Sukses

Narasumber adalah Orang yang Menjadi Sumber Informasi, Kenali Tugas dan Jenisnya

Narasumber adalah orang yang mengetahui secara jelas tentang suatu informasi.

Liputan6.com, Jakarta Narasumber adalah orang yang memberikan informasi. Biasanya, narasumber memberikan informasi dalam suatu wawancara. Narasumbe harusnya adalah orang yang benar-benar ahli pada bidangnya.

Narasumber memiliki peran yang sangat penting dalam pencarian informasi atau pengumpulan data yang dibutuhkan. Informasi yang didapatkan dari narasumber biasanya diperoleh melalui wawancara dengan memintakan pendapatnya mengenai suatu isu.

Narasumber adalah orang yang mengetahui secara jelas tentang suatu informasi. Narasumber merujuk kepada seseorang yang memberikan keterangan tentang suatu informasi untuk kepentingan pemberitanan di media massa.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/7/2022) tentang narasumber adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Narasumber adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), narasumber adalah orang yang memberi (mengetahui secara jelas atau menjadi sumber) informasi. Narasumber adalah orang yang mengetahui secara jelas atau menjadi sumber informasi. Narasumber juga biasa disebut sebagai informan.

Dalam hal ini, narasumber adalah seseorang yang memiliki keahlian yang berkaitan dengan tema atau topik yang sedang dibahas dalam sebuah wawancara atau tanya jawab. Narasumber adalah istilah umum yang merujuk kepada seseorang, baik mewakili pribadi maupun suatu lembaga, yang memberikan atau mengetahui secara jelas tentang suatu informasi, atau menjadi sumber informasi untuk kepentingan pemberitaan di media massa.

Biasanya, informasi yang didapat dari narasumber adalah informasi yang diperoleh melalui wawancara dengan memintakan informasi atau pendapatnya mengenai suatu masalah atau isu yang sedang berkembang. Selain itu, narasumber adalah seseorang yang juga diperlukan untuk mendukung suatu penelitian

Menurut Pasal 1 Angka 13 permendagri No. 33 Tahun 2007 Mengenai pedoman penyelenggaraan penelitian dan pengembangan di lingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah, tenaga ahli atau narasumber adalah orang yang memiliki kompetensi di bidang ilmu atau keahlian tertentu.

Jadi, narasumber adalah orang yang diwawancarai atau informan. Narasumber atau informan berperan sebagai penjawab pertanyaan atau pemberi informasi. Narasumber yang diwawancarai biasanya merupakan seseorang yang memiliki keterkaitan dengan perihal informasi yang diperlukan. Dalam hal ini, narasumber dapat berupa tokoh, ahli, atau orang biasa.

3 dari 4 halaman

Tugas Narasumber

Tugas narasumber adalah sebagai berikut:

1.  Memberikan sebuah informasi yang hanya diketahui oleh dirinya sendiri sebagai narasumber.

2. Memberikan informasi yang berdasarkan fakta bukan karangan belaka.

3. Memiliki wawasan yang luas untuk memberikan data dan informasi yang dibutuhkan oleh pewawancara

4. Secara sadar memberikan informasi dan data tanpa adanya unsur paksaan sehingga bisa memberikan keterangan yang jelas dan benar adanya.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Narasumber

Jenis-jenis narasumber adalah sebagai berikut:

Ilmuwan

Ilmuwan dianggap sebagai narasumber paling sensitif di antara narasumber lainnya dalam hal memberikan keterangan kepada pihak-pihak lain di luar disiplin ilmunya. Para ilmuwan, sama seperti juga wartawan, sama-sama mengejar kebenaran. Ilmuwan mengejar kebenaran baru, yang belum ditemukan, dan mempunyai kepentingan dalam menyampaikan kebenaran baru yang ditemukan dengan sikap sangat saksama.

Birokrat

Birokrat adalah anggota dari suatu birokrasi yang menjalankan tugas-tugas administrasi dari sebuah organisasi. Orang ini sering kali merupakan cerminan atas kebijakan organisasinya dalam bentuk ukuran besar maupun kecil. Tetapi biasanya istilah ini mengacu pada seseorang yang berada di dalam sebuah lembaga pemerintah.

Dari sudut pandang wartawan, seorang birokrat adalah orang yang untuk melaksanakan tugas-tgasnya harus memperoleh kerjasama dari publik dalam hal ini memperoleh kerjasama dari publik dan dalam hal ini memperoleh kerjasama melalui media. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah mereka yang menjadi bagian sebuah institusi dan memiliki kompetensi untuk menjelaskan apa yang tengah terjadi terkait hal yang dinaungi oleh institusi tersebut seperti Dinas Pendapatan Pajak untuk soal pajak, atau pemerintah daerah dalam soal pemilihan kepala daerah.

Politisi

Politisi adalah seseorang yang terlibat dalam politik, dan kadang juga termasuk para ahli politik. Politikus juga termasuk figur politik yang ikut serta dalam pemerintahan.

Pejabat humas

Sebagai sebuah profesi, seorang humas bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.

Mahasiswa

Mahasiswa adalah seseorang yang sedang menikmati keindahan pendidikan di salah satu lembaga tinggi selama beberapa waktu yang telah ditentukan. Lembaga ini populer dengan sebutan universitas atau perguruan tinggi.

Masyarakat yang terdampak

Masyarakat yang terdampak adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup atau semi terbuka, serta melakukan interaksi antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut, dan memiliki kebudayaan didalamnya. Dalam hal ini, biasanya orang yang terdampak dalam sebuah informasi penting.

Anggota yang tidak puas

Anggota yang tidak puas dalam sebuah organisasi merupakan narasumber yang seringkali digunakan dalam reportase investigatif yang akan dibicarakan dalam bab setelah ini. Tetapi, sumber-sumber semacam itu penting juga dalam reportase interpretatif karena mereka memberikan pandangan tentang kelemahan-kelemahan institusi yang tidak mungkin diperoleh dengan cara lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.