Sukses

18 Macam Pokemon Beserta Kelebihan dan Kelemahannya

Inila 18 macam pokemon yang bisa kamu temui di gim beserta kelebihan dan kelemahannya.

Liputan6.com, Jakarta Pokemon adalah salah satu franchise media yang terkenal dari Jepang. Pokemon sendiri merupakan singkatan dari "Pocket Monster." Pokemon sendiri memiliki banyak penggemar di masyarakat. Bagi kalian penggemar pokemon, kalian harus tahu berbagai macam pokemon yang ada. 

Pokemon pada awalnya diciptakan sebagai sebuah permainan gim oleh Satoshi Tajiri pada tahun 1995. Gim ini kemudian meledak dan membuat franchise pokemon berkembang menjadi tidak hanya gim, tetapi juga serial anime dan manga atau komik.

Di dalam permainan gim pokemon ini, para pemain harus menangkap dan mengumpulkan berbagai macam pokemon. Setelah itu, mereka harus melatih pokemon mereka supaya menjadi lebih kuat dan kemudian melawan penantang lain.

Mengetahui macam pokemon sendiri adalah salah satu hal yang penting dalam memainkan permainan gim ini. Ada 18 macam pokemon yang bisa kamu temukan. Setiap macam pokemon ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut ini adalah berbagai macam pokemon beserta penjelasannya yang dirangkum oleh Liputan6.com dari situs Toynk, Selasa (2/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

18 Macam Pokemon: Tipe Bug hingga Dark

1. Tipe Bug

Macam pokemon yang pertama ialah Bug atau Serangga. Pokemon jenis ini lemah dan sering dianggap tidak berguna. Akan tetapi, pokemon jenis ini memiliki serangan yang efekif untuk melawan pokemon tipe Grass, Psychics, serta Dark. Selain itu, pokemon tipe Bug adalah jenis pokemon yang paling cepat tumbuh dan berubah dibandingkan dengan jenis pokemon normal yang lainnya.

2. Tipe Dragon

Pokemon tipe Dragon ini adalah salah satu jenis pokemon yang cukup langka dan sulit untuk ditemukan. Macam pokemon ini tidak efektif untuk melawan tipe Steel dan tidak berpengaruh pada pokemon-pokemon tipe Fairy. Selain itu, pokemon jenis ini juga lebih sulit untuk dilatih karena membutuhkan EXP point yang lebih besar setiap levelnya bila dibandingkan dengan tipe pokemon lainnya.

3. Tipe Fairy

Tipe Fairy adalah macam pokemon yang baru diperkenalkan pada Generasi 6. Hal ini dilakukan untuk membantu menyeimbangkan kekuatan di antara berbagai macam pokemon yang ada, mengenali keefektifan tipe pokemon, serta mengurangi kekuatan dan memberikan demage yang lebih besar kepada pokemon tipe Dragon. Akan tetapi, pokemon jenis ini tidak cocok untuk melawan pokemon jenis Steel dan Poison.

4. Tipe Flying

Pokemon tipe Flying terkenal sebagai macam pokemon yang memiliki kecepatan yang paling tinggi apabila dibandingkan dengan tipe lainnya. Pokemon jenis ini cocok digunakan untuk melawan pokemon jenis Bug dan Fighting. Akan tetapi, pokemon jenis Flying ini lemah bila dibandingkan dengan pokemon jenis Electric, Rock, dan Steel.

5. Tipe Dark

Pokemon jenis ini diperkenalkan pada generasi kedua. Macam pokemon ini diluncurkan untuk menyeimbangkan kekuatan dengan tipe-tipe yang lainnya. Pokemon tipe ini memiliki serangan yang efektif terhadap pokemon jenis Psychics dan Ghost. Pokemon ini juga tahan dari serangan kedua jenis pokemon tersebut. Sementara itu, pokemon ini lemah terhadap pokemon jenis Bug, Fairy, dan Fighting.

6. Tipe Electric

Macam pokemon yang selanjutnya ialah tipe Electric. Pokemon jenis ini sangat efektif untuk digunakan melawan pokemon lain yang bertipe Steel dan Flying. Akan tetapi, serangan dari pokemon ini tidak akan berdampak terhadap pokemon tipe Dragon dan Grass.

3 dari 4 halaman

18 Macam Pokemon: Tipe Fighting hingga Ice

7. Tipe Fighting

Macam pokemon ini memiliki pertahanan yang unik yang berdasarkan pada gerakan bela diri. Serangan pokemon tipe ini umumnya akan menang bila melawan pokemon jenis Rock dan Steel. Selain itu, pokemon jenis ini juga cocok untuk digunakan melawan pokemon tipe Dark, Normal, dan Ice.

8. Tipe Fire

Pokemon jenis api adalah salah satu macam pokemon awal yang terkenal bersama dengan dua tipe lainnya yaitu Grass dan Water. Pokemon jenis ini jarang ditemukan pada awal-awal permainan gim, tetapi sangat efektif untuk digunakan melawan pokemon-pokemon tipe Steel, Grass, dan Bug. Akan tetapi, pokemon tipe api ini lemah bila melawan pokemon tipe Rock dan Water.

9. Tipe Ghost

Macam pokemon yang berikutnya adalah tipe Ghost. Pokemon jenis ini terkenal cukup langka dan dikenal sebagai tipe ganda. Pokemon jenis ini efektif digunakan untuk melawan pokemon tipe Ghost lainnya dan juga tipe Psychic. Akan tetapi, serangan pokemon tipe Ghost tidak efektif untuk digunakan melawan pokemon tipe Dark.

10. Tipe Grass

Sama seperti pokemon tipe Bug, macam pokemon ini terkenal sebagai salah satu jenis pokemon yang lemah. Pokemon jenis ini unggul apabila dibandingkan dengan pokemon tipe Water, Rock, dan Ground. Akan tetapi, pokemon tipe Grass ini lemah bila melawan pokemon tipe Steel, Fire, Dragon, dan Bug.

11. Tipe Ground

Pokemon tipe Ground adalah salah satu jenis pokemon terfavorit. Banyak yang berusaha untuk mendapatkan pokemon tipe ini karena mereka memiliki pertahanan yang spesial dan dianggap sebagai salah satu jenis pokemon yang terkuat. Pokemon tipe Ground kuat bila digunakan melawan pokemon tipe Fire, Electric, Poison, Rock dan Steel.

12. Tipe Ice

Macam pokemon yang berikutnya ialah Tipe Ice. Pokemon jenis ini adalah salah satu jenis pokemon yang paling langka dari jenis-jenis pokemon tipe ganda lainnya. Pokemon jenis ini cocok digunakan untuk melawan pokemon tipe Fliying dan Grass. Akan tetapi, ia lemah apabila melawan serangan dari pokemon jenis Fire, Rock, Steel, dan Fighting.

4 dari 4 halaman

18 Macam Pokemon: Tipe Normal Hingga Water

13. Tipe Normal

Tipe Normal adalah salah satu jenis pokemon yang paling umum dan paling sering ditemukan dibandingkan pokemon jenis lainnya. Hal ini disebabkan karena pokemon jenis ini sering terlihat pada awal permainan gim. Pokemon tipe ini harus berhati-hati bila melawan pokemon tipe Fighting dan Ghost.

14. Tipe Poison

Macam pokemon yang berikutnya ialah tipe Poison. Pokemon jenis ini banyak dianggap sebagai salah satu jenis pokemon yang paling lemah karena serangannya hanya cocok untuk digunakan melawan tipe Grass dan Fairy. Pokemon jenis ini tidak akan menang melawan tipe Rock dan Ghost dan serangannya juga tidak akan berefek pada pokemon tipe Steel.

15. Tipe Psychic

Psychic adalah macam pokemon yang hanya memiliki sedikit kekuatan dan kekurangan. Tipe ini sangat cocok digunakan untuk melawan tipe Fighting dan Poison. Akan tetapi pokemon jenis ini akan kalah bila melawan pokemon tipe Dark.

16. Tipe Rock

Pokemon tipe Rock adalah salah satu macam pokemon yang terkenal memilik pertahanan yang tinggi. Pokemon tipe ini sangat efektif digunakan untuk melawan pokemon tipe Ice, Flying, dan Fire. Akan tetapi, pokemon ini lemah bila berhadapan dengan jenis Ground.

17. Tipe Steel

Pokemon tipe Steel adalah jenis pokemon yang memiliki pertahanan yang terkuat bila dibandingkan dengan jenis pokemon lainnya. Mereka akan selalu menang apabila berhadapan dengan pokemon tipe Ice, Rock, dan Fairy. Akan tetapi, mereka lemah bila melawan pokemon tipe Water dan Electric.

18. Tipe Water

Pokemon tipe Water adalah macam pokemon yang paling umum dan sering ditemukan di antara jenis-jenis pokemon lainnya. Hal ini terjadi karena pokemon tipe ini berasal dari elemen dasar. Serangan dari pokemon tipe Water sangat efektif pada pokemon tipe Groun dan Rock. Akan tetapi, pokemon jenis ini harus berhati-hati apabila berhadapan dengan pokemon lain yang memiliki tipe Grass dan Electric.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.