Sukses

5 Cara Membuat Bunga dari Plastik, Kreasi Rumahan yang Mudah dan Unik

Cara membuat bunga dari plastik menggunakan sedotan, unik juga menarik.

Liputan6.com, Jakarta Sampah dari plastik, merupakan masalah yang cukup serius di berbagai negara. Tentu saja karena sampah plastik sendiri tidak bisa terurai dalam waktu yang singkat, namun butuh berpuluh-puluh tahun untuk dapat menguraikan sampah plastik. Karena permasalah yang terjadi inilah yang membuat banyak warga masyarakat yang memilih untuk mendaur ulang sampah plastik menjadi sebuah kerajinan yang berguna. Salah satu kerajinan yang dilakukan adalah dengan cara membuat bunga dari plastik. 

Mengembangan kreativitas dan juga lebih peduli untuk menjaga lingkungan mungkin merupakan manfaat yang baik jika kamu mengetahui cara membuat bunga dari plastik. Cara membuat bunga dari plastik juga cukup mudah dilakukan, apalagi bahan yang kamu butuhkan pun bisa kamu dapatkan dan tentunya ada dirumah.

Selain itu jika kamu telah mengetahui cara membuat bunga dari plastik, maka kamu bisa membuat bunga tersebut menjadi salah satu hiasan rumah yang pastinya aman juga ramah lingkungan. 

Berikut ini cara membuat bunga dari plastik yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/8/2022). 

 

2 dari 6 halaman

Bunga Anggrek 1 Warna

Cara membuat bunga dari plastik sedotan selanjutnya adalah bunga anggrek warna kuning. Berikut caranya:

Bahan:

- Siapkan 4 buah sedotan kuning

- Gunting

- Benang

- Jarum dan lem

Cara membuat bunga:

- Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menggunting sedotan menjadi 4 bagian sama panjang,

- Sejajarkan juga bagian-bagian sedotan, lalu siapkan benang yang telah diikat pada jarum,

- Rangkai sedotan dengan benang pada bagian tengah, lalu kencangkan hingga berbentuk lingkaran atau bunga, simpul mati.

- Pada setiap ujung sedotan, gunting diagonal, lalu ulangi langkah 1-6 sebanyak 5 kali

- Langkah terakhir, tumpuk semua jadi satu dan tambahkan kertas warna coklat pada bagian tengahnya. 

3 dari 6 halaman

Bunga Teratai

Cara membuat bunga dari sedotan yang berikutnya adalah bunga teratai. 

Bahan:

- Siapkan 12 Sedotan dengan berbagai warna

- Kawat

- Gunting

- Lem

- Benang

- Jarum

Cara membuat bunga:

- Langkah pertama yang harus dilakukan, bagi 4 sisi sedotan yang telah disiapkan kemudian gunting sedotan 2/3 dari ukuran, dimulai dari bawah

- Gunting juga bagian ujung sedotan sampai membentuk lancip, dengan panjang kurang lebih 1/3 panjang sedotan. Ujung ini juga bisa dijadikan patokan agar setiap sisi sama panjang.

- Buka guntingan yang sudah dibentuk menjadi kelopak, lalu lipat keluar mengikuti garis.Lipat kembali setiap sisi pangkal kelopak bunga, kira - kira panjangnya 1/3 dari ukuran sedotan. T

- Tusuk bagian pangkal sedotan dengan jarum sampai semuanya rapat.Masukkan kawat dari ujung jarum yang berlubang lalu pindahkan kelopak bunga satu persatu sampai semuanya berada di kawat.

- Ikat semua kelopak menggunakan benang, lalu serut sampai kelopaknya menyatu, lalu tambahkan putik di atas kelopak.

4 dari 6 halaman

Bunga Anggrek Warna-Warni

Cara membuat bunga dari plastik juga bisa menggunakan sedotan, salah satunya bunga anggrek warna - warni. 

Bahan:

- 1 buah sedotan pink (Opsional)

- 1 buah sedotan putih

- 1 buah sedotan kuning

- Gunting

Cara membuat bunga:

- Langkah pertama yang harus dilakukan adalah gunting sedotan pink menjadi 3 bagian sama panjang,

- Hal yang sama juga dilakukan, sedotan putih digunting menjadi 4 bagian sama panjang,

- Gunting sedotan kuning menjadi 6 bagian sama panjang,

- Selanjutnya gunting sedotan kuning sesuai pola, dan juga sedotan pink dan putih gunting sesuai pola, kemudian serut semua lembaran sedotan

- Susun putik (sedotan kuning), kelopak putih, lalu kelopak pink

5 dari 6 halaman

Bunga Dahlia

Cara membuat bunga dari kantong plastik. 

- Hal pertama yang perlu dilakukan, buatlah pola menggunakan kertas karton terlebih dahulu, lalu gambarlah pola lingkaran dengan diameter kurang lebih 14 cm.

- Potong pola di kertas karton tersebut lalu letakan pada kantong plastik. Sebelumnya potong lebih dulu bagian atas dan juga bawah kantong plastik. Setelah itu kamu bisa memotong pola lingkaran pada plastik tersebut.

- Selanjutnya buatlah mahkota bunga dengan mengambil salah satu plastik yang telah dipotong menjadi bentuk lingkaran untuk dijadikan mahkota bunga. 

- Lipat plastik lingkaran menjadi 4 bagian, dan pada pinggiran plastik tersebut, kamu hanya perlu memotongnya untuk membentuk mahkota bunga.

- Panaskan bekas lipatan setelah kamu mengguntingnya, lalu bisa membuka lipatan tersebut, maka akan terlihat 8 lekukan untuk mahkota bunga dahlia. 

- Selanjutnya lipat mahkota sesuai dengan lipatan sebelumnya hingga membentuk mahkota dan kemudian panaskan dengan lilin sampai terlihat sedikit gumpalan. 

- Langkah selanjutnya adalah siapkan sisa plastik untuk membuat putik bunga. Membuat putik bunga pun sangat mudah, hanya perlu menyiapkan plastik berbentuk persegi dengan ukuran 7 x 8 cm. Kemudian lipat sesuai dengan lebar yang diinginkan dan gunting sekitar 3 cm pada sisinya.

- Setelah semua tergunting, kamu bisa melilitkan pada kawat yang telah kamu sediakan. Panjang kawat yang dibutuhkan sekitar 15 hingga 20 cm. Bila terlalu panjang, kamu bisa memotongnya menggunakan tang.

- Setelah putik bunga di lilitkan, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan, adalah menusukan mahkota bunga yang sebelumnya dibuat pada kawat. 

- Kencangan mahkota dengan lilitan plastik, dengan cara melilitkan plastik berwarna lain pada kawat hingga mencapai pangkal mahkota.

- Siapkan pot atau wadah dan letakan bunga yang sudah jadi agar nampak indah.

6 dari 6 halaman

Bunga Mawar

Salah satu cara membuat bunga dari plastik, bisa menggunakan sedotan. Sedotan yang termasuk jenis plastik juga menjadi salah satu limbah plastik yang cukup banyak.

Cara membuat bunga dari plastik satu ini cukup mudah.

- Langkah pertama yang harus dilakukan, gunting sedotan vertikal dan potong diagonal. 

- Pertama, kamu hanya perlu untuk menggunting ujung sedotan secara vertikal, dengan ukuran kurang lebih 4 centimeter. Setelah kamu mengguntingnya, lalu potonglah secara diagonal.

- Gulung dengan cara melingkar setelah dipotong, pada bagian bawah sedotan tersebut gulung sedikit demi sedikit hingga rata. 

- Kamu juga perlu menggulungnya melingkari potongan kecil tersebut. Gulung terus hingga seluruh sedotan tergulung dan membentuk bunga mawar kecil.

- Setelah itu, rekatkan sedotan dengan lem yang telah terbentuk bunga mawar, pada bagian akhir kamu perlu memberinya lem agar bunga mawar yang kamu buat tidak mudah terlepas.

- Berikutnya, pasangkan kelopak bunga untuk mempercantik tampilan bunga mawar dari sedotan, dengan membuatnya dari sedotan dengan warna lainnya.

- Langkah selanjutnya, rekatkan kelopak bunga tersebut pada bunga mawar yang telah kamu buat menggunakan lem.

- Terakhir, agar hiasan yang dibuat semakin menarik, maka kamu bisa membuatnya beberapa kali. Selain itu, bunga mawar dari sedotan ini pun bisa diletakkan pada wadah agar tampak lebih menarik.

 

Video Terkini