Sukses

Pengertian Produktif adalah Orientasinya pada Hasil atau Manfaat, Ini Penjelasan Para Ahli

Produktif adalah sifat yang mampu menghasilkan.

Liputan6.com, Jakarta - Pengertian produktif adalah kegiatan yang orientasinya pada hasil atau manfaat. Produktif adalah kegiatan yang tujuan utamanya bisa memberikan sebuah keuntungan, baik itu untuk diri sendiri ataupun orang lain.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian produktif adalah bersifat atau mampu menghasilkan (dalam jumlah besar).

Hal-hal yang sifatnya produktif adalah kegiatan yang cenderung tidak memberatkan karena telah dilakukan secara rutin. Secara nyata, produktif adalah berhubungan erat antara hasil kerja dengan satuan waktu.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang produktif, pengertian produktif menurut para ahli, dan cara meningkatkan produktivitas, Rabu (8/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Produktif adalah Orientasinya pada Hasil atau Manfaat

Memahami pengertian produktif adalah mirip dengan produktivitas, sama-sama bertujuan atau berorientasi untuk menghasilkan sesuatu. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian produktif adalah bersifat atau mampu menghasilkan (dalam jumlah besar).

Dijelaskan lebih mendalam, pengertian produktif adalah mendatangkan (memberi hasil, manfaat, dan sebagainya) atau menguntungkan. Pengertian produktif adalah mampu menghasilkan terus dan dipakai secara teratur untuk membentuk unsur-unsur baru.

Pengertian produktif adalah upaya atau usaha yang orientasinya lebih kepada hasil atau manfaat. Ini mengapa produktif adalah berbeda dengan kesibukan, karena kesibukan tidak berorientasi pada hasil dan manfaat, tetapi hanya melakukannya saja.

Produktif adalah kegiatan yang bukan dilakukan dengan kerja keras. Kegiatan ini dilakukan secara rutin dan tidak memberatkan. Bila dikaitkan dengan waktu, produktivitas atau produktif adalah memanfaatkan 24 jam dalam satu hari dengan maksimal.

3 dari 4 halaman

Pengertian Produktif Menurut Para Ahli

1. Pengertian Produktif Menurut Handoko

Pengertian produktivitas atau produktif adalah sebuah hubungan antara masukan-masukan dan keluaran-keluaran suatu sistem produktif.

2. Pengertian Produktif Menurut Sedarmayanti

Pengertian produktivitas atau produktif adalah segala sesuatu keinginan dan upaya dari manusia untuk dapat meningkatkan kualitas dalam kehidupannya dan penghidupan di segala aspek bidang.

3. Pengertian Produktif Menurut Widwoyo dan Mu’thi

Pengertian produktivitas atau produktif adalah segala bentuk rasio antara keluaran dan masukan. Masukan di sini adalah semua sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan keluaran, seperti bahan baku, energi dan tenaga kerja.

4. Pengertian Produktif Menurut Smith dan Wekeley

Pengertian produktivitas atau produktif adalah produksi atau output yang dihasilkan dalam satu kesatuan waktu untuk input.

5. Pengertian Produktif Menurut Sinungan

Pengertian produktivitas atau produktif adalah hubungan antara hasil nyata maupun fisik (barang-barang atau jasa) dengan masukan yang sebenarnya.

6. Pengertian Produktif Menurut Webster

Pengertian produktivitas atau produktif adalah sebuah keluaran fisik per uni dari usaha produksi dengan tingkat efektivitas dari manajemen industri dalam penggunaan fasilitas produksi, serta tingkat efektivitas dari penggunaan tenaga kerja dan peralatan.

7. Pengertian Produktif Menurut Peter F Drucker

Pengertian produktivitas atau produktif adalah sebuah keseimbangan antara seluruh faktor-faktor yang akan memberikan keluaran yang banyak melalui pengeluaran yang lebih hemat.

8. Pengertian Produktif Menurut Revianto

Pengertian produktivitas atau produktif adalah sebuah konsep yang menunjukkan adanya kaitan antara hasil kerja dengan satuan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk seorang tenaga kerja.

9. Pengertian Produktif Menurut Doktrin

Pengertian produktivitas atau produktif adalah segala sesuatu konsep yang bersifat universal yang bertujuan untuk menyediakan lebih banyak barang dan jasa untuk lebih banyak manusia, dengan menggunakan sumber-sumber riil yang makin sedikit.

10. Pengertian Produktif Menurut Barnes

Pengertian produktivitas atau produktif adalah suatu perbandingan antara output dengan beberapa atau semua sumber yang digunakan untuk memproduksi input.

11. Pengertian Produktif Menurut Greenberg

Pengertian produktivitas atau produktif adalah perbandingan antara totalitas pengeluaran dibagi totalitas pemasukan dalam periode tertentu.

12. Pengertian Produktif Menurut George J. Washin

Pengertian produktivitas atau produktif adalah di dalamnya mengandung 2 konsep yang utama yaitu efisien dan efektivitas. Dalam efisiensi dapat mengukur sumber daya, baik dari Manusia, keuangan, atau dapat juga dari alam yang di butuhkan guna memenuhi tingkat dari pelayanan yang di inginkan, efektivitas adalah mengukur dalam segi hasil mutu pelayanan yang telah di capai.

13. Pengertian Produktif Menurut Ervianto

Pengertian produktivitas atau produktif adalah rasio antara ouput dan input, atau rasio antara hasil produk dengan total sumber daya yang digunakan.

14. Pengertian Produktif Menurut Kussriyanto

Pengertian produktivitas atau produktif adalah segala nisbah atau rasio antara hasil kegiatan “ouput, keluaran” dan segala pengorbanan “biaya” untuk mewujudkan hasil tersebut “input, masukan”.

15. Pengertian Produktif Menurut Herjanto

Pengertian produktivitas atau produktif adalah segala ukuran yang dapat menyatakan bagaimana baik nya bagaimana sumber daya diatur dan dimanfaatkan untuk mencapai hasil yang maksimal.

16. Pengertian Produktif Menurut Vincen Gasverz

Pengertian produktivitas atau produktif adalah suatu kombinasi dari efektivitas dan efisiensi keberhasilan yang dipandang dari dua sisi sekaligus yaitu sisi input dan output.

17. Pengertian Produktif Menurut Paul Mali

Pengertian produktivitas atau produktif adalah semua ukuran yang dapat menyatakan beberapa efisien sumber yang digunakan bersama didalam organisasi untuk memperoleh sekumpulan hasil.

18. Pengertian Produktif Menurut Jackson Grayson

Pengertian produktivitas atau produktif adalah segala sesuatu yang diperoleh melalui kegiatan tertentu dari sesuatu yang dimaksudkan.

4 dari 4 halaman

Faktor Pemengaruh Produktivitas

Apa saja yang bisa meningkatkan produktif atau produktivitas seseorang? Ini penjelasan faktor pemengaruh produktivitas yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Pengetahuan

Segala sesuatu yang diketahui oleh seseorang menjadi faktor penting dalam kegiatan yang dilakukan. Pengetahuan tersebut berasal dari akumulasi pendidikan, baik secara formal maupun informal. Hal tersebut akan membantu seseorang dalam memecahkan masalah atau pekerjaan dengan lebih efisien.

2. Keterampilan

Kecakapan atau keterampilan dalam menyelesaikan tugas merupakan faktor penting yang mempengaruhi produktivitas. Keterampilan bisa diperoleh melalui belajar dan latihan sehingga seseorang punya kemampuan dalam mengerjakan sesuatu dengan cepat dan tepat.

3. Sikap

Tak hanya pengetahuan dan kemampuan, ternyata sikap menjadi faktor penting dalam produktivitas. Perbuatan atau sikap yang dimiliki seseorang merupakan kebiasaan yang sudah terbentuk dalam diri. Cara berkomunikasi dengan orang lain termasuk dalam hal tersebut. Jika kalian punya pembawaan yang menyenangkan, orang di sekitar akan turut mendukung kegiatan yang kalian lakukan.

4. Usia

Terdapat pengelompokan usia produktif, yakni 15 - 64 tahun. Orang yang berada di usia tersebut dianggap produktif karena mampu menghasilkan barang atau jasa dalam sebuah kegiatan produksi.

5. Hindari Tidur Larut Malam

Hapus kebiasaan begadang dari hidup kalian. Istirahat merupakan hal penting untuk memulai produktivitas. Pasalnya, jika tidur larut malam, kalian akan merasa kekurangan waktu istirahat saat bangun.

Tubuh akan menjadi lesu dan pikiran tidak fokus. Hal itu hanya akan menghambat kegiatan kalian. Usahakan untuk tidur lebih cepat agar bisa mendapat waktu istirahat cukup dan bangun dalam keadaan prima keesokan harinya.

6. Susun Jadwal

Seorang pekerja biasanya akan merelakan waktunya untuk tugas-tugas secara penuh dan baru balas dendam untuk istirahat saat liburan. Jika hal itu menjadi kebiasaan, jadwal kalian akan berantakan. Kalian akan merasa malas di awal minggu saat harus mulai bekerja lagi. Oleh karena itu, tentukan jadwal harian untuk bekerja dan istirahat dengan rinci.

7. Olahraga

Jika kalian menginginkan tubuh yang bugar maka jangan lupa untuk berolahraga. Tubuh yang rajin bergerak untuk olahraga akan memiliki sirkulasi darah yang bagus. Hal itu juga berpengaruh pada konsentrasi. Luangkan waktu setiap hari untuk olahraga ringan. Jika tak bisa, usahakan setidaknya 3 atau 4 kali dalam seminggu.

8. Dahulukan Pekerjaan yang Penting

Banyak hal di luar pekerjaan yang terkadang lebih menarik perhatian. Jika dilakukan secara terus-menerus, hal itu malah akan jadi hambatan untuk produktivitas. Oleh karena itu, kalian perlu mendahulukan pekerjaan yang penting. Prioritaskan hal tersebut agar pekerjaan jadi lebih efektif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.