Sukses

Arti Briefing adalah Pengarahan, Ketahui Manfaatnya

Arti briefing adalah pengarahan berupa aturan hingga motivasi.

Liputan6.com, Jakarta - Apa arti briefing itu? Arti briefing adalah pengarahan, berasal dari bahasa Inggris yang diterjemah dalam bahasa Indonesia. Arti briefing adalah pengarahan yang berhubungan dengan aturan hingga motivasi.

Umumnya kegiatan sesuai arti briefing adalah dilakukan di pagi hari yang disebut morning briefing. Meski demikian, sebenarnya kegiatan sesuai arti briefing adalah tidak selalu dilakukan di pagi hari, ini tergantung pada budaya saja.

Arti briefing adalah pengarahan yang lebih sering diterapkan dalam lingkungan kerja. Selain lingkungan kerja, kegiatan sesuai arti briefing adalah bisa diterapkan dalam situasi yang membutuhkan pengarahan juga.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam arti briefing dan manfaat briefing, Jumat (2/9/2022).

2 dari 4 halaman

Arti Briefing adalah Pengarahan

Memahami arti briefing adalah pengarahan, berasal dari bahasa Inggris yang diterjemah dalam bahasa Indonesia. Arti briefing adalah kata kerja yang mendefisikan situasi tertentu. Hal sama dijelaskan Pustaka Digital Indonesia, arti briefing adalah benar pengarahan dalam bahasa Indonesia.

Arti briefing adalah demikian sering digunakan dalam dunia kerja. Umumnya kegiatan sesuai arti briefing adalah dilakukan pada pagi hari atau sebelum kegiatan kerja dimulai. Tak hanya itu, arti briefing adalah bisa dipahami sebagai kegiatan rapat singkat yang isinya tetap tentang pengarahan.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, kegiatan sesuai arti briefing adalah biasa dilakukan oleh atasan kepada bawahannya. Hal-hal yang dilakukan sesuai arti briefing adalah memberikan arahan berupa visi dan misi, arahan berupa informasi pelaksanaan kerja, aturan, hingga komunikasi yang digunakan selama bekerja sama.

Meski arti briefing adalah pengarahan yang umum dilakukan di pagi hari, sebenarnya kegiatan sesuai arti briefing adalah tidak melulu dilakukan di pagi hari. Pengarahan di pagi hari bisa mewakili arti briefing dan pengarahan di pagi hari bisa disebut pula sebagai morning briefing.

Selain arti briefing adalah menyampaikan arahan berupa aturan kerja, aktivitas ini juga kerap dipraktikkan untuk menyampaikan motivasi kerja kepada para pegawai. Inilah mengapa kegiatan sesuai arti briefing adalah baik diterapkan dalam lingkungan kerja, karena pasti banyak manfaatnya baik kesehatan ekosistem kerja.

3 dari 4 halaman

Manfaat Briefing dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami tentang arti briefing, kemudian ketahui manfaat briefing itu sendiri. Kementerian Keuangan RI dalam situs website resminya menjelaskan ada empat manfaat morning briefing dan sehat diterapkan di lingkungan kerja.

Ini penjelasan manfaat briefing yang dimaksudkan:

1. Membangun dan Menjaga Budaya Disiplin Waktu

Manfaat briefing adalah membangun dan menjaga budaya disiplin waktu. Disiplin waktu ini perilaku yang wajib dimiliki oleh anggota organisasi. Tanpa kedisiplinan, produktivitas seseorang akan berkurang, tidak hanya pada diri sendiri, hingg mengakibatkan penurunan produktivitas rekan kerja.

Bagi yang bekerja di institusi pelayanan, sifat tidak disiplin dapat berakibat pada ketidakpuasan pengguna layanan sehingga berpotensi melukai reputasi organisasi. Kegiatan morning briefing yang rutin atau manfaat briefing adalah yang dilaksanakan di jam-jam tertentu dapat menjadi media membangun dan mempertahankan budaya disiplin waktu pegawai.

2. Mencegah Misinformasi

Manfaat briefing adalah mencegah terjadinya misinformasi. Pada era digital seperti saat ini, sering kali komunikasi dilakukan melalui media tanpa adanya tatap muka, misalnya melalui pesan whatsApp atau email.

Praktik demikian memang tidak salah, tetapi bukan tidak mungkin pesan-pesan yang disampaikan kurang dapat dimengerti atau disalahartikan oleh penerima pesan hingga mengakibatkan misinformasi.

Morning briefing atau manfaat briefing adalah berupa media tatap muka yang tepat untuk mengkonfirmasi informasi yang sebelumnya telah disampaikan secara tidak langsung, sehingga pesan tersebut dapat secara efektif diterima oleh si penerima pesan.

3. Menggali Potensi Sinergi

Manfaat briefing adalah memungkinkan penggalian potensi yang sinergi. Kegiatan ini memungkinkan setiap orang atau unit menyampaikan informasi berkaitan dengan rencana aktivitas kerja. Hal tersebut membuka potensi untuk terjalinnya sinergi antar unit yang berkaitan.

Misalnya saja dalam kegiatan yang melibatkan pihak eksternal, unit teknis dapat meminta bantuan kepada unit kehumasan untuk membantu komunikasi dengan pihak tersebut serta melakukan publikasi sehingga kegiatan dapat berjalan lebih optimal.

4. Meningkatkan Awareness Pegawai Terhadap Isu Organisasi

Manfaat briefing adalah mampu meningkatkan awareness pegawai terhadap isu organisasi. Selain mampu meningkatkan awareness, dengan disampaikannya informasi dan isu organisasi dalam kegiatan ini, seluruh pegawai dari setiap level dapat turut memberikan pendapat atau solusi. Ini menjadikan rasa kepemilikan pegawai terhadap visi dan misi organisasi akan semakin bertambah.

4 dari 4 halaman

Kata-Kata Motivasi untuk Briefing

1. “Semua orang memiliki saat-saat di atas dan di bawah yang mereka harus ambil pelajaran dari situ, tetapi setiap pagi saya memulai hari dengan berkata kepada diri saya, 'Ini akan menjadi hari yang baik!” - Lindsay Lohan.

2. “Setiap hari saya merasa bahwa ini adalah berkat dari Tuhan. Dan saya menyadari bahwa setiap hari adalah permulaan yang baru. Ya, semuanya terasa cantik.” – Prince.

3. “Ketika kamu bangun di pagi hari, pikirkanlah apa hal yang istimewa untuk hidup, untuk bernapas, berpikir, menikmati, dan mencintai.” - Marcus Aurelius.

4. “Kesempatan itu seperti matahari terbit. Ketika kamu menunggu terlalu lama, kamu akan kehilangannya.” - William Arthur Ward.

5. “Tidak pernah ada malam atau masalah yang bisa melawan matahari terbit atau harapan.” - Bernard Williams.

6. “Berterima kasihlah kepada Tuhan setiap pagi ketika kamu bangun karena kamu memiliki pekerjaan pada hari itu, yang mana harus diselesaikan, suka atau tidak suka.” - James Russell Lowell.

7. “Berjalan di pagi hari adalah berkat untuk sepanjang hari.” - Henry David Thoreau.

8. "Tanpa bekerja, semua kehidupan akan membusuk. Tetapi ketika bekerja tanpa jiwa, maka kehidupan akan tercekik dan mati." - Albert Camus

9.  "Gagal itu makanan sehari-hari. Itu biasa, yang penting bagimana - kamu menyikapinya. Evaluasi. Bangkit. Gagal lagi? Bangkit lagi!" - Chairul Tanjung

10.  "Penghargaan paling tinggi bagi seorang pekerja keras bukanlah apa yang dia peroleh dari pekerjaan itu, tapi seberapa berkembang ia dengan kerja kerasnya itu." - John Ruskin

11. "Terima tanggung jawab dalam hidupmu. Ketahuilah bahwa kamu lah yang akan membawa dirimu ke mana kamu ingin pergi, bukan orang lain." - Les Brown

12. "Kesuksesan bersumber dari perbuatan. Orang yang sukses terus melakukan usaha. Orang sukses bahkan membuat kesalahan, namun mereka tidak berhenti usaha." - Cobrad Hilton

13. "Bekerjalah saat waktunya bekerja, bermainlah saat waktunya bermain. Hal tersebut adalah aturan dasar dari kedisiplinan diri yang represif." - Theodor Adorno

14. "Pemimpin berpikir dan berbicara tentang solusi. Pengikut berpikir dan berbicara tentang masalah." - Brian Tracy

15. "Dalam kesuksesan, kemauan kamu untuk sukses harus lebih besar daripada ketakutan anda akan kegagalan." - Bill Cosby