Sukses

8 Cara Simpel Merapikan Baju Kusut Tanpa Disetrika, Ampuh dan Praktis

Tips merapikan baju kusut tanpa disetrika bisa dilakukan menggunakan barang-barang rumahan.

Liputan6.com, Jakarta Tips merapikan baju kusut tanpa disetrika bisa kamu praktikkan dengan mudah. Hal ini tentunya sangat berguna bagi kamu yang mengalami situasi di mana membutuhkan pakaian yang licin dan rapi tetapi tidak ada setrika yang dapat digunakan. 

Hal ini tentunya sangat membantu orang-orang yang tidak punya setrika, atau sedang dalam perjalanan sehingga tidak membawa setrika. Penampilan bisa jadi tidak maksimal bila kamu tidak dapat merapikan baju yang kusut tersebut.

Cara simpel merapikan baju kusut tanpa disetrika bisa dilakukan menggunakan barang-barang rumahan. Kamu bisa merapikan baju dengan peralatan seadanya. Contohnya saja hairdryer, alat catok, uap dari cerek, hingga es batu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/4/2022) tentang tips merapikan baju kusut tanpa disetrika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Merapikan Baju Kusut Tanpa Disetrika

Menggunakan Hairdryer

Tips merapikan baju kusut tanpa disetrika yang pertama yaitu menggunakan hairdryer. Sebuah alat pengering rambut biasa dapat berfungsi sebagai steamer pakaian. Ubah ke suhu tertinggi, dan arahkan udara panas ke bagian yang kusut. Lakukan berulang agar hasilnya lebih maksimal.

Menggunakan Alat Catok

Alat catok juga bisa digunakan dalam tips merapikan baju kusut tanpa disetrika ini. Alat catok sangat cocok digunakan untuk menjangkau bidang yang sulit seperti kerah dan lipatan kecil. Letakkan alat catok dengan bentuk rata dengan suhu rata-rata, diamkan di tempat yang kusut dalam beberapa detik. Pastikan bahwa alat catok kamu bersih dari rambut atau kotoran dari produk styling rambut. Jangan lakukan trik ini pada pakaian dengan bahan halus.

3 dari 4 halaman

Tips Merapikan Baju Kusut Tanpa Disetrika

Uap dari Cerek

Tips merapikan baju kusut tanpa disetrika berikutnya yaitu menggunakan uap dari cerek. Hal ini bisa menjadi alternatif saat kamu tidak memiliki steamer. Panaskan cerek di atas kompor dan saat air mulai mendidih, ambil pakaian yang kusut dan letakkan di depan cerek yang beruap panas dengan jarak 20 cm.

Menggunakan Panci

Agak mirip dengan uap dari cerek, panci juga bisa digunakan dalam tips merapikan baju kusut tanpa disetrika. Caranya mudah saja, pertama-tama didihkan air dengan panci, kemudian kosongkan. Bagian bawah panci akan cukup panas untuk berfungsi sebagai alat setrika. Letakkan pakaian dalam bidang yang datar, dan gunakan panci seperti setrika.

Es Batu

Nyalakan bagian pengering pada mesin cuci dan masukkan pakaian kamu yang kusut, maksimal 5 potong. Tambahkan 2-3 balok es dan nyalakan mesin cuci. Setelah 10 menit, tips merapikan baju kusut tanpa disetrika ini akan menunjukkan hasilnya. Es yang meleleh akan menciptakan uap yang membantu menyingkirkan kusut dari pakaian kamu.

4 dari 4 halaman

Tips Merapikan Baju Kusut Tanpa Disetrika

Mesin Cuci

Dengan bagian pengering dari mesin cuci, pakaian dengan bahan katun maupun linen yang kusut bisa menjadi licin. Tips merapikan baju kusut tanpa disetrika ini bisa dilakukan dengan memasukkan pakaian dalam mesin cuci, lalu nyalakan pengering selama 15 menit. Jika bagian yang kusut cukup besar, tambahkan pakaian basah yang kecil seperti kaus kaki, pakaian bayi, atau sapu tangan.

Gunakan Air dan Cuka

Tips merapikan baju kusut yanpa disetrika berikutnya adalah menggunakan air dan cuka. Caranya mudah, campurkan cuka wine natural dan air dengan perbandingan 1:3. Masukkan campuran tersebut dalam alat semprot dan kocok. Semprotkan pada bagian-bagian yang kusut.

Menggunakan Uap Shower

Menggunakan uap shower di kamar mandi juga bisa menjadi alternatif tips merapikan baju kusut tanpa disetrika. Nyalakan air panas dan letakkan pakaian kusut kamu sedekat mungkin dengan kepala shower, dengan memastikan bahwa tetesan air tidak akan mengenai pakaian kamu tersebut. Tutup semua jendela dan pintu, tunggu beberapa menit. Kamu juga bisa mandi sambil menunggu pakaian tersebut terkena uap panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.