Sukses

9 Penyebab Impotensi yang Perlu Diwaspadai, Pahami Cara Mencegahnya

Inilah 9 faktor penyebab impotensi yang perlu kamu waaspadai beserta cara mencegahnya

Liputan6.com, Jakarta Impotensi adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup umum untuk dialami para pria. Meskipun bukan suatu masalah yang cukup serius, impotensi bisa menyebabkan berbagai masalah baigi para pria, terutama masalah perasaan. Untuk itu, penting bagi kita mengetahui dan memahami penyebab impotensi beserta cara mencegahnya.

Impotensi adalah sebuah gangguan ketika seorang pria tidak mampu mencapai atau mempertahankan ereksi untuk menjalani aktivitas seksual. Masalah ini juga banyak dikenal sebagai disfungsi ereksi. Saat seseorang mengalami impotensi, ia bisa merasa stres dan kurang percaya diri. Selain itu, impotensi juga bisa menyebabkan hubungan seeseorang dengan pasangannya terganggu. Oleh sebab itu, mengetahui penyebab impotensi dapat membantumu untuk menjaga hubunganmu dengan pasangan yang kamu kasihi.

Ada berbagai faktor penyebab impotensi yang terjadi pada seseorang. Impotensi bisa terjadi karena adanya gangguan dalam aliran darah di penis ataupun karena penyakit dan obat-obatan. Akan tetapi, gaya hidup yang tidak sehat dan juga faktor psikologis juga bisa menjadi penyebab impotensi yang menimpa seseorang.

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab impotensi beserta cara mencegahnya yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (4/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Impotensi - Faktor Psikologis dan Kesehatan

1. Faktor Psikologis

Faktor psikologis adalah salah satu penyebab impotensi yang utama dan sangat sering terjadi. Mengutip dari situs Healthline, ereksi adalah salah satu bentuk respon emosional dari ketertarikan atau gairah seksual seseorang. Supaya seorang pria bisa ereksi, ia butuh untuk tertarik secara seksual terlebih dahulu. Gangguan psikologis, mental, pikiran, dan emosional bisa menyebabkan seseorang tidak memiliki gairah untuk berhubungan seksual yang membuatnya tidak bisa ereksi.

Ada berbagai permasalahan emosional yang bisa menjadi faktor penyebab impotensi. Depresi dan kecemasan sering dikaitkan sebagai faktor penyebab impotensi pada seseorang. Selain itu, seseorang yang pernah kesulitan untuk ereksi dapat menyebabkan kecemasan pada seseorang. Rasa cemas ini juga bisa menyebabkan disfungsi ereksi pada seseorang.

2. Gangguan Saraf

Gangguan saraf adalah faktor penyebab impotensi lainnya. Gangguan saraf atau neurologis yang diderita seseorang bisa mengganggu kemampuan otak mengirimkan sinyal ke alat reproduksi pria yang menyebabkannya kesulitan untuk berereksi.

Ada berbagai gangguan neurologis yang bisa meningkatkan risiko seseorang menderita disfungsi ereksi atau impotensi. Gangguan-gangguan tersebut adalah Penyakit Alzheimer, Penyakit Parkinson, Tumor otak atau tulang belakang, Multiple sclerosis (MS), Stroke, serta Epilepsi lobus temporal.

3. Penyakit Jantung dan Kolesterol Tinggi

Penyebab impotensi yang berikutnya ialah penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Gangguan pada jantung dan sistem alirang darah seseorang bisa menyebabkan seorang pria mengalami disfungsi ereksi. Pasalnya, aliran darah adalah salah satu faktor penting yang dibutuhkan agar seseorang dapat berereksi.

Supaya penis pria bisa berereksi, ia membutuhkan aliran darah yang cukup. Kalau aliran darah terganggu, maka ia akan mengalami kesulitan untuk bereksi. Selain masalah pada kesehatan jantung, berbagai masalah lain seperti hipertensi dan Aterosklerosis juga disebut-sebut dapat meningkatkan risiko seseorang terkena disfungsi ereksi.

3 dari 5 halaman

Penyebab Impotensi - Faktor Kesehatan dan Obat

4. Kelainan Pembuluh darah

Penyebab impotensi yang berikutnya ialah kelainan pembuluh darah. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, aliran darah yang baik diperlukan untuk membantu penis bereraksi. Hal ini disebabkan karena ereksi terjadi ketika darah terkumpul di batang penis.

Gangguan pembuluh darah yang dialami pada seseorang bisa menyebabkan aliran darah menuju penis terganggu. Hasilnya, ia akan mengalami kesulitan untuk berereksi dan akhirnya menderita disfungsi ereksi.

5. Penyakit Endokrin

Mengutip dari situs Healthline, penyakit endokrin yang diderita seseorang bisa menjadi salah satu faktor penyebab impotensi yang menyerang seseorang. Pasalnya, sistem endokrin yang terdapat dalam tubuh manusia bertugas untuk memproduksi hormon yang mengatur metabolisme tubuh, fungsi seksual, reproduksi, suasana hati, dan lainnya.

Salah satu penyakit endokrin yang menyerang banyak orang adalah diabetes. Penyakit ini bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan ereksi. Pasalnya, diabetes bisa menyebabkan rusaknya saraf yang bisa mempengaruhi sensasi atau perasaan di penis. Selain itu, diabetes juga bisa menyebabkan komplikasi berupa gangguan pada kelancaran aliran darah dan jumlah hormon yang mana keduanya adalah faktor yang bisa menjadi penyebab impotensi.

6. Efek Samping Obat-Obatan

Mengkonsumsi obat-obatan bisa menjadi salah satu faktor penyebab impotensi yang menyerang seseorang. Ada berbagai macam obat yang bisa menyebabkan gangguan pada tekanan darah atau aliran darah seseorang. Hal ini bisa menyebabkan orang yang mengkonsumsi obat-obatan tersebut terkena gangguan disfungsi ereksi atau impotensi. Contoh obat-obatan yang bisa menyebabkan impotensi pada seseorang ialah obat-obatan kemoterapi, betablocker, diuretik, dan obat-obatan lainnya.

 

4 dari 5 halaman

Penyebab Impotensi - Gaya Hidup

7. Olahraga Berlebihan

Berolahraga secara rutin dan teratur setiap harinya adalah hal yang baik bagi kesehatan tubuh. Malah, kamu harus berolahraga setiap harinya untuk menjaga supaya tubuhmu tetap sehat dan mencegah berbagai penyakit ataupun masalah kesehatan lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

Akan tetapi, semua hal yang berlebihan tidaklah baik bagi tubuh, termasuk olahraga. Pasalnya, olahraga yang berlebihan bisa membuat tubuhmu terlalu lelah dan meningkatkan risiko cedera. Selain itu, olaraga berlebihan juga bisa membuat kadar testosteron dalam tubuhmu menurun. Masalah ini bisa menjadi penyebab impotensi yang dialami seseorang.

8. Posisi Tidur

Penyebab impotensi yang selanjutnya ialah posisi tidur. Posisi tidur yang salah dan tidak nyaman bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan ereksi atau impotensi. Supaya penismu bisa berereksi dengan baik, maka kamu butuh tubuh yang sehat dan segar. Posisi tidur yang salah bisa menyebabkan tubuhmu kekurangan istirahat dan merasa lelah sehingga kamu mengalami kesulitan untuk berereksi.

9. Merokok

Merokok bisa menjadi salah satu penyebab impotensi yang menimpa seseorang. Salah satu zat yang terkandung di dalam rokok ialah nikotin. Mengkonsumsi rokok dalam jumlah besar dalam jangka waktu yang panjang bsa menyebabkan nikotin yang dihisap seseorang ketika merokok menumpuk di dalam badan. Nikotin yang menumpuk itu bisa menghambat aliran darah di dalam tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan di antaranya ialah impotensi.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Impotensi

Setelah memahami faktor-faktor penyebab impotensi, saatnya kita membahas tentang cara mencegah impotensi. Mengetahui cara mencegah impotensi dapat membantu kita menghindar dari masalah kesehatan yang bisa mengganggu kepercayaan dirimu dan juga hubunganmu dengan pasangan terkasihmu.

Banyak faktor penyebab impotensi yang sebenarnya berasal dari gaya hidup yang kurang sehat. Untuk itu, merubah gaya hidupmu dan menerapkan pola hidup yang lebih sehat bisa membantumu untuk terhindar dari masalah disfungsi ereksi tersebut.

Cobalah beristirahat dengan cukup. Waktu istirahat yang cukup bisa membantu untuk menjaga supaya tubuhmu tetap segar dan sehat serta membuatmu terhindar dari impotensi. Selain itu, beristirahat juga bisa mmbantumu untuk menjaga sisi emosional dan pikiranmu supaya tetap segar dan ceria. Ini adalah hal yang penting karena seperti yang kita ketahui, faktor psikologis adalah salah satu penyebab impotensi yang paling banyak terjadi.

Selain itu, cobalah berolahraga secara rutin dan teratur serta menjaga pola makan yang sehat. Berolahraga dengan rutin dan tidak berlebihan dapat membantumu untuk menjaga kesehatan tubuhmu dan dapat membantumu terhindar dari disfungsi ereksi yang menghantui. Di samping itu, menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang juga bisa membantumu untuk mencegah terkena berbagai penyakit seperti penyakit diabetes dan jantung yang bisa menjadi penyebab impotensi pada seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.