Sukses

Pengertian Amanat adalah Nilai dalam Karya Sastra, Ini Ciri-Ciri dan Jenisnya

Amanat adalah pesan dari pengarang atau sastrawan yang menciptakan karya sastra.

Liputan6.com, Jakarta - Amanat adalah bisa ditemukan dalam berbagai macam karya sastra. Apa sebenarnya pengertian amanat itu? Memahami pengertian amanat adalah nilai dalam karya sastra yang disampaikan pengarang atau penulis melalui karyanya.

Pada sebuah novel, film, drama, cerpen, pengertian amanat adalah akan disajikan melalui alur cerita maupun deskripsi secara langsung oleh penulisnya. Kemudian apabila dalam sebuah lagu, puisi, maupun karya sastra lain sejenis, pengertian amanat adalah akan disajikan pada bait maupun secara tidak langsung dengan penafsiran penikmatnya.

Adanya pengertian amanat adalah nilai dalam karya sastra menjadi sangat penting, karena sesungguhnya ini yang menjadikan karya sastra menarik untuk dinikmati. Pengertian amanat adalah sama dengan sajian moral yang bisa diambil pelajarannya oleh pendengar, pembaca, dan mereka yang menikmatinya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang amanat, pengertian amanat menurut para ahli, ciri-ciri amanat, dan jenis-jenis amanat, Rabu (31/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Amanat adalah Nilai dalam Karya Sastra

Memahami pengertian amanat adalah bagian yang pasti ada dalam sebuah karya sastra, baik itu novel, cerpen, puisi, pantun, drama, dan lain sebagainya. Pengertian amanat adalah yang menjadikan karya sastra lebih bernilai, karena mampu menyadarkan tentang tindak-tanduk manusia.

Dalam buku berjudul Dasar Apresiasi Sastra (2009) oleh J. Saryono, sastra yang baik jika di dalamnya termuat cerita yang menyadarkan manusia. Sadar sama dengan ibarat manusia dapat mengetahui tolak ukur menjalankan kehidupan bersosial yang baik dan benar.

Pengertian amanat adalah bagian penting dalam sebuah karya sastra pun dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pengertian amanat adalah gagasan yang mendasari karya sastra. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar.

Dalam buku berjudul Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTS Kelas IX (2010) oleh Wahono dan Abdul Hanif, karya hasil karangan biasanya memuat nilai-nilai moral kehidupan yang bisa dijadikan contoh seorang manusia ketika menjalankan kehidupannya.

Orang awam menyebut amanat adalah sama dengan wejangan. KBBI mengartikan wejangan adalah pesan yang diberikan dari orang tekemuka, orang terpandang, dan orang yang sudah dipercaya oleh masyarakat. Kemudian amanat adalah bisa berarti pula sebagai pesan atau perintah atau keterangan.

3 dari 4 halaman

Pengertian Amanat Menurut Para Ahli

1. Pengertian Amanat Menurut Engkos Kosasih

Pengertian amanat adalah pesan moral yang disampaikan pengarang ke pembaca melalui tulisannya. Pengertian amanat adalah disampaikan agar pembaca bisa menarik kesimpulan daria apa yang pembaca nikmati dari suatu cerita.

2. Pengertian Amanat Menurut Wardoyo

Pengertian amanat adalah ajaran moral atau pesan yang ingin disampaikan pengarang melalui karyanya.

3. Pengertian Amanat Menurut Rusiana

Pengertian amanat adalah pesan moral yang ingin disampaikan pengarang pada pembaca, sebagai akhir permasalahan ataupun jalan keluar yang timbul dalam seuatu cerita. Pengertian amanat adalah renungan yang disajikan kembali oleh pembaca.

4. Pengertian Amanat Menurut Wahyudi Siswanto

Pengertian amanat adalah gagasan yang mendasari karya sastra berisi pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar. Dalam karya sastra modern, amanat adalah biasanya tersirat sedangkan dalam karya sastra lama umumnya tersurat.

5. Pengertian Amanat Menurut Sadikin

Pengertian amanat adalah pemecahan masalah atau disebut juga dengan makna yang diberikah oleh seorang pengarang di dalam suatu karya sastra.

6. Pengertian Amanat Menurut Nurgiyantoro

Pengertian amanat adalah pesan yang didasarkan atas pengetahuan pengarangvyang ingin disampaikan kepada orang lain melalui perantara cerita yang dikatakan atau yang dikarangnya itu. Melalui cerita, sikap dan tingkah laku tokoh-tokoh, pembaca dapat mengambil hikmah dari pesan-pesan moral yang disampaikan dan diamanatkan.

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri dan Jenis Amanat

Apabila sudah memahami pengertian amanat adalah nilai dalam karya sastra, kemudian ketahui ciri-ciri amanat dan jenis-jenis amanat.

Ini penjelasan ciri-ciri amanat yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Ciri-ciri amanat adalah berupa pesan moral yang disampaikan dalam suatu karya sastra.

2. Ciri-ciri amanat adalah umumnya berada di bagian akhir cerita yang disajikan.

3. Ciri-ciri amanat adalah ditekankan dari konflik dan perdebatan yang disajikan dalam suatu karya sastra.

6. Ciri-ciri amanat adalah akan berisi saran, ajakan, imbauan, dan hal-hal baik dalam kehidupan.

Kemudian, dalam buku berjudul Create, Succeed, and Immortalize oleh Siti Kumala dan M. Nisa, jenis-jenis amanat adalah ada dua. Jenis-jenis amanat adalah ada amanat tersurat dan amanat tersirat.

Ini penjelasan jenis-jenis amanat yang dimaksudkan:

1. Amanat Tersurat

Jenis amanat tersurat adalah pesan yang disampaikan secara langsung oleh pengarang. Kemudian jenis amanat tersurat adalah berisi pesan yang sangat jelas oleh pengarang dalam suatu karya sastra.

Pahami bahwa jenis amanat tersurat adalah umumnya berwujud kalimat deskriptif (jika berupa tulisan). Tujuan utamanya adalah amanat tersurat akan lebih mudah dimengerti oleh audiensnya.

2. Amanat Tersirat

Jenis amanat tersirat adalah berupa pesan moral yang bisa diambil dalam cerita. Adanya jenis amanat tersirat adalah berwujud baik secara keseluruhan maupun di bagian tertentu saja.

Amanat tersirat adalah amanat yang disampaikan secara tidak langsung oleh pengarang. Ini sama dengan amanat tersirat adalah pengarang akan secara sembunyi (implisit) menyampaikan amanatnya.

Adanya jenis amanat tersirat adalah bisa diketahui pembaca dari alur cerita. Baik itu disajikan dengan sebuah konflik, perdebatan, dan masih banyak lagi lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.