Sukses

40 Ucapan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, Sarat Pesan Damai

Hari Raya Galungan dan Kuningan merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Liputan6.com, Jakarta Ucapan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan dapat diberikan kepada sanak saudara ataupun teman yang sedang merayakannya. Hari Raya Galungan dan Kuningan merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Ucapan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan dapat diberikan baik secara langsung maupun melalui teks dan kartu ucapan. Perayaan Hari Raya Galungan adalah peringatan hari kemenangan Dharma atau kebenaran melawan Adharma atau kejahatan.

Pada tahun ini perayaan Hari Raya Galungan jatuh pada Rabu, 8 Juni 2022. Hari raya Galungan dirayakan oleh umat Hindu setiap 210 hari, dengan menggunakan perhitungan kalender Bali. Sementara, Hari Raya Kuningan, jatuh pada Saniscara (Sabtu) Kliwon wuku Kuningan tepat 10 hari setelah Hari Raya Galungan. Hal ini berarti, tahun ini, Hari Raya Kuningan akan jatuh pada Sabtu, 18 Juni 2022.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai makna perayaan Galungan dan Kuningan beserta ucapan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/6/2022).

2 dari 6 halaman

Mengenal Hari Raya Galungan dan Kuningan

Galungan dalam bahasa Jawa Kuno memiliki arti bertarung. Galungan disebut juga dengan “dungulan” yang artinya menang.  Hari Raya Galungan adalah hari di mana umat Hindu memperingati terciptanya alam semesta jagad raya beserta seluruh isinya. Serta merayakan kemenangan kebaikan (dharma) melawan kejahatan (adharma).

Perayaan Hari Raya Galungan identik dengan penjor yang dipasang di tepi jalan, menghiasi jalan raya yang bernuansa alami. Penjor adalah bambu yang dihias sedemikian rupa sesuai tradisi masyarakat Bali setempat.

Sebagai ucapan syukur, umat Hindu memberi dan melakukan persembahan pada Sang Hyang Widhi dan Dewa Bhatara (dengan segala manifestasinya). Penjor yang terpasang di tepi jalan sendiri merupakan haturan ke hadapan Bhatara Mahadewa.

Selain itu, Hari Raya Kuningan juga dirayakan sebagai bentuk permohonan perlindungan, keselamatan, perlindungan hingga tuntunan lahir batin pada Dewa, Bhatara, dan Putara. Hari Raya Kuningan dirayakan jatuh pada Saniscara (Sabtu) Kliwon wuku Kuningan tepat 10 hari setelah Hari Raya Galungan. Hal ini berarti, tahun ini, Hari Raya Kuningan akan jatuh pada Sabtu, 18 Juni 2022 nanti. 

3 dari 6 halaman

Ucapan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan yang Penuh Makna

1. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan bagi yang merayakannya. Semoga kemenangan Dharma dan Adharma dapat diwujudkan dalam hidup dan keseharian kita."

2. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan umat Hindu sedharma."

3. "Untuk semua sahabat yang merayakan. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga kita dilimpahkan damai sejahtera dan kebahagiaan."

4. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Mari ciptakan Dharma di hati demi tercapainya kedamaian dalam diri."

5. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada kita semua."

6. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga kita senantiasa dberikan kebaikan dan kesejahteraan dari segala penjuru dalam menggapai keinginan mulia dan dapat mengalahkan sifat Adharma yang ada pada diri kita. Svaha."

7. "Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan buat umat Hindu di manapun berada. Semoga Tuhan Yang Masa Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada semua makhluk hidup."

8. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga kita semua berbahagia di jalan Dharma."

9. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan bagi umat Hindu yang merayakan."

10. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, Tahun Baru Saka 1944. Semoga ajaran Dharma selalu menjadi penuntun untuk meraih keharmonisan, kedamaian dan kesejahteraan dalam hidup."

4 dari 6 halaman

Ucapan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan yang Penuh Makna

11. "Selamat Hari Raya Galungan dan Hari Raya Kuningan bagi saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang merayakan."

12. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa senantiasa memberikan rahmat dan anugerahnya kepada seluruh umat."

13. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga kebahagiaan dan kedamaian datang dari segala penjuru, serta kita semua menemukan keberkahan."

14. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan untuk umat Hindu. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan ring sajeroning umat."

15. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Mari kita menyambut hari kemenangan Dharma atas Adharma dengan hati yang suci, pikiran yang bersih, dan perbuatan yang baik."

16. "Selamat Hari Suci Galungan. Semoga kita bisa menemukan kerahayuan atas berkat Ida Sang Hyang Widhi Wasa."

17. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan 1944 Caka/2022 M. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicening kerahayuan."

18. "Selamat merayakan rangkaian Hari Suci Galungan dan Kuningan bagi teman-teman umat Hindu. Semoga membawa keberkahan dan kebahagiaan."

19. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan pada kita semua."

20. "Untuk teman-teman yang beragama Hindu. Selamat memperingati Hari Suci Galungan. Di hari yang penuh Dharma ini, mari kita selalu menyebarkan kebaikan kepada semua umat agar bumi jauh dari mara bencana."

5 dari 6 halaman

Ucapan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan yang Penuh Makna

21. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga makna kemenangan Dharma atas Adharma dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari."

22. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan untuk para sahabatku umat Hindu Bali. Rahayu."

23. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan 1944 Saka. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan keberkahan dan kerahayuan."

24. "Selamat memperingati Hari Suci Galungan. Di hari yang penuh Dharma ini, mari kita selalu menyebarkan kebaikan kepada semua umat agar bumi jauh dari mara bencana."

25. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan untuk yang merayakannya. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa selalu memberikan kita kebahagian dan kesejahteraan dari segala penjuru langit dan bumi."

26. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga kemenangan Dharma atas Adharma dapat diwujudkan dalam hidup dan keseharian kita."

27. "Selamat Hari Raya Galungan (8 Juni 2002) dan Kuningan (18 Juni 2022) untuk teman-teman umat Hindu yang merayakannya. Semoga damai selalu menyertai kita sekalian. Rahayu."

28. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan 2022. Semoga kita semua senantiasa berada dalam lindungan Ida Sang Hyang Widhi Wasa."

29. "Selamat Hari Suci Galungan kepada saudaraku umat Hindu. Semoga Tuhan Yang Masa Kuasa senantiasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan alam semesta ini."

30. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa Asung Kertha Wara Nugraha kepada kita semua dalam pengabdian kita sesuai dengan swadharma masing-masing."

6 dari 6 halaman

Ucapan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan dalam Bahasa Bali

31. Majeng ring semeton umat Se-Dharma maka sareng sami. Rahajeng rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi sangkaning paswecan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, iraga prasida nemoning kerahayuan.

Artinya: Kepada para kerabat Se-Dharma semuanya, Selamat hari raya Galungan dan Kuningan. Semoga dari keberkatan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, kita bisa menemukan kerahayuan.

32. Rahajeng nyangra Rahina Galungan lan Kuningan.

Artinya: Selamat menyambut  Hari Raya Galungan dan Kuningan

33. Lugrayang tiang nguncarang rahajeng Galungan sane mangkin. Lan mangda karya iraga setata memargi becik.

Artinya: Ijinkan saya mengucapkan selamat Galungan saat ini. Dan semoga upacara kita selalu berjalan dengan baik.

34. Marep ring semeton Bali (Hindu) sami sane magenah ring Indonesia yadiapin di luar negeri. Rahajeng rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa micayang kerahayuan.

Artinya : Kepada kerabat Bali (Hindu) semua yang tinggal di Indonesia dan juga di luar negeri. Selamat  Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kerahayuan.

35. Rahajeng rahina Galungan lan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa suaeca Asung Kertha Wara Nugraha ring semeton sareng sami.

Artiny: Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan rahmat nugerah kepada kita semua.

36. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan lan kerahajengan ring jagat sami.

Artinya: Selamat  Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan alam semesta ini.

37. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan lan kerahajengan ring sekancan sane maurip.

Artinya: Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada semua mahluk hidup.

38. Rahajeng Rahina Galungan dan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa mapaica kerahayuan lan kerahajengan sareng sami.

Artinya: Selamat  Hari Raya Galungan dan Kuningan, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada kita semua.

39. Rahajeng rahina jagat Galungan lan Kuningan semeton titiang semuanya. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi ngicenin kerahayuan.

Artinya: Selamat hari raya Galungan dan Kuningan kerabat saya semuanya. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kerahayuan.

40. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan, majengring ida dane sareng sami, pamekasnyane umat sedharman ring dija ja magenah.

Artinya: Selamat  Hari Raya Galungan dan Kuningan, kepada kita semua khususnya umat Hindu dimanapun berada.