Sukses

26 Tempat Wisata di Cianjur yang Indah dan Unik, Cocok Liburan Bareng Keluarga

Rekomendasi tempat wisata di Cianjur yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Cianjur adalah salah satu destinasi wisata alternatif yang cocok untuk dikunjungi saat berlibur dan berekreasi dengan keluarga ataupun orang-orang terdekat. Cianjur adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat.

Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Bogor, Purwakarta, Garut, Bandung, dan Sukabumi. Letaknya yang tidak jauh dan mudah untuk dijangkau dari ibu kota membuat kota ini cocok untuk menjadi alternatif tempat untuk melepaskan penat bagi orang-orang yang tinggal di ibu kota dan sekitarnya.

Ada berbagai tempat wisata di Cianjur yang bisa dikunjungi ketika mampir ke kota ini. Cianjur menawarkan alam yang indah dan beragam yang bisa dinikmati oleh para wisatawan.

Para wisatawan yang berkunjung ke sini bisa menikmati indahnya pemandangan pegunungan, danau, air terjun, hingga pantai. Selain itu, ada berbagai tempat wisata di Cianjur lainnya yang bisa untuk dikunjungi.

Bila anda berkunjung ke daerah Bandung Barat atau Bogor, tidak ada salahnya anda mampir sejenak untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di Cianjur. Cianjur memang cocok untuk menjadi destinasi wisata alternatif bagi warga ibu kota, Bogor, Bandung, dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga dan kerabat di hari libur.

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Cianjur yang bisa dikunjungi seperti dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (21/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Cianjur

1. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas adalah salah satu tempat wisata di Cianjur yang terfavorit dan sudah cukup lama terkenal. Kebu ini terletak di Sindang Laya, Cipanas, Cianjur. Daya tarik utama dari Kebun Raya Cibodas ialah pohon sakura yang telah ditanam di kebun ini sejak tahun 1971.

Waktu yang cocok untuk mengunjungi Kebun Raya Cibodas ialah sekitar bulan Januari-Februari, serta Juli-Agustus. Pada bulan-bulan tersebut, pengunjung akan disuguhi cantiknya bunga sakura yang bermekaran di Kebun Raya Cibodas. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung Gede-Pangrango dari kebun ini.

2. Kebun Wisata Inkarla Cipanas

Tempat wisata di Cianjur yang selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Kebun Wisata Inkarla Cipanas. Kebun ini terletak di Jalan Singabarong, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Di sini, para pengunjung dapat menikmati pondok penginapan yang nyaman sembari merasakan sejuknya hawa pegunungan yang menyegarkan badan.

Selain menawarkan pemandangan pegunungan yang indah, tempat ini juga dipercantik dengan pemandangan berbagai jenis tanaman dan bunga yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Segarnya hawa pegunungan dan indahnya pemandangan membuat kebun ini cocok untuk dijadikan tempat berekreasi bersama dengan keluarga dan melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari.

3. Alun-Alun Surya Kencana

Bila anda mampir ke sekitar area Gunung Gede Pangrango, tidak ada salahnya bagi anda untuk mampir ke tempat wisata di Cianjur yang satu ini. Surya Kencana memangberada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, di sebelah timur puncak gunung tersebut.

Di sini, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan pegunungan dan padang savana dan bunga edelweiss yang bermekaran ditemani dengan sejuknya udara pegunungan yang menyegarkan badan dan pikiran.

4. Taman Bunga Nusantara

Kalau anda ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, anda bisa mengunjungi tempat wisata di Cianjur yang satu ini. Taman Bunga Nusantara terletak di Jl. Mariwati No.KM. 7, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Di taman ini anda bisa menikmati indahnya beragam jenis tumbuhan dan bunga yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Taman ini juga ditata secara tematik di mana pohon-pohon di tata menyerupai patung yang menambah daya tarik dan keindahan dari Taman Bunga Nusantara.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Cianjur

5. Istana Cipanas

Kalau anda berkunjung ke Cianjur, anda bisa mampir dan melihat indahnya Istana Kepresidenan Cipanas. Istana ini terletak di di Desa Cipanas, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, sekitar 20 Km dari kota Kabupaten Cianjur atau 103 Km dari Jakarta. Istana ini didirikan pada tahun 1740 oleh seorang tuan tanah Belanda yang bernama Van Heots.

Istana ini dikeliilingi hutan atau kebun yang dipenuhi oleh tanaman yang beraneka ragam. Hijaunya taman dan sejuknya hawa pegunungan membuat istana ini menjadi tempat peristirahatan dan persinggahan favorit sejak jaman Hindia Belanda.

6. Little Venice Kota Bunga

Kalau anda ingin menikmati pemandangan Venesia, anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Italia. Anda cukup datang ke Cianjur dan singgah ke Little Venice Kota Bunga. Tempat wisata di Cianjur yang terletak di Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini memang dibuat menyerupai kota Venesia versi mini. Di sini anda dapat menikmati cantiknya "kota kecil" yang dipenuhi dengan bangunan-bangunan khas Eropa dan juga aliran sungai, jembatan, dan gondola yang mirip seperti kota Venesia.

7. Wana Wisata Pokland

Kalau anda ingin menikmati indahnya alam Cianjur, anda bisa mampir ke Wana Wisata Pokland. Di tempat wisata di Cianjur ini para pengunjung bisa menikmatiindahnya pemandangan hutan pinus.

Selain cocok untuk menikmati indahnya pemandangan alam bersama dengan keluarga, tempat ini juga cocok untuk dijadikan tempat untuk berfoto-foto. Tempat ini menawarkan berbagai spot foto yang cantik dan menarik untuk diunggah ke media sosial. Wana Wisata Pokland terletak di Desa Haurwangi Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

8. Waduk Cirata

Kalau anda berkunjung ke Cianjur, anda juga bisa singgah ke Waduk Cirata. Waduk ini terletak di 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Purwakarta.

Selain menikmati pemandangan waduk, di sini pengunjung juga bisa melihat pembangkit listrik tenaga air yang terbesar di Indonesia. Pembangkit listrik ini memiliki delapan buah turbin dan gedung sentral/Power House 4 lantai yang berada di terowongan bawah tanah.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Cianjur

9. Situs Gunung Padang

Bila anda tertarik dengan sejarah, anda bisa mengunjungi tempat wisata di Cianjur yang satu ini. Situs ini adalah situs prasejarah peninggalan zaman megalitikum atau zaman batu besar di Jawa.

Situs Gunung Padang ini berbentuk punden berundak dan menyerupai piramida. Situs ini dipercaya sebagai tempat pemujaan pada jaman dahulu. Situs ini terletak di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

10. Situs Gunung Kasur

Tempat wisata di Cianjur berikutnya yang bisa anda kunjungi iala Situs Gunung Kasur. Gunung Kasur terletak di Desa Gadog dan Cibodas, Kecamatan Pacet. Di situs ini terdapat lempengan batu yang menyerupai kasur yang lengkap dengan bantal dan gulingnya. Lempengan batu ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan yang cantik, pepohonan yang asri, dan udara pegunungan yang segar. Di samping itu, Gunung Kasur juga dipercaya sebagai salah satu situs peninggalan masa prasejarah.

11. Kebun Teh Sukanagara

Kalau anda pecinta teh, anda bisa mampir dan berkunjung ke tempat wisata di Cianjur yang satu ini. Kebun Teh Pasir Nangka terletak di Sukanagara, Kabupaten Cianjur. Selain menikmati pemandangan alam dan perkebunan teh yang asri dan cantik, anda juga bisa melihat proses pembuatan teh secara langsung; mulai dari memetik daun teh hingga diseduh menjadi minuman yang hangat dan segar. Tempat ini juga menyediakan fasilitas out bound sebagai bagian dari agrowisata di kebun teh Sukanagara.

12. Kebun Teh Cempaka

Tempat wisata di Cianjur yang berikutnya adalah Kebun Teh Cempaka. Sama seperti tempat yang sebelumnya, di sini pengunjung dapat menikmati indahnya perkebunan teh yang asri ditemani dengan sejuknya hawa pegunungan.

Perkebunan teh gunung Cempaka terletak di desa Cempaka kecamatan Cempaka kabupaten Cianjur dengan ketinggian tempat 900 – 1200 mdpl dengan suhu rata-rata 24-27 0C. Luas lahan total areal sebesar 765,69 ha yang terbagi dalam 3 afdeling, afdeling Campaka (228,15 ha), afdeling Ciwates (245,02 ha), dan afdeling Cijangkar (292,52 ha).

5 dari 7 halaman

Wisata di Cianjur

13. Curug Cikondang

Kalau anda ingin menikmati pemandangan air terjun, anda bisa mampir ke Curug Cikondang. Tempat wisata di Cianjur ini terletak di Desa Sukadana, Kabupaten Cianjur. Curug Cikondang disebut-sebut mirip dengan air terjun Niagara di Amerika Utara.

Air terjun ini memiliki lebar 30 meter dan tinggi mencapai 50 meter. Pemandangan air terjun di Curug Cikondang semakin cantik dan unik karena adanya beberapa air terjun kecil lainnya yang terdapat di bawah Curug Cikondang.

14. Curug Citambur

Kalau anda ingin berkunjung ke wilayah selatan Cianjur, kamu bisa mampir ke tempat wisata di Cianjur ini. Curug ini terletak di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Curug ini terbagi menjadi 3 tingkat, tingkat pertama memiliki ketinggian 12 meter, tingkat kedua memiliki ketinggian 116 meter, dan yang terakhir memiliki ketinggian 2 meter.

15. Curug Ciismun

Anda bisa mampir ke tempat wisata di Cianjur yang satu ini ketika berkunjung ke Kebun Raya Cibodas. Air terjun ini memang terletak di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, tepatnya di Desa Cimacan, Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. Curug Ciismun adalah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan lebar kurang lebih 5 meter.

16. Curug Cibeureum

Curug Cibereum adalah air terjun yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang memiliki tinggi sekitar 50 meter. Nama Curug Cibeureum berarti air terjun sungai merah. Warna merah ini disebabkan oleh lumut merah yang tumbuh di tebing. Di sini, para pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam air terjun dan sekitarnya yang indah. Para pengunjung juga bisa menikmati segarnya air yang mengalir di air terjun ini.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Cianjur

17. Curug Dadali

Air terjun lain yang bisa anda kunjungi di Cianjur adalah Curug Dadali. Air terjun ini bisa dikatakan masih perawan dan jarang dikunjungi oleh wisatawan karena aksesnya yang masih cukup sulit. Sumber mata air dari curug ini berasal dari aliran sungai Cibala yang merupakan anak sungai Cibuni.Air terjun ini terletak di Kecamatan Kadupandak, Cianjur Selatan.

18. Pantai Jayanti

Selain indahnya pemandangan pegunungan, anda juga bisa menikmati cantiknya panorama pantai dan laut ketika berkunjung ke tempat wisata di Ciancur. Salah satu pantai yang bisa anda kunjungi ketika singgah ke kota ini ialah Pantai Jayanti. Di sini anda dapat menikmati pemandangan laut selatan Jawa dan deburan ombaknya yang besar. Pantai ini juga merupakan pelabuhan tradisional yang menjadi tempat di mana para nelayan lokal berlabuh.

19. Pantai Batu Kukumbung

Kalau anda mengunjungi Pantai Jayanti, anda juga bisa mampir ke Pantai Batu Kukumbung. Pantai ini sebenarnya letaknya tidak jauh dari Pantai Jayanti. Selain sebagai tempat wisata alam, pantai batu kukumbung juga bisa menjadi tempat untuk wisata religi dan budaya. Di dekat pantai ini, terdapat sebuah makam yang diyakini sebagai makam Prabu Kian Santang. SElain itu, di sepanjang pantai terdapat batu-batu yang diyakini sebagai artefak bersejarah yang berusia ratusan tahun.

20. Pantai Apra

Pantai lain yang menjadi tempat wisata di Cianjur yang cukup populer ialah Pantai Apra. Pantai ini berada di dekat muara sungai Cisadea, tepatnya di Kecamatan Sindangbrang, Cianjur Selatan; sekitar 300 meter dari Alun-alun Sindangbarang. Pantai ini cukup populer di kalangan wisatawan dan ramai dikunjungi khususnya saat masa liburan panjang.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata di CIanjur

21. Pantai Lugina

Selain Pantai Apra, Pantai Lugina juga merupakan pantai yang cukup populer di Cianjur. Pantai ini terletak di desa Wanasari, Agrabinta, Cianjur. Di pantai ini pengunjung bisa menikmati pemandangan tenggelamnya matahari yang indah dan menawan. Pantai ini ramai dikunjungi wisatawan saat libur panjang.

22. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Kalau anda ingin menikmati indahnya alam pegunungan, anda bisa mampir ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Taman Nasional ini mencakup lahan seluas 21.975 hektar yang merupakan hutan hujan tropis pegunungan.

Di Taman Nasional ini terdapat beragam glora dan fauna seperti “si pemburu serangga” atau kantong semar, “si pohon raksasa” Rasamala, dan beragam anggrek hutan yang cantik. Di taman nasional ini anda juga bisa menemukan beberapa jenis tumbuhan yang belum dikenal namanya secara ilmiah, seperti jamur yang bercahaya.

23. Taman Wisata Mandalawangi

Tempat wisata di Cianjur yang selanjutnya ialah Taman Wisata Mandalawangi. Taman ini terletak di kawasan Wisata Cibodas. Gunung Gede Pangrango. Di sini anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam dan segarnya hawa pegunungan.

Taman ini juga merupakan bumi perkemahan, sehingga anda bisa menghabiskan malam dan berkemah di sini. Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan Danau Mandalawangi dan Sungai Cikundul.

24. Tirta Jangari

Bila anda ingin menikmati lezatnya ikan air tawar yang segar, anda wajib untuk mengunjungi tempat ini. Tirta Jangari merupakan keramba terapung tempat pemeliharaan ikan air tawar. Lokasinya di Waduk Jangari, Cianjur, Jawa Barat.

Di sini anda kan yang dipelihara di waduk ini memiliki kelebihan tersendiri, selain ikannya cepat besar, dagingnya juga tidak berbau lumpur. Jenis ikan yang banyak dibudidaya di tempat ini adalah ikan mas.

25. Telaga Biru Cipanas

Tempat wisata di Cianjur yang selanjutnya ialah Telaga Biru Cipanas. Telaga ini terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tepatnya di Sindangjaya, Cipanas, Cianjur. Bila anda mampir ke kawasan Gunung Gede Pangrango, tidak ada salahnya untuk mampir ke tempat wisata yang satu ini. Di sini pengunjung akan disuguhi pemandangan telaga yang indah.

26.. Danau Leuwi Soro

Kalau anda berkunjung ke Cianjur, anda bisa mempir ke Danau Leuwi Soro. Letak tempat wisata di Cianjur ini cukup jauh, kurang lebih sekitar 60 Km dari kota Cianjur; tepatnya di Kecamatan Pagelara, Cianjur Selatan. Di sini pengunjung bisa menikmati pemandangan danau yang indah dengan airnya yang berwarna kehijauan, serta pepohonan yang cukup lebat di sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.