Sukses

Fii Amanillah Artinya Semoga Allah Melindungimu, Ketahui Penggunaannya

Begini penggunaan ucapan Fii Amanillah.

Liputan6.com, Jakarta Fii amanillah artinya merupakan ungkapan yang umum diucapkan umat Islam. Frasa ini biasa diucapkan ketika akan bepergian. Fii amanillah artinya berharap akan perlindungan dan keselamatan dari Allah.

Fii amanillah artinya kerap dijadikan ucapan selamat tinggal. Mengetahui Fii amanillah artinya akan membuatmu paham kapan harus mengucapkannya. Tak cuma makna Fii amanillah artinya, cara menjawabnya pun juga penting diketahui.

Dengan mengetahui Fii amanillah artinya, kamu bisa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut Fii amanillah artinya dan cara penggunaannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (20/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Fii amanillah artinya

Dalam bahasa Arab, Fii amanillah artinya "Semoga engkau dalam perlindungan Allah SWT". Fii amanillah adalah cara mengucapkan selamat tinggal bagi umat Islam. Secara umum, Fii amanillah artinya adalah selamat tinggal. Secara harfiah, Fii amanillah artinya 'Di jalan Allah'.

Fii amanillah artinya "saya meninggalkan Anda dalam penjagaan Allah atau Keselamatan Allah". Ucapan ini dikenal sebagai sedekah fi sabilillah karena tindakan amal ini tidak diwajibkan oleh Islam tetapi hanya dianjurkan.

Arti Fii Amanillah menjadi sebuah harapan baik atas keselamatan orang lain. ii Amanillah bisa digunakan untuk meminta perlindungan dalam perjalanan ataupun dalam hal lainnya.

3 dari 6 halaman

Penggunaan Fii Amanillah

Fii Amanillah artinya sering diucapkan ketika mengucapkan selamat tinggal pada orang yang akan bepergian. Ucapan ini merupakan doa agar orang tersebut selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

Selain diucapkan kepada orang yang akan bepergian, Fii Amanillah juga bisa digunakan untuk tujuan lain. Fii Amanillah bisa diucapkan pada seseorang yang dalam kondisi sedang menghadapi musibah, orang yang sedang dalam masalah, atau orang yang sedang mengerjakan suatu pekerjaan berbahaya, supaya mereka selalu dalam perlindungan Allah SWT dan selalu mendapat keselamatan.

Fii Amanillah juga bisa digunakan untuk orang yang akan melakukan pekerjaan atau tugas yang berisiko tinggi. Fii Amanillah juga bisa diucapkan untuk seseorang yang akan melakukan perjalanan jauh. Fii Amanillah juga sering digunakan pada akhir percakapan.

4 dari 6 halaman

Cara menjawab fii amanillah

Ketika mendapat ucapan fii amanillah, ada jawaban yang bisa digunakan untuk membalasnya. Cara menjawab Fii Amanillah adalah dengan mengucapkan kalimat Ma'assalamah, yang artinya sama seperti Fii Amanillah yaitu, semoga keselamatan menyertaimu.

Menjawab ucapan Fii Amanillah bisa menjadi balasan agar orang yang mengucapi mendapatkan doa baik atau diberikan keberkahan dari Allah SWT. ara menjawab sapaan atau ucapan yang baik dari orang lain memang begitu dianjurkan dalam Al Qur'an. Ini tertuang dalam Surat An-Nisa ayat 86 yang berbunyi:

"Wa izaa huyyiitum bitahiyyatin fa hayyu bi'ahsana min-haa au rudduhaa, innallaaha kaana 'alaa kulli syai'in hasiibaa."

Artinya: Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan.

5 dari 6 halaman

Makna ucapan fii amanillah

Doa keselamatan

Fii amanillah merupakan doa yang mengandung makna keselamatan. Ucapan ini sangat cocok diucapkan kepada teman atau saudara yang sedang dalam perjalanan. Fii amanillah adalah doa agar mereka dalam keadaan selamat dan selalu dalam lindungan Allah karena Allah lah yang melindungi, menjaga dan segala sesuatu terjadi atas kehendak-Nya.

Sebagai rasa kepedulian

Ketika berdoa untuk saudara sesama Muslim, itu berarti bahwa kita peduli padanya. Ada rasa cinta dan perhatian dan tidak ingin sesuatu terjadi. Membangun rasa peduli seperti ini sangat baik untuk mempererat silaturahmi dan persatuan umat.

Cinta sesama muslim

Selain sebagai bentuk kepedulian dan doa keselamatan, mengucapkan Fii Amanillah juga merupakan bentuk kecintaan kepada sesama umat Islam.

 

6 dari 6 halaman

Ucapan yang mengandung doa lainnya

Jazakallah Khair

Arti jazakallah khair adalah istilah bahasa Arab yang digunakan untuk mengucapkan terima kasih. Jazakallah artinya "semoga Allah membalasmu". Sementara khair atau khairan berarti kebaikan. Sehingga arti jazakallah Khair dalah "semoga Allah membalas kebaikanmu".

Jika kamu mendapat ucapan jazakallah khair, penting untuk membalasnya dengan ungkapan baik pula. Kamu bisa membalas dengan kalimat Wajazakallahu Khairan yang artinya semoga Allah membalasmu juga dengan kebaikan.

Barakallah Fiikum

Barakallah berarti berkah Allah. Arti Barakallah juga bisa disamakan dengan berkah dari Allah. Kata Fiik memiliki 3 kata yang berbeda, yang ditujukan untuk orang yang berbeda. Kata Fiikum ditujukan untuk kalian atau banyak orang, kata Fiika ditujukan untuk kaum lelaki, dan untuk kata Fiiki ditujukan untuk kaum perempuan.

Barakallah Fii Umrik

Barakallah Fii Umrik sering diucapkan ketika seseorang berulang tahun. Arti Barakallah fii umrik adalah “semoga Allah SWT memberikan berkah kepada umurmu” atau “semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kelahiranmu” atau “semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kehidupanmu.”

Syafakallah

Syafakallah berarti Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu. Kata ini memiliki beberapa jenis arti sesuai dengan penerimanya. Syafakallah berarti untuk laki-laki, Syafakillah berarti untuk perempuan, Syafakumullah berarti kepada kalian (laki-laki), Syafahullah berarti kepadanya laki-laki, Syafahallah berarti kepadanya perempuan, Syafahumullah berarti mereka laki-laki, dan Syafahunnallah berarti mereka perempuan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.