Sukses

6 Penyebab Motor Brebet yang Penting Untuk Kamu Ketahui Beserta Solusinya

Ketahui penyebab motor brebet dan solusinya yang penting untuk diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Sepeda motor adalah alat transportasi utama dan yang paling populer di Indonesia. Setiap tahunnya, ada jutaan sepeda motor yang terjual di Indonesia. Harganya yang murah, irit bahan bakar, hingga faktor kepraktisan membuat alat transportasi ini digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari orang dewasa hingga anak sekolah.

Salah satu masalah teknis yang sering dialami oleh para pemilik sepeda motor adalah mesin brebet. Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab motor brebet. Pada umumnya, masalah ini muncul karena perawatan motor yang tidak dilakukan secara rutin. Perawatan rutin dibutuhkan oleh motor untuk memastikan kondisi motor tetap prima dan mengecek komponen-komponen motor yang kondisinya menurun akibat penggunaan.

Mesin brebet memang adalah salah satu permasalahan yang cukup mengganggu pengguna. Tanda mesin brebet adalah mesin tersendat-sendat ketika di gas. Pada beberapa kasus, mesin motor juga bisa mati ketika di gas.

Mesin brebet bisa menjadi salah satu tanda kerusakan pada mesin motor. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab motor brebet beserta solusinya.

Berikut ini beberapa penyebab motor brebet beserta solusinya yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (19/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Motor Brebet

1. Bahan Bakar

Mengutip dari laman situs Otosia, penyebab motor brebet yang pertama dan paling umum adalah bahan bakar. Menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin bisa menyebabkan masalah di mesin motor karena pembakaran yang tidak sempurna. Bahan bakar berkualitas rendah atau malah bahan bakar yang dicampur rawan menyebabkan knocking dan brebet di mesin motor.

Untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin motor. Hindarilah menggunakan bahan bakar dengan RON di bawah spesifikasi mesin dan mencampur dua jenis bahan bakar yang berbeda.

2. Tangki Bahan Bakar Kotor

Penyebab motor brebet berikutnya ialah tangki bahan bakar yang kotor. Mengutip dari sumber yang sama, air yang masuk ke dalam tangki bahan bakar bisa menyebabkan mesin motor menjadi brebet. Air yang tercampur dengan bensing bisa mengganggu pembakaran di mesin motor yang membuat mesin menjadi brebet.

Untuk mengatasi permasalahan ini, solusi yang terbaik adalah dengan menguras tangki bahan bakar dan mengisinya kembali dengan bahan bakar yang bersih. Menguras tangki bahan bakar tidak hanya bisa mengatasi mesin brebet, tetapi juga bisa membersihkan kotoran-kotoran yang mengendap di dasar tangki bahan bakar motor. Selain itu, anda juga perlu memeriksa filter bahan bakar yang sudah terkena air untuk memastikan masalah ini benar-benar teratasi.

 

3 dari 4 halaman

Penyebab Motor Brebet

3. Filter Udara Kotor

Filter udara kotor bisa menjadi salah satu penyebab motor brebet. Mengutip dari sumber yang sama, selama pemakaian motor, debu dan kotoran bisa mengendap di filter motor. Hal ini menyebabkan pasokan udara yang dibutuhkan oleh motor terhambat dan mempengaruhi pembakaran atau pengapian motor yang menyebabkan mesin menjadi brebet.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini ialah dengan mengganti filter udara motor secara rutin dan teratur. Mengganti filter udara secara teratur dapat membantu mencegah masalah ini. Filter udara motor harus rutin diganti meskipun rutin dibersihkan karena filter udara tidak akan lagi mampu menyaring udara setiap beberapa ribu kilometer. Masa pakai filter udara motor juga bisa dipengaruhi oleh lokasi pemakaian motor. Motor yang banyak dipakai di perkotaan cenderung lebih cepat membutuhkan penggantian.

4. Busi Rusak

Busi rusak juga bisa menjadi penyebab motor brebet yang lain. Busi adalah salah satu komponen penting pada sistem pembakaran mesin motor. Busi yang kotor atau rusak bisa membuat pembakaran di mesin motor menjadi tidak optomal dan menyebabkan mesin menjadi brebet.

Mengutip dari sumber yang sama, solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencopot dan memeriksa busi motor. Apa bila elektroda dari busi menghitam dan kotor, cobalah bersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, cobalah untuk memasang kembali motor dan menyalakan motor. Apa bila motor tidak mau langsam, atau bahkan tidak mau hidup, maka anda harus mengganti busi tersebut.

4 dari 4 halaman

Penyebab Motor Brebet

5. Rusaknya Sensor Injeksi

Mengutip dari sumber yang sama, sensor injeksi yang rusak bisa menjadi salah satu penyebab motor brebet pada motor dengan sistem injeksi. Rusaknya sensor injeksi pada motor dapat mempengaruhi pencampuran bahan bakar dan menyebabkan pembakaran tidak optimal. Pembakaran yang tidak optimal bisa menyebabkan mesin motor brebet.

Kerusakan sensor injeksi motor bisa disebabkan oleh perawatan yang tidak memadai. Sensor injeksi motor perlu dibersihkan secara berkala menggunakan cairan khusus untuk menjaga kondisinya.

6. Klep Mesin Bergeser

Mengutip dari situs Merdeka, klep mesin motor yang bergeser bisa menjadi salah satu penyebab motor brebet. Klep pada motor berfungsi untuk mengatur keluar masuknya gas ke dalam bagian mesin. Posisi klep motor yang bergeser bisa menyebabkan motor tidak melaju dengan optimal dan mesin motor menjadi brebet.

Klep mesin motor bisa bergeser karena lamanya pemakaian motor. Untuk mengatasi masalah ini, anda perlu untuk membawa motor anda ke bengkel supaya posisi klep motor bisa diperbaiki ke posisi yang semula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.