Sukses

16 Cara Menurunkan Panas dengan Bahan Alami, Serta Langkah Menggunakannya

Cara menurunkan panas pada tubuh dengan menggunakan berbagai bahan alami serta cara menggunakannya.

Liputan6.com, Jakarta Cara menurunkan panas tidak hanya dengan mengonsumsi obat penurun panas, namun bisa juga dengan mengonsumsi beberapa bahan alami yang dapat dengan mudah ditemui di rumah. Meski dapat hilang dengan sendirinya panas pada tubuh dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya, apalagi jika disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala.

Terutama saat musim panas datang, banyak dari kita mencari cara menurunkan panas pada tubuh agar tetap bisa merasa sejuk sambil tetap menikmati cahaya matahari. Merupakan hal yang umum terjadi, panas biasanya tidak membutuhkan penanganan khusus karena merupakan reaksi alami tubuh.

Penting untuk mengetahui cara menurunkan panas, untuk bisa segera mengatasi ketidaknyamanan pada tubuh. Lebih penting lagi untuk mengetahui cara menurunkan panas dengan bahan alami sebelum mengonsumsi obat. Hal ini untuk mengurangi resiko jangka panjang yang mungkin timbul akibat terlalu sering mengonsumsi obat-obatan.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang cara menurunkan panas tubuh dengan menggunakan berbagai bahan alami yang mudah ditemukan di rumah, Senin (5/9/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Panas Dengan Bahan Alami

1. Ketumbar

Ketumbar dianggap sebagai ramuan pendingin. Satu studi pada tahun 2017 mencatat bahwa ketumbar mungkin memiliki sifat antioksidan, antikanker, dan neuroprotective.

Ini juga terbukti memiliki efek positif pada gula darah meskipun penelitian lebih lanjut termasuk manusia diperlukan. Cara menggunakan ketumbar untuk menurunkan panas adalah cukup dengan menjadikan Ketumbar sebagai salah satu bahan tambahan untuk sup, saus, dan salad.

2. Mawar

Mawar adalah tanaman yang populer dan serbaguna dalam pengobatan herbal tradisional, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Penelitian menunjukkan bahwa mawar dapat meringankan rasa sakit, meredakan luka bakar, mengurangi depresi dan meningkatkan disfungsi seksual. Cara menggunakannya adalah dengan mengolahnya menjadi aromaterapi atau air mawar, atau bisa juga diminum sebagai teh.

3. Chamomile

Teh chamomile terkenal karena kemampuannya untuk menenangkan pencernaan, menenangkan saraf, dan membantu tidur nyenyak. Teh chamomile juga membantu untuk mengatasi sejumlah besar penyakit, termasuk luka, iritasi kulit, eksim, memar, luka bakar, dan ruam. Cara menggunakannya selain minum olahan tehnya, anda dapat menggunakan minyak chamomile secara topikal untuk meredakan ruam, eksim, radang sendi, dan sakit punggung.

4. Kembang Sepatu

Pohon kembang sepatu menghasilkan bunga hias yang indah yang dapat digunakan untuk membuat berbagai bahan pengobatan salah satunya untuk menurunkan panas. Teh kembang sepatu juga memiliki manfaat untuk kesehatan kardiovaskular, peradangan dan resistensi insulin. Cara menggunakannya bunga kembang sepatu adalah dengan membuat teh atau bisa juga digunakan dalam makanan, selai, atau salad.

3 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Panas Dengan Bahan Alami

5. Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal karena keefektifannya dalam mendinginkan dan menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Selain itu lidah buaya juga memiliki sifat imunomodulator, hipoglikemik, antikanker, antijamur dan antiinflamasi. Cara menggunakan Lidah buaya disa dengan secara topikal atau ditambahkan ke makanan, smoothie, dan minuman.

6. Daun Mint

Mint terkenal dengan sensasi dinginnya, dan sering digunakan dalam lip balm, sirup obat batuk, dan bahkan minuman.  Minyak peppermint juga digunakan secara luas dalam pengobatan herbal untuk masalah pencernaan. Minyak peppermint dapat membantu dalam relaksasi otot perut. Cara menggunakannya adalah dengan mengolahnya sebagai teh atau buat spritzer untuk disemprotkan ke tubuh.

7. Minum Cairan Dingin

Cara menurunkan panas yang berikutnya adalah dengan meminum cairan dingin. Minum cairan dingin seperti air es atau es teh dapat membantu menurunkan suhu tubuh dengan mendinginkan tubuh secara internal. Asupan cairan yang teratur juga dapat mencegah dehidrasi yang dapat meningkatkan panas tubuh. Sehingga konsumsi cairan dingin dapat mendinginkan tubuh.

8. Oleskan Es Ke Titik-titik Penting pada Tubuh

Langkah selanjutnya adalah mengoleskan sumber rasa dingin atau es ke titik-titik strategis pada tubuh dimana pembuluh darah dekat dengan permukaan seperti pergelangan tangan, leher, dada, dan pelipis, langkah ini dapat dengan cepat menurunkan suhu darah yang mengalir melalui pembuluh darah.  Hal ini dapat membuat tubuh terasa lebih sejuk.

4 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Panas Dengan Bahan Alami

9. Kenakan Pakaian yang Ringan dan Menyerap Keringat

Panas lebih mudah melewati beberapa kain daripada yang lain. Kain seperti katun dan linen, memungkinkan panas keluar dari tubuh lebih mudah daripada kain sintetis, seperti akrilik dan nilon. Gunakan pakaian yang ringan dan dapat menyerap keringat dengan baik untuk mengurangi rasa panas yang dirasakan tubuh. Cara ini kemudian akan membantu menurunkan panas pada tubuh.

10. Merendam Kaki di Air Dingin

Menempatkan kaki anda di rendaman dalam air dingin dapat mendinginkan tubuh anda dan memungkinkan anda untuk duduk dan rileks. Cukup tambahkan air dingin dan es batu ke dalam ember bersih. Benamkan kaki anda dan rendam hingga 20 menit. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint untuk efek pendinginan tambahan.

11. Air Kelapa

Minum air kelapa adalah cara yang bagus untuk menyegarkan dan merevitalisasi tubuh dari panas. Vitamin, mineral, dan elektrolit dalam air kelapa menjadikannya cara yang efektif untuk rehidrasi dan reenergize tubuh ketika anda mengalami kenaikan suhu panas pada tubuh. Air kelapa juga memiliki banyak manfaat lainnya yang baik untuk tubuh.

12. Makanan yang Menghidrasi

Cara menurunkan panas yang selanjutnya adalah makan banyak makanan yang tinggi kandungan air. Buah-buahan seperti melon, semangka, dan stroberi adalah pilihan yang baik.

Cobalah makan banyak sayuran seperti mentimun, dan kembang kol. Anda bisa makan makanan ini mentah dalam salad. Sebagai alternatif, anda bisa menambahkan sedikit es untuk menjadikannya smoothie yang sehat karena yogurt juga merupakan makanan pendingin.

5 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Panas Dengan Bahan Alami

13. Mentega Susu

Minum buttermilk dapat membantu mendinginkan tubuh dan meningkatkan metabolisme. Ini juga penuh dengan probiotik, vitamin, dan mineral yang akan membantu memulihkan energi alami tubuh anda jika anda merasa energi terkuras oleh panas. Cobalah minum segelas buttermilk dingin yang bisa juga ditambahkan madu atau yogurt.

14. Cabai

Meskipun makan makanan pedas dapat membuat anda merasa hangat, makanan pedas juga dapat membantu menurunkan panas dan suhu tubuh anda. Itu karena capsaicin dalam cabai mengirimkan pesan ke otak untuk memberi sinyal bahwa tubuh anda kepanasan. Ini menyebabkan anda berkeringat lebih dari biasanya dan membawa efek pendinginan.

15. Lemon

Penelitian telah menunjukkan bahwa lemon yang kaya akan vitamin C dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Hal ini juga dapat melembabkan dan mengoksidasi tubuh, untuk membantu meningkatkan energi dan merasa segar selama musim panas. Untuk membuat jus lemon, peras setengah lemon, tambahkan sedikit garam dan 1 sdt gula kemudian campur dengan air dingin.

16. Bawang

Bawang bombay juga memiliki efek mendinginkan. Hal ini karena bawang kaya akan quercetin, yang bertindak sebagai anti-alergi. Hal ini juga bermanfaat untuk melindungi anda dari sengatan matahari.

Dan inilah alasan utama, mengapa banyak orang tua membuat campuran bawang merah dan mangga mentah setiap musim panas. Anda dapat menggunakan bawang dalam bentuk mentah dengan menambahkan lemon dan sedikit garam dengan sayur dan menjadikannya salad atau sandwich.