Sukses

Aglomerasi Adalah Kata Kompleks, Pahami Pengertiannya dalam Bidang Kimia dan Ekonomi

Aglomerasi adalah kata kompleks serta pengertiannya dalam berbagai bidang.

Liputan6.com, Jakarta Aglomerasi adalah salah satu istilah ekonomi yang terjadi pada suatu perusahaan. Salah satu contoh utama dari aglomerasi adalah pengelompokan manufaktur mobil di Prancis. Sebuah konsep yang kuat dalam ekonomi memang memiliki pengaruh yang besar -terhadap cara daerah perkotaan berkembang, di mana perusahaan memilih untuk menempatkan. 

Aglomerasi adalah istilah ekonomi yang digunakan untuk merujuk pada peristiwa yang terjadi di  perusahaan yang terletak berdekatan satu sama lain. Aglomerasi juga berkaitan erat dengan kelompok populasi atau aktivitas bisnis.

Melansir dari Powder & Bulk Solid, aglomerasi adalah istilah umum yang merujuk pada upaya yang dilakukan, dalam mengumpulkan beberapa elemen ke dalam suatu tempat. Dalam ilmu kimia, Aglomerasi diartikan sebagai pengumpulan partikel atau zat menjadi satu. Sedangkan dalam istilah ekonomi aglomerasi merupakan pemusatan yang terjadi pada beberapa perusahaan ke dalam satu wilayah.

Berikut ini Liputan6.com merangkum aglomerasi adalah kata kompleks dari berbagai sumber, Selasa (30/8/2022).  

2 dari 5 halaman

Teori dan Proses Aglomerasi dalam Bidang Ekonomi

Melansir dari study.com, pada intinya teori yang mendasari aglomerasi merupakan bisnis dan sumber daya yang dapat memanfaatkan sejumlah efisiensi dengan berlokasi berdekatan satu sama lain. Sebenarnya ada dua kategori utama aglomerasi

- Ekonomi urbanisasi  

- Ekonomi lokalisasi.

Istilah ekonomi urbanisasi juga mengacu pada manfaat yang akan diterima perusahaan di sejumlah industri berbeda dari kelompok populasi dan infrastruktur. Salah satu contoh yang bagus dari ini adalah pusat perbelanjaan. Meskipun toko-toko dan mal mungkin tidak berhubungan, namun lokasi yang berdekatan memberi mereka kesempatan untuk menggunakan infrastruktur yang sama: gedung, tempat parkir, dan area umum lainnya. Manfaat urbanisasi lain dalam contoh ini adalah toko memiliki kesempatan untuk memasarkan dan menjual kepada pelanggan yang pergi ke mal untuk mengunjungi toko lain.

Ekonomi lokalisasi, sebaliknya, adalah di mana perusahaan-perusahaan dalam industri yang sama akan mendapatkan manfaat dari lokasi yang berdekatan. Manfaat utama dari lokalisasi juga termasuk dalam kemampuan untuk menarik diri dari kelompok pekerja terampil yang sama, yang dikenal sebagai penyatuan tenaga kerja, dan penyebaran ide yang lebih cepat di antara perusahaan-perusahaan dalam industri yang sama, sebuah konsep yang dikenal sebagai limpahan pengetahuan.

3 dari 5 halaman

Teori dan Proses Aglomerasi dalam Bidang Kimia

Aglomerasi dalam bidang kimia merupakan pelekatan partikel satu sama lain atau ke permukaan padat, dan ini adalah fenomena alam. Untuk bubuk dan padatan curah, aglomerasi dapat tidak diinginkan, sehingga mengakibatkan penumpukan yang tidak terkontrol, caking, bridging, atau lumping. Hal ini juga bisa menjadi salah satu proses yang bermanfaat, memanfaatkan pembesaran partikel yang terkontrol untuk meningkatkan sifat bubuk dan mendapatkan produk berkualitas tinggi.

Pembesaran ukuran melalui aglomerasi adalah salah satu dari empat unit operasi rekayasa proses mekanik (teknologi bubuk dan padatan curah). Sehingga melibatkan penggabungan partikel untuk membuat produk dengan ukuran partikel baru. 

Produk dapat datang dalam berbagai bentuk, seperti

- Butiran

- Tablet

- Briket

- Ekstrudat

- Pelet

- Batu bata, atau compacts.

Aglomerasi juga dapat mengubah karakteristik massal partikel padat yang biasanya menjadi lebih baik. Partikel yang lebih besar juga memiliki lebih sedikit debu, menunjukkan perilaku aliran yang lebih baik, serta memiliki kecenderungan lengket yang berkurang. Penyimpanan, penanganan, dan pemberian bahan dengan partikel besar kurang berisiko, bahkan untuk bahan yang sulit.

 

 

4 dari 5 halaman

Metode Aglomerasi

Terdapat tiga metode yang dapat memperbesar partikel padat melalui aglomerasi

- Aglomerasi jatuh/tumbuh

- Aglomerasi tekanan

- Aglomerasi menggunakan panas (sintering).

1. Dalam aglomerasi jatuh/pertumbuhan, terdapat adhesi partikel satu sama lain yang dikendalikan oleh persaingan antara pemisahan terkait volume dan gaya adhesi terkait permukaan. Untuk menyebabkan adhesi permanen, jumlah semua gaya pemisahan dalam sistem (misalnya, gravitasi, inersia, gaya hambat, dll.) harus lebih kecil dari gaya tarik-menarik antara pasangan yang menempel.

Jika padatan berada dalam kisaran mikron, submikron, atau nano (mulai dari sekitar 10 m), adhesi dapat terjadi secara alami bahkan ketika partikel pembentuk aglomerat kering. Dalam kasus partikel yang lebih besar, gaya adhesi harus dihasilkan dengan penambahan pengikat, atau mereka harus ditingkatkan dengan pengkondisian. Juga, kemungkinan tumbukan partikel harus ditingkatkan dengan memberikan konsentrasi partikel padat yang tinggi. Kondisi seperti itu diperoleh dalam piringan miring (panci), drum berputar, pencampur bubuk, dan unggun terfluidisasi.

2. Dalam aglomerasi tekanan, entitas yang diperbesar, dapat dibentuk dengan menerapkan kekuatan eksternal pada padatan partikulat yang pada dasarnya kering dalam cetakan serta kurang lebih tertutup yang menentukan bentuk produk yang diaglomerasi. Karena tingkat gaya yang diterapkan adalah faktor yang paling membedakan, ada teknik tekanan rendah, sedang, dan tinggi. 

3. Dalam aglomerasi menggunakan panas (sintering), atom atau molekul mulai bermigrasi melintasi antarmuka di mana partikel saling bersentuhan. Ini terjadi pada suhu tinggi tertentu, yang berbeda untuk berbagai bahan. Saat masih dalam keadaan padat, materi terdifusi akan membentuk struktur seperti jembatan di antara permukaan, yang memadat saat didinginkan. Pada perlakuan pasca aglomerat, fenomena seperti ini dapat menghasilkan ikatan permanen yang kuat dan/atau sifat akhir yang spesifik pada bagian-bagian yang mungkin telah dibuat oleh hampir semua teknik aglomerasi lainnya.

5 dari 5 halaman

Mengapa Mempelajari Aglomerasi

Melansir dari albert.io, melalui aglomerasi dalam bidang ekonomi kita bisa melihat bagaimana struktur utama kota dapat mempengaruhi wilayah lainnya. Sebuah aglomerasi dapat mengambil keterampilan dan pengaruh dari bagian utama kota dan memasukkannya ke daerah perkotaan dan pinggiran kota di sekitarnya. Ada banyak penelitian tentang aglomerasi yang mungkin ingin dilihat, sehingga para peneliti juga ingin memastikan bahwa aglomerasi itu nyata dan apa yang mereka temukan adalah bahwa itu benar-benar terlihat. 

Hal lain yang harus dipikirkan adalah bagaimana perumahan dan real estat merugikan orang yang tinggal di suatu daerah. Seorang peneliti melihat biaya perumahan yang lebih tinggi sebagai bukti bahwa ada populasi yang lebih tinggi. Mereka juga memikirkan bagaimana area yang lebih luas dapat mempengaruhi harga yang lebih tinggi dan bahwa harga tersebut dapat menarik lebih banyak orang.

- Kesulitan dengan Aglomerasi

Penting untuk dicatat, bagaimanapun, aglomerasi adalah jenis pengelompokan atau penggabungan kekuatan yang tidak harus langsung dan juga tidak ada hubungannya dengan merger antara perusahaan atau kota. Sebaliknya, aspek kota itu atau aspek perusahaan yang berbeda, bekerja bersama yang mungkin tidak selalu disengaja, tetapi cenderung berhasil.

- Bagaimana Aglomerasi Membantu

Penting untuk memahami tujuan aglomerasi dan apa yang dapat dilakukan dalam suatu wilayah, dan itu pasti untuk membantu kota dan wilayah untuk tumbuh dan berkembang sepenuhnya. Misalnya, ini dapat menyediakan hubungan antara berbagai wilayah di kota atau negara bagian bahkan yang memungkinkan lebih banyak angkatan kerja terdidik dari luar wilayah utama. Ini dapat menghasilkan bisnis baru karena keberhasilan dan potensi bisnis saat ini, dan dapat meningkatkan kemampuan bisnis untuk berbagi kumpulan tenaga kerja dan infrastruktur yang dibangun secara unik untuk kesuksesan mereka. 

Video Terkini