi, maka deadline biasa dipakai untuk menentukan nilai dari sesuatu.

Penggunaan sesuai arti deadline adalah bisa digunakan untuk membuat janji dengan rekan atau kolega akan sesuatu hal, misalnya janji yang berhubungan dengan tenggat penyelesaian tugas, pekerjaan, dan pemenuhan utang, dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentanga arti deadline, peran penting deadline, dan cara memenuhi deadline, Selasa (19/4/2022).

2 dari 4 halaman

Arti Deadline adalah Tenggat

Memahami arti deadline adalah istilah dari bahasa Inggris yang menggambarkan batasan waktu. Arti deadline adalah tenggat waktu. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan arti deadline adalah tenggat sebagai batas waktu.

Istilah deadline adalah berasal dari kata “dead” artinya tidak berlaku lagi atau tidak berarti lagi dan “line” yang artinya garis atau baris. Apabila digabungkan keduanya, arti deadline adalah garis terbatas yang menjadi batas waktu sesuatu tidak berlaku lagi.

Penggunaan sesuai arti deadline adalah bisa digunakan untuk membuat janji dengan rekan atau kolega akan sesuatu hal, misalnya janji yang berhubungan dengan tenggat penyelesaian tugas, pekerjaan, dan pemenuhan utang, dan masih banyak lagi lainnya.

Intinya, arti deadline adalah bagian dari tenggat waktu pemenuhan suatu hal yang apabila terlewat dipenuhi maka sesuatu itu tidak lagi berguna. Secara sederhana, melansir Dictionary menjelaskan gambaran dari arti deadline adalah batasan akhir dari waktu atau hari atau tanggal sesuatu harus diselesaikan.

3 dari 4 halaman

Peranan Penting Deadline

Apabila sudah memahami arti deadline adalah tenggat waktu untuk menyelesaikan sesuatu, ketahui pula peran pentingnya. Contohnya seperti memahami peranan penting deadline dalam sebuah bisnis melansir The Balance berikut ini:

1. Memacu Inovasi dan Kreativitas

Bagi individu yang sukses, tenggat waktu sering menjadi tantangan yang menarik dan kesempatan untuk menghasilkan nilai. Pengusaha yang didorong kesuksesan akan menggunakan deadline sebagai poros menuju keunggulan. Orang yang bermotivasi tinggi memanfaatkan kreativitas dan keterampilan manajemen puncak mereka untuk merekayasa ulang alur kerja dan sumber daya mereka untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan melebihi harapan.

2. Tingkatkan Keyakinan Anda

Secara konsisten memenuhi tenggat waktu memiliki manfaat tambahan untuk membuat Anda dan tim lebih percaya diri dalam jangka panjang. Keyakinan yang Anda dapatkan untuk mendapatkan dengan mengirimkan produk dan membuat kreasi Anda masuk ke dunia nyata memungkinkan Anda tidak hanya mengandalkan lebih banyak pelanggan atau tanggung jawab di masa depan, tetapi juga untuk mengeksplorasi pendekatan baru, teknik dan untuk memajukan strategi Anda lebih jauh lagi.

3. Kunci Anda untuk Sukses

Kemampuan untuk memenuhi deadline adalah metrik yang andal untuk menilai kinerja, terutama di dunia bisnis. Bahkan dalam kehidupan non-kerja Anda, praktik pengaturan deadline pribadi juga merupakan indikator kunci dalam kesuksesan pribadi dan bisnis. Menurut penulis buku terlaris dan pembicara Brian Tracy, penetapan tenggat waktu meningkatkan kemungkinan kesuksesan sebanyak 11,5 kali.

4. Bantu Anda Memprioritaskan dan Fokus Hanya pada Apa yang Paling Penting

Deadline berdampak langsung pada waktu Anda. Oleh karena itu, mereka memaksa Anda untuk mengatur tugas Anda sesuai prioritas, sehingga Anda hanya mengerjakan tujuan yang membuat Anda lebih dekat dengan tujuan Anda yang paling berarti. Anda harus belajar bagaimana memusatkan perhatian pada tonggak utama Anda dan katakan saja tidak kepada yang lain.

5. Memungkinkan Anda untuk Merangkul Kegagalan Kecil dan Terus Bergerak Maju

Beberapa orang menginginkan hasil yang hampir sempurna dalam hal keahlian, bisnis atau karier mereka Ketika Anda berada dalam sebuah deadline, Anda memaksa diri Anda untuk menempatkan keinginan untuk mengatasi tingkat belakang yang sempurna, untuk memenuhi tenggat waktu Anda yang lebih penting daripada tanpa henti mengutak-atik hasil Anda. Lakukan ini dengan cukup waktu dan itu menjadi bagian dari latihan Anda.

4 dari 4 halaman

Cara Memenuhi Deadline

Tidak semua orang dapat mengatur waktu dengan efisien, apalagi untuk memenuhi deadline akan suatu hal. Bagaimana cara memenuhi deadline yang bisa dicoba? Ini penjelasan cara memenuhi deadline atau menyiasati dalam menyelesaikan deadline melansir dari Times of India:

1. Buatlah daftar semua pekerjaan yang perlu dilakukan

Kurangnya perencanaan menjadi salah satu penyebab utama Anda melewatkan deadline. Mulailah hari dengan menuliskan apa yang perlu diselesaikan hari itu dan tentunya Anda harus mengikutinya.

Demikian pula daftar lain yang harus disimpan untuk tenggat waktu yang harus dipenuhi pada waktunya. Ini dapat membantu Anda untuk mengatur beban kerja dan mengingat tentang tanggal deadline yang tertunda.

2. Perkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya

Buatlah waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan berbagai proyek atau tugas yang diberikan. Ini adalah pelajaran sederhana tentang manajemen waktu.

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat daftar tugas dan memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas. Mengatur waktu bisa sangat membantu untuk mengikuti jadwal yang telah dibuat.

3. Prioritaskan daftar tugas 

Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk memprioritaskan hal-hal. Beberapa orang suka melakukan yang sulit terlebih dahulu lalu yang mudah, tetapi beberapa orang melakukan sebaliknya. Penting untuk menemukan kekuatan Anda dan bertindak sesuai dengan itu.

4. Jangan lupa untuk menghargai diri sendiri dari waktu ke waktu

Agar diri Anda tetap termotivasi haruslah belajar bagaimana menghargai diri sendiri karena telah melakukan pekerjaan dengan baik dan berpegang teguh pada rutinitas yang telah dibuat. Saat Anda menyelesaikan satu pencapaian, hadiahi diri sendiri atas pencapaian tersebut.

5. Jika deadline itu sewenang-wenang atau tidak mungkin, maka sampaikan kepada orang lain

Jika deadline yang diberikan tampak mustahil untuk dilakukan, Anda harus menyampaikan kepada manajer atau atasan.

Jika manajer setuju bahwa hal tersebut benar-benar sangat menakutkan dan sangat tidak mungkin untuk bertemu, maka Anda dapat menegosiasikan waktu atau lebih banyak tenaga untuk dilibatkan dalam menyelesaikan tugas tersebut.

Namun jika manajer tidak setuju dengan apa yang diusulkan, maka Anda sellau dapat meminta nasihat dan bantuannya. Membahas masalah seperti itu di awal sangatlah penting untuk dilakukan.