Sukses

16 Cara Menghilangkan Dahak yang Simpel dan Efektif, Coba di Rumah

Inilah beberapa cara menghilangkan dahak yang simpel dan efektif untuk kamu coba di rumah

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan dahak bisa mengurangi rasa tidak nyaman. Dahak yang menumpuk di tenggorokan adalah salah satu kondisi yang cukup umum untuk dialami oleh seseorang. Kondisi tersebut dapat membuat tenggorokan terasa tidak nyaman, membuat kita sering berdeham ataupun melakukan berbagai cara menghilangkan dahak supaya tenggorokan terasa lega.

Dahak sebenarnya merupakan lendir yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Lendir ini diperlukan untuk melindungi sistem pernapasan. Mengutip dari situs Healthline, tugas dari lendir ini adalah untuk mencegah debu, alergen, dan juga virus untuk masuk ke dalam tubuh. Saat sehat, lapisan lendir ini cukup tipis sehingga tubuh sering kali tidak mengetahuini atau merasakannya. Akan tetapi, saat sakit atau terpapar teralu banyak partikel, tubuh akan memproduksi lebih banyak lendir, membuat lapisan ini menjadi semakin tebal.

Lapisan lendir yang tebal tidak hanya membuat tenggorokan menjadi tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada berbagai cara menghilangkan dahak sederhana yang bisa kamu coba untuk diterapkan di rumah. Berbagai cara menghilangkan dahak ini cukup mudah dan menggunakan bahan-bahan yang mudah untuk kamu temukan.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan dahak sederhana yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (2/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Minum Air Hangat Hingga Kumur Air Garam

1. Air Hangat

Minum air hangat adalah salah satu cara menghilangkan dahak secara alami yang sangat mudah namun tetap efektif. Mengkonsumsi air hangat dapat membantu tubuh untuk membersihkan lendir atau dahak yang menumpuk di tenggorokan dengan cepat. Air putih hangat bisa melegakan tenggorokanmu dari dahak yang menumpuk dengan mengeluarkan lendir tersebut dari tenggorokanmu bersama dengan batuk.

Untuk mengatasi dahak yang menumpuk, kamu tidak perlu hanya minum air putih hangat saja. Apabila kamu tidak suka air putih, kamu bisa menggantinya dengan berbagai macam minuman hangat lainnya seperti teh, kopi, ataupun jahe. Akan tetapi, jangan sampai kamu mengkonsumsinya secara berlebihan.

2. Teh Hijau

Kalau kamu tidak suka air putih, kamu bisa menggantinya dengan mengkonsumsi teh hijau sebagai cara menghilangkan dahak secara alami. Teh hijau tidak hanya efektif untuk menghilangkan lendir yang menumpuk di tenggorokan, tetapi juga baik untuk kesehatan paru-paru. Pasalnya, di dalam teh hijau terdapat kandungan antioksidan yang bisa membantu tubuh untuk meredakan peradangan paru-paru yang menyebabkan produksi dahak berlebihan. Di samping itu, antioksidan ini juga penting untuk melindungi paru-paru dari efek berbahaya dari penghirupan asap.

3. Kumur Air Garam

Kalau tenggorokanmu terasa kurang nyaman karena menumpuknya dahak, kamu bisa mencoba berkumur air garam. Kumur dengan menggunakan air garam bisa membantumu untuk sedikit melegakan tenggorokanmu dari tumpukan dahak tersebut.

Cara menghilangkan dahak dengan kumur air garam juga cukup mudah. Kamu cukup menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air lalu aduk sampai garam benar-benar larut. Gunakan air garam tersebut untuk berkumur selama beberapa detik lalu buanglah. Lakukan ini secara rutin supaya efektif untuk melegakan tenggorokanmu.

4. N-acetylcysteine ​​(NAC)

Kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi suplemen NAC sebagai salah satu cara menghilangkan dahak yang menumpuk di tenggorokan. Mengkonsumsi suplemen NAC ini bisa membantumu untuk melegakan tenggorokan yang tersumbat karena tebalnya lapisan lendir di tenggorokan secara cepat dan efektif. Di samping itu, suplemen ini juga bisa membantumu untuk mengatasi batuk yang disebabkan oleh adanya sumbatan dahan pada paru-paru.

3 dari 5 halaman

Konsumsi Rempah dan Buah Beri

5. Rempah

Mengkonsumsi berbagai jenis rempah adalah salah satu cara menghilangkan dahak secara alami yang cukup ampuh. Pasalnya, rempah-rempah ini bisa membantumu untuk mengeluarkan dahak yang menumpuk di tenggorokan secara efektif. Ada berbagai jenis rempah-rempah yang bisa kamu konsumsi untuk membantu menghilangkan dahak di tenggorokan. Salah satu rempah yang banyak digunaan untuk keperluan ini adalah jahe. Minum jahe panas bisa membantumu untuk mengeluarkan dahak, melegakan pernapasan, serta menghangatkan tenggorokan dan tubuh.

Di samping itu, kamu juga bisa mencampurkan kunyit ke dalam ramuan ini. Dengan demikian, ramuan ini bisa membantumu untuk menyingkirkan bakteri-bakteri jahat yang menyebabkan peradangan karena sifat antiseptik alami yang dimilikinya. Kamu juga bisa mencampur jahe dan kunyit ke dalam teh hangat untuk melegakan tenggorokanmu dari sumbatan dahak yang menumpuk di tenggorokan.

6. Madu

Cara menghilangkan dahak yang mudah dan efektif yang berikutnya ialah dengan mengkonsumsi madu. Madu bisa membantumu untuk mengatasi permasalahan ini dengan efektif karena ia mengandung antivirus dan antibakteri yang alami dan aman untuk dikonsumsi.

Untuk melegakan tenggorokanmu dari sumbatan dahak, cobalah untuk mengkonsumsi 1 sendok makan madu setiap 3 hingga 4 jam sekali. Teruslah lakukan hal ini secara rutin dan teratur hingga tenggorokanmu terasa lega. Akan tetapi, janganlah berikan madu kepada anak yang berusia di bawah 1 tahun karena bisa berbahaya.

Selain mengkonsumsi madu secara langsung, kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara mencampurkannya bersama dengan lemon dan air hangat. Larutan tersebut bisa membantumu untuk mengatasi dahak yang menumpuk di tenggorokan dan membuat tenggorokan serta pernapasanmu terasa lebih lega dan nyaman.

7. Daun Sirih

Ada berbagai herbal yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan dahak. Salah satu tumbuhan herbal tersebut ialah daun sirih. Biasanya, daun sirih digunakan untuk menghilangkan dahak pada anak-anak. Caranya adalah dengan memanaskan daun sirih tersebut kemudian menaruhnya di dada dan punggung anak. Akan tetapi, supaya efektif, oleskan minyak telon ataupun minyak kayu putih pada punggung dan dada anak terlebih dahulu sebelum menempelkan daun tersebut. Cara ini dipercaya ampuh untuk mengeluarkan dahak yang menumpuk di tenggorokan dan paru-paru anak-anak.

8. Buah Beri

Mengkonsumsi buah beri bisa menjadi salah satu cara menghilangkan dahak di tenggorokan untuk kamu coba di rumah. Buah-buahan ini bisa membantumu untuk membersihkan paru-paru secara alami. Hal ini disebabkan karena buah beri kaya akan kandungan antioksidan, flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin. Mengkonsumsi buah beri secara rutin dan teratur bisa membantumu untuk mengeluarkan zat karsinogen dari paru-paru, mencegah kanker, dan meringankan infeksi paru-paru. Untuk membantumu menghilangkan dahak yang menumpuk di tenggorokan, kamu bisa mengkonsums berbagai jenis buah beri, mulai dari strawberry, blueberry, raspberry, hingga blackberry.

4 dari 5 halaman

Konsumsi Bawang Putih dan Salmon

9. Bawang Putih

Cara menghilangkan dahak yang selanjutnya ialah dengan mengkonsumsi bawang putih. Mengkonsumsi bawang putih bisa membantumu untuk menghilangkan sumbatan dahak di tenggorokan karena kandungan flavonoid yang ada di dalamnya. Kandungan zat ini bisa membantu untuk merangsang produksi enzim yang meningkatkan efisiensi tubuh dan paru-paru untuk menyingkirkan racun dan karsinogen.

Di samping itu, bawang putih juga mengandung zat allicin. Zat ini tidak hanya bisa membantu untuk mencegah asma saja, tetapi juga bisa membantu tubuh untuk melawan infeksi serta meredakan peradangan pada paru-paru yang menyebabkan menumpuknya lendir dahak di tenggorokan dan paru-paru. Bawang putih juga kaya akan kandungan antioksidan yang bisa membantu tubuh untuk melawan zat radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius.

10. Salmon

Mengkonsumsi Salmon adalah salah satu cara untuk menghilangkan dahak secara alami yang cukup efektif. Mengkonsusi salmon memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah membantu menjaga kesehatan paru-paru dan mencegah produksi dahak yang berlebihan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada salmon. Kandungan tersebut memiliki kemampuan anti-inflamasi yang tidak hanya baik untuk paru-paru, tetapi juga bisa mengurangi risiko asma, sesak napas, demam, hingga sakit kepala.

11. Apel

Buah-buahan berikutnya yang bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan dahak di tenggorokan. Buah ini kaya akan kandungan antioksidan dan fitokimia yang bisa membantu tubuhmu untuk mengurangi dahak. Selain itu, apel juga kaya dengan kandungan berbagai nutrisi, energi tinggi, serat tinggi, dan rendah kalori. Flavonoid dan beragam vitamin, serta antioksidan, khususnya vitamin C, yang terkandung di dalam apel bisa membantu tubuh untuk menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh dan sistem pernapasan. Dengan demikian, kamu bisa mengkonsumsi apel sebagai salah satu cara menghilangkan dahak secara alami.

12. Minyak Kayu Putih

Kamu bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai salah satu cara menghilangkan dahak yang menumpuk di tenggorokan dan paru-paru. Cara yang satu ini memang sudah lama dikenal dan disebut-sebut ampuh untuk mengeluarkan dahak yang menumpuk dengan cepat dan efektif. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak ini ke dadamu ketika dahak menumpuk di tenggorokan. Minyak kayu putih yang dioleskan ke dadamu bisa membantu untuk mengencerkan dahak dan membuatnya untuk lebih mudah keluar dari tubuh sehingga napasmu akan terasa lebih lega.

5 dari 5 halaman

Terapi Uap dan Olahraga

13. Uap Panas

Terapi uap panas telah lama digunakan untuk mengatasi masalah lendir yang menumpuk dan menghambat sistem pernapasan. Terapi ini banyak digunakan khususnya untuk mengatasi permasalahan hidung tersumbat. Uap panas ini bisa membantu untuk mencairkan lendir yang menyumbat sistem pernapasan dan sangat efektif untuk melegakan pernapasan.

Cara untuk melakukan terapi ini juga cukup mudah. Anda cukup menuang air mendidih ke dalam baskom. Setelah itu, dekatkan wajahmu ke baskom yang berisi air panas, tutuplah kepalamu dengan handuk supaya uap air panas tidak menyebar, lalu hiruplah uap tersebut. Kamu juga bisa menambahkan minyak kayu putih ke dalam air panas sebelum menghirup uapnya untuk membuat terapi ini lebih efektif.

14. Mengangkat Kepala

Lendir yang menumpuk dan menyumbat pernapasan dapat membuat kita tidak nyaman dan bisa saja membuat kita menjadi susah untuk tidur dan beristirahat. Permasalahan ini bisa membuat kita merasa kesal. Akan tetapi, ada cara menghilangkan dahak yang efektif untuk mengatasi permasalahan ini.

Cara yang paling mudah untuk mengatasi lendir yang menyumbat pernapasan saat tidur ialah dengan membuat posisi kepala lebih tinggi dari dada dengan menambahkan bantal untuk menyangga kepala kita saat tidur. Cara ini adalah cara yang mudah namun efektif untuk mencegah supaya lendir di tenggorokan ataupun paru-paru tidak menyumbat saluran pernapasan dan mengganggu tidur kita di malam hari.

15. Berolahraga dan Menepuk Dada

Kalau pernapasanmu tersumbat karena menumpuknya dahak, kamu bisa mencoba menepuk dadamu untuk membantu mengeluarkan lendir tersebut. Ini adalah salah satu cara menghilangkan dahak yang cepat dan mudah untuk kamu coba di rumah. Caranya adalah dengan berbaring memiring lalu menepuk dada dan punggung dengan pelan-pelan. Ini akan membantu tubuhmu untuk membuang dahak yang telah menumpuk dan menyumbat saluran pernapasan.

Untuk mencegah dahak menumpuk di tenggorokan dan paru-paru, kamu bisa coba berolahraga secara teratur. Olahraga yang rutin dan teratur bisa membantumu untuk menjaga kesehatan paru-paru yang kemudian menurunkan risiko produksi lendir yang berlebihan yang bisa menyumbat pernapasanmu. Kamu cukup melakukan olahraga ringan seperti jalan, lari, sepeda, atau berenang selama 30 menit setiap hari. Kamu perlu melakukannya setidaknya 5 hari dalam seminggu.

16. Menjaga Udara Tetap Lembap

Untuk mencegah supaya saluran pernapasan tidak tersumbat oleh dahak, kamu bisa menjaga supaya udara di sekitarmu tetap lembap. Menghirup udara yang lembap bisa membantumu untuk menjaga supaya produksi lendir pada saluran pernapasan tidak berlebihan dan lapisan lendir tersebut tetap tipis. Hal ini membuat saluran pernapasanmu tetap lancar, tidak tersumbat, dan terasa nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.