Sukses

Viral Kostum Spiderman Lokal, Dijuluki Supardiman hingga Peter Parker Lolos CPNS

Kostum unik Spiderman berakulturasi dengan batik.

Liputan6.com, Jakarta Tokoh superhero Spiderman punya penggemar di seluruh penjuru dunia. Tak heran, berbagai cara dilakukan untuk menunjukkan kecintaan para penggemar Spiderman. Salah satunya dilakukan oleh salah satu pengrajin kostum superhero yang satu ini.

Bertepatan di Hari Kartini, pengrajin kostum bernama Rangga Kanchiel Saint membagikan cosplay spiderman yang bertema kearifan lokal. Tak main-main, baju merah bermotif laba-laba tersebut dipadukan dengan batik khas Indonesia.

Seketika potret cosplay spiderman versi lokal ini mencuri perhatian netizen. Tak sedikit komentar nyeleneh terlontar dari warganet. Mulai memuji hasil karya pengrajin, hingga menamai spiderman unik tersebut dengan nama-nama kearifan lokal.

Mulai dari dijuluki Supardiman, Peter Parker Lolos CPNS, hingga Raden Peter Parker. Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkum sosok cosplay Spiderman ini melansir dari berbagai sumber, Jumat (22/4/2022).

2 dari 3 halaman

Logo Akulturasi Budaya

Melansir dari Instagram sang pengrajin @rangga_kanchiel, kostum Spiderman buatannya punya ciri khas tersendiri. Selain motif jaring laba-laba, ada dipadukan dengan motif batik Parang. Keduanya beradu apik menjadi akulturasi budaya barat dan lokal.

“Spiderman dengan kearifan lokal,” ujar pengguna @erwin_wibisana.

Seketika model kostum spiderman lokal ini mencuri perhatian netizen. Tak hanya motif kostum, bahkan sang pengrajin membuat logo spiderman versi lokal ini berbeda. Logo Spiderman asli dibuat menyerupai gunungan wayang. Tentu saja perpaduan desain ini terlihat unik. 

Bahkan berkat keunikannya, kostum Spiderman ini jadi sorotan di Twitter. Seperti cuitan “Peter Parker Ketrima CPNS” oleh unggahan akun @gothed. 

3 dari 3 halaman

Julukan Unik

Menanggapi unggahan kostum Spiderman versi lokal ini, netizen tak hentinya melontarkan cuitan kocak. Mereka mulai menamai Spiderman ini dengan julukan Supardiman, Peter Parker Lolos CPNS, hingga Raden Peter Parker. Bahkan ada juga yang menamainya di Twitter dengan julukan The Amateur Spiderman: Far From Home, Close To Culture

“The Amateur Spiderman: Far From Home, Close To Culture,” cuit pengguna Twitter @LION_KING

“Sipakdirman jadi super Hero toh skrg, yaelah mas dirman Aya Aya wae,” tulis pengguna Instagram @ry_f_smith.