Sukses

Pengertian Habitat adalah Tempat Tinggal Khas dari Organisme, Ini Fungsinya

Habitat adalah tempat tinggal.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami pengertian habitat adalah penting ketika sedang belajar ilmu Biologi. Pengertian habitat adalah tempat tinggal khas dari organisme atau makhluk hidup. Habitat adalah tempat di mana organisme mempertahankan hidupnya.

Dalam buku berjudul Memahami Saling Ketergantungan dalam Ekosistem oleh Wahyu P.P., pengertian habitat adalah tempat tinggal makhluk hidup untuk melangsungkan hidupnya secara normal. Kemudian apa saja fungsi habitat itu?

Memahami fungsi habitat adalah tempat melangsungkan aktivitas makhluk hidup, memelihara stabilitas ekosistem, hingga mampu meningkatkan keanekaragaman sumber daya alam, seperti flora dan fauna khususnya. Itulah penjelasan singkat tentang habitat yang perlu diketahui.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang habitat, pengertian habitat menurut para ahli, fungsi habitat, dan macam-macam habitat, Selasa (6/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Habitat adalah Tempat Tinggal Khas dari Organisme

Memahami pengertian habitat adalah tempat tinggal makhluk hidup dengan kondisi lingkungan tertentu. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan pengertian habitat adalah tempat bagi organisme terbentuk, baik dari keadaan luar yang ada di situ, baik secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi organisme tersebut.

Pengertian habitat adalah tempat tinggal yang memungkinkan organisme atau makhluk hidup melakukan adaptasi untuk bertahan hidup. Begitu pula, pengertian habitat adalah tempat di mana organisme bisa saling berinteraksi datu dengan lainnya. Dalam konsep sederhana, pengertian habitat adalah tempat tinggal yang khas.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian habitat menjadi tiga. Pengertian habitat adalah tempat tinggal khas bagi seseorang atau kelompok masyarakat. Dalam ilmu Biologi, pengertian habitat adalah tempat hidup organisme tertentu atau tempat hidup yang alami (bagi tumbuhan dan hewan) atau lingkungan kehidupan asli.

Kemudian dalam ilmu Geografi, pengertian habitat adalah tempat kediaman atau kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia dengan kondisi tertentu pada permukaan bumi. Ditegaskan dalam buku berjudul Memahami Saling Ketergantungan dalam Ekosistem oleh Wahyu P.P., pengertian habitat adalah tempat tinggal makhluk hidup untuk melangsungkan hidupnya secara normal.

3 dari 4 halaman

Pengertian Habitat Menurut Para Ahli

Apabila sudah memahami tentang pengertian habitat secara umum, kemudian ketahui pula pengertian habitat menurut para ahli. Ini pengertian habitat menurut para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Pengertian Habitat Menurut Ngamel (1988)

Pengertian habitat adalah suatu ruang organisme untuk melakukan segala kegiatan atau aktivitas dalam kehidupan sehingga hal itu dapat tercermin dalam daerah jelajahnya.

2. Pengertian Habitat Menurut Budiharsanto (2006)

Pengertian habitat adalah ruang untuk koeksistensi yang tidak antar kehidupan mahluk hidupp sehingga mampu menunjukan kesesuai, antara karaketristik dan kebutuhan mahluk hidup tersebut.

3. Pengertian Habitat Menurut Alikodra

Pengertian habitat adalah kawasan yang terdiri dari komponen fisik maupun abiotik yang merupakan satu kesatuan dan dipergunakan sebagai tempat hidup serta berkembang biaknya satwa liar.

4. Pengertian Habitat Menurut Kramadibrata (dalam Budiharsanto, 2006)

Pengertian habitat adalah bagian daripada sistem pengaruh mikro habitat terhadap keseusian keanekaragaman jenis.

5. Pengertian Habitat Menurut Qdum (1993)

Pengertian habitat adalah semua tempat yang ditinggali oleh makhluk hidup untuk berkembangbiak dalam jangka waktu tertentu.

6. Pengertian Habitat Menurut Sambas Wirakusumah

Pengertian habitat adalah toleransi dalam orbit di mana suatu spesies hidup termasuk faktor lingkungan yang cocok dengan syarat hidupnya. Orbit adalah ruang kehidupan spesies lingkungan geografi yang luas, sedangkan habitat menyatakan ruang kehidupan lingkungan lokasinya.

7. Pengertian Habitat Menurut Clements dan Shelford (1939)

Pengertian habitat adalah segala bentuk bagian daripada lingkungan fisik yang ada di dalam spesies atau komunitas tertentu.

8. Pengertian Habitat Menurut Morrison

Pengertian habitat adalah sumber daya dan kondisi yang ada di suatu kawasan yang berdampak ditempati oleh suatu spesies. 

4 dari 4 halaman

Fungsi Habitat dan Macam-Macam Habitat

Memahami fungsi habitat adalah paling utama sebagai tempat tinggal dan bertahan hidup suatu organisme sebagaimana pengertian habitat yang sudah dijelaskan. Meski demikian, sebenarnya fungsi habitat adalah bukan hanya demikian.

Fungsi Habitat:

Dalam buku berjudul Pembangunan Kota Hijau oleh Chafid Fandeli dan ‎Muhamad, fungsi habitat adalah hampir sama dengan ekosistem. Selain itu, fungsi habitat adalah tempat berlangsungnya aktivitas makhluk hidup.

1. Fungsi habitat adalah tempat berlangsungnya aktivitas makhluk hidup.

Kemudian dalam buku berjudul Kembali ke Jalan Lurus (Esai-Esai 1966-99) oleh Emil Salim, fungsi ekosistem yang mirip dengan fungsi habitat adalah sebagai berikut:

2. Fungsi habitat adalah menumbuhkan saling keterkaitan antara sumber daya alam sebagai komponen lingkungan.

3. Fungsi habitat adalah menciptakan keanekaragaman, sehingga sumber daya alam terdiri dari fauna dan flora yang beranekaragam. Semakin beraneka ragam komponen lingkungan, semakin stabil suatu ekosistem.

4. Fungsi habitat adalah menciptakan keberlanjutan atau sustainability yang dimilikinya, sehingga komponen lingkungan berupa fauna dan flora terus tumbuh berkembang secara berkelanjutan selama proses pertumbuhannya tidak terganggu.

5. Fungsi habitat adalah memelihara stabilitas ekosistem.

6. Fungsi habitat adalah memelihara efisiensi dalam sistem ekosistem. Tidak ada komponen yang tidak berguna, semua berfungsi secara efisien.

Macam-Macam Habitat:

Selain memahami fungsi kemudian ketahui macam-macam habitat yang ada di dunia ini. Dalam buku berjudul Konsep Dasar Ipa Habitat Hewan dan Lingkungannya oleh Irma Sovianti, dkk, ada dua macam habitat yang perlu diketahui.

1. Habitat Daratan

Macam habitat adalah pertama habitat daratan. Ini macam habitat, menjadi bagian dari permukaan bumi yang berupa hamparan tanah yang luas.

Hewan yang berhabitat di daratan cenderung bernapas menggunakan paru-paru, sedangkan tumbuhannya melakukan fotosintesis.

Contoh hewan yang habitatnya di daratan adalah harimau, singa, gajah, kijang, dan lainnya, sedangkan tumbuhan adalah pohon jati, pohon kelapa, dan lain-lain.

2. Habitat Perairan

Macam habitat adalah kedua habitat perairan. Ini macam habitat yang berupa tempat tinggal makhluk hidup, berupa perairan, baik di sungai, danau, rawa, dan laut.

Makhluk hidup di lautan memiliki sejumlah perbedaan dengan hewan yang habitatnya di darat jika dilihat dari proses kelangsungan kehidupannya.

Contoh tumbuhan yang hidup di habitat perairan adalah alga, mangrove, teratai air, rumput laut, dan lain-lain. Sementara hewan yang habitatnya di air adalah ikan, udang, kepiting, cumi-cumi, kuda laut, dan sebagainya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.