Sukses

Wisata Adalah Salah Satu Cara Healing Terbaik, Pahami Manfaatnya

Inilah pengertian, sejarah singkat, serta manfaat wisata bagi dirimu

Liputan6.com, Jakarta Wisata adalah salah satu cara untuk healing terbaik dan terfavorit. Banyak orang yang pergi berwisata, baik sendiri maupun bersama dengan keluarga, teman, ataupun kekasih, untuk sejenak melepaskan penat dari aktivitas dan rutinitas sehari-hari. Setiap orang ingin memiliki waktu tersendiri untuk berlibur dan mengistirahatkan badan serta pikiran dari tuntutan dan beban pekerjaan maupun pendidikan yang telah menumpuk.

Saat ini, wisata adalah sebuah kebutuhan, bukan lagi sebuah kemewahan. Setiap tahunnya, banyak orang yang pergi berwisata mengunjungi berbagai tempat baik di dalam kota, luar kota, hingga luar negeri. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan ekonomi, infrastruktur, serta teknologi yang memungkinkan orang-orang untuk bisa berpergian mengunjungi suatu tempat dengan lebih mudah.

Meningkatnya minat untuk berwisata membuat industri pariwisata semakin berkembang dan maju. Banyak daerah maupun negara-negara yang berlomba-lomba untuk memajukan industriwisata di daerahnya masing-masing untuk memajukan ekonomi daerahnya. Tidak sedikit daerah dan masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada sektor pariwisata. Hal ini membuat wisata adalah sumber rezeki dari sebagian orang.

Wisata adalah salah satu industri yang berkembang pesat berkat kemajuan teknologi informasi dan perkembangan media sosial. Melalui media sosial dan jaringan internet, orang-orang bisa lebih mudah untuk menemukan informasi mengenai destinasi wisata yang mereka inginkan.

Berikut ini adalah beberapa hal tentang wisata dan manfaatnya bagimu yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (2/8/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sekilas Mengenai Wisata

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wisata adalah bepergian bersama-sama (untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dan sebagainya); bertamasya. Sementara itu, kamus Mirriam Webster menyebutkan wisata sebagai perjalanan untuk bisnis, kesenangan, atau pendidikan yang sering kali melibatkan serangkaian pemberhentian dan berakhir di titik awal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa wisata adalah sebuah kegiatan berpergian untuk mengunjungi satu atau lebih tempat untuk berbagai tujuan, bis itu untuk tujuan bisnis, kesenangan, maupun pendidikan.

Mengutip dari situs Europeana, definisi pariwisata modern bisa ditelusuri asal-usulnya hingga abad ke-17. Pada saat itu, para bangsawan muda dari Eropa Timur maupun Barat membuat apa yang disebut sebagai Grand Tour, sebuah perjalanan mengelilingi Eropa dengan tujuan untuk mempelajari warisan sejarah, kesenian, dan budaya yang mereka lihat sebagai salah satu cara yang terbaik untuk pendidikan mereka.

Revolusi Industri yang terjadi pada paruh akhir abad ke-18 semakin meningkatkan pariwisata. Revolusi ini membuat perubahan besar-beesaran pada bidang ekonomi, sosial, maupun teknologi. Revolusi ini membuat banyak orang pergi ke kota-kota untuk bekerja dan membentuk sebuah kelas sosial yang baru. Selain itu, revolusi industri juga memberikan dampak terhadap kemajuan teknologi transportasi yang memicu perkembangan wisata.

Pada abad ke-19, muncullah agen wisata yang pertama di dunia. Thomas Cook mendirikan perusahaan agen wisata pertama di dunia yang bernama Thomas Cook & Son. Perusahaan ini menawarkan paket wisata yang termasuk transportasi, akomodasi, dan makan kepada kelompok besar yang membuat perjalanan wisata semakin terjangkau. Sementara itu, pariwisata semakin berkembang pada paruh awal abad ke-20 karena produksi massal mobil dan bus.

3 dari 4 halaman

Manfaat Wisata

Wisata adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh seseorang. Kegiatan ini memberikan segudang manfaat baik bagi banyak orang. Berikut ini adalah beberapa manfaat penting wisata bagi dirimu yang dirangkum dari berbagai sumber:

A. Menenangkan Pikiran

Rutinitas sehari-hari diperkotaan dapat membuat pikiran seseorang menjadi stres. Setiap harinya orang-orang harus disibukkan dengan berjalan di kota yang dipenuhi oleh orang-orang dan mengejar jadwal yang padat. Hal ini akan membuat stres menjadi menumpuk dan perlu sesuatu kegiatan untuk melepaskannya. Berwisata bisa mengatasi permasalahan ini. Saat kita berwisata, kita akan terputus dari rutinitas sehari-hari, melihat tempat baru, bertemu orang baru, dan hal lainnya yang bisa menghilangkan stresmu dan membuatmu kembali bersemangat.

B. Meningkatkan Kreativitas

Ketika kita berwisata, kita akan dihadapi berbagai masalah yang harus kita hadapi. Kita harus berusaha menemukan solusi dari permasalahan yang kita hadapi. Selain itu, kita juga akan banyak bertemu berbagai hal yang baru, teman baru, mendengarkan musik yang baru, melihat pemandangan yang baru, menghirup aroma yang baru, dan lainnya. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan kreativitasmu.

C. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Wisata adalah salah satu kegiatan yang bisa digunakan untuk mengasah kemampuan komunikasi kita. Ketika kita pergi mengujungi tempat-tempat yang baru di mana masyarakatnya menggunakan bahasa yang berbeda, maka kita akan dituntut untuk belajar bahasa mereka dan berkomunikasi dengan mereka. Kalau tidak, kita mungkin akan menemukan kesulitan untuk melakukan berbagai kegiatan, contohnya ketika kamu pergi ke suatu tempat dan membeli sesuatu, maka kamu butuh untuk berkomunikasi dengan sang penjual. Pada awalnya mungkin kita akan menggunakan bahasa isyarat, tetapi kemudian kita akan sedikit demi sedikit belajar bahasa setempat.

D. Memperluas Wawasan dan Pandangan Kita

Pergi berwisata juga bisa membuka dan memperluas pikiran serta wawasan kita. Saat kita berkunjung ke daerah lain ataupun negara lain, kita akan bertemu dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Setiap masyarakat memiliki kondisi hidup dan cara serta pandangan hidup ataupun budaya yang berbeda. Saat berinteraksi dengan mereka, kita akan banyak mengetahui dan belajar berbagai hal yang baru. Hal ini akan memperluas wawasan kita dan akan memberikan pandangan baru mengenai hidup dan dunia ini.

E. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Pergi berwisata dapat membantu kita untuk meningkatkan kepercayaan diri. Ketika kita berwisata, kita akan dituntut untuk berpetualang, mencoba berbagai hal baru dan mengatasi berbagai masalah dan juga rintangan yang mungkin kita hadapi. Saat berwisata, kamu dituntut untuk berani bertanya kepada penduduk sekitar apabila kamu tersasar di jalan. Selain itu kamu juga akan dituntut untuk berani mencoba berbagai hal baru, misalnya makanan baru ataupun lainnya yang mungkin belum pernah kamu coba. Dengan demikian, maka kepercayaan dirimu akan semakin terasah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Wisata

F. Belajar Langsung Dari Pengalaman

Buku adalah jendela dunia, begitu kata banyak orang. Melalui buku kita bisa belajar banyak hal. Kita bisa membaca dan belajar mengenai kota-kota ataupun negara-negara yang belum pernah kita kunjungi. Kita juga bisa belajar mengenai budaya-budaya masyarakat yang belum pernah kita temui.

Akan tetapi, pengalaman adalah guru yang terbaik. Pergi mengunjungi suatu tempat tertentu secara langsung memberikan pengalaman yang sangat berbeda dengan hanya membacanya di buku atau mengagumi fotonya di media sosial. Di samping itu, bertemu dan berinteraksi langsung dengan masyarakat lain bisa memberikan kita lebih banyak pengetahuan yang mungkin tidak tercantum di buku-buku yang kamu baca. Wisata adalah kegiatan yang terbaik untukmu belajar secara langsung dari pengalaman.

G. Membuat Kenangan

Saat kita sedang berwisata, kita akan mendapatkan segudang pengalaman yang akan memberikan kesan mendalam di hidupmu. Apabila kamu pergi berwisata bersama dengan keluarga ataupun orang-orang terdekatmu, pengalaman-pengalaman tersebut akan memperdalam hubunganmu dengan mereka. Pengalaman-pengalaman ini akan terus melekat dalam ingatanmu. Selain itu, kamu juga bisa membagikan kenangan indahmu ketika berwisata dengan orang-orang lain, termasuk dengan anak-cucumu di kemudian hari.

H. Membantu Memahami Diri

Tidak ada liburan yang sesuai dengan rencana.Kegiatan wisata akan selalu dipenuhi oleh berbagai masalah dan perubahan. Ketika kamu sedang berwisata kamu akan selalu dituntut untuk mengatasi segala masalah dan persoalan yang harus kamu hadapi sambil senantiasa beradaptasi dengan perubahan. Di sini kamu tidak hanya akan belajar bagaimana cara beradaptasi dengan perubahan yang terus menerus terjadi. Kamu juga akan belajar tentang kekuatan dan kelemahan dirimu saat mengatasi masalah yang datang ketika sedang berwisata. Dengan demikian, wisata adalah kegiatan yang cocok untuk membantumu mengenal dan memahami dirimu sendiri.

I. Bersenang-Senang

Tujuan wisata yang berikutnya ialah bersenang-senang. Perasaan senang dan bahagia adalah salah satu kunci dari hidup sehat. Bekerja, belajar, dan rutinitas sehari-hari bisa membuat seseorang menjadi stres. Perasaan stres tersebut bisa menurunkan produktivitas bahkan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Oleh sebab itu, mereka butuh kegiatan untuk healing dan menyegarkan kembali pikiran serta badannya untuk menjaga produktifitas dan kesehatannya. Wisata adalah kegiatan yang tepat untuk healing tersebut. Pada saat kita berwisata, kita akan menemukan dan menjalani berbagai aktivitas yang akan membuat kita senang dan bahagia, membuat kita terlepas dari rasa stres dan beban pikiran yang menghantui.

J. Baik untuk Kesehatan

Kesibukan sehari-hari bisa membuat tubuh kita menjadi lelah dan membutuhkan istirahat. Ada orang-orang yang harus tidur dan beristirahat 3-4 jam perharinya karena tuntutan pekerjaan ataupun pendidikan. Hal ini tidak baik untuk kesehatan tubuhmu. Liburan dan wisata memberikan tubuhmu kesempatan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup dan membuat tubuhmu menjadi lebih sehat dan segar. Tidak hanya itu, wisata dan waktu libur juga memberikan kesempatan bagimu untuk melakukan berbagai aktivitas yang baik untuk kesehatanmu seperti berolahraga ataupun berjemur di bawah sinar matahari pagi yang mungkin tidak bisa kamu lakukan karena kesibukanmu sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.