Sukses

13 Penyebab Flek Hitam di Wajah yang Tak Disadari, Salah Satunya Diabetes

Berikut adalah 13 penyebab flek hitam di wajah yang jarang disadari.

Liputan6.com, Jakarta Perubahan hormon dan faktor usia menjadi penyebab flek hitam di wajah yang sudah umum diketahui. Selain itu, masih ada banyak penyebab flek hitam di wajah, termasuk faktor penyakit.

Flek hitam atau hiperpigmentasi, terjadi ketika beberapa area kulit memproduksi lebih banyak melanin dari biasanya. Melanin memberi warna pada mata, kulit, dan rambut.

Flek hitam di wajah sebenarnya adalah kondisi yang tidak perlu dikhawatirkan. Hanya saja keberadaan flek hitam di wajah dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Tergantung penyebab flek hitam di wajah, orang mungkin menyebut beberapa jenis flek hitam pada kulit age spot atau bintik matahari.

Pada artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai penyebab flek hitam di wajah, seperti yang sudah dirangkum Liptan6.com dari berbagai sumber, Kamis (8/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab Flek Hitam di Wajah

1. Penggunaan Produk Kosmetik yang Salah

Penggunaan produk kosmetik yang tidak sesuai bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah. Sebab, beberapa kosmetik mengandung bahan kimia tertentu yang dapat memicu melanocyte yang memproduksi melanin.

Tak hanya itu, beberapa bahan kosmetik juga bisa memicu fotosensitivitas, yang membuat kulit wajah jadi sensitif terhadap sinar matahari.

Efek buruk dari sinar matahari ini bisa membuat kulit makin cepat menimbulkan flek hitam. Jadi, sebisa mungkin kamu untuk lebih jeli lagi dalam memilih kosmetik yang kamu gunakan.

2. Perubahan Hormon Tubuh

Perubahan hormon juga bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah. Misalnya saja pada perempuan yang sedang hamil. Perempuan hamil kerap mengalami perubahan warna kulit atau munculnya flek hitam di wajah. Perubahan ini biasanya wajar dan akan menghilang dengan sendirinya.

3 dari 7 halaman

Penyebab Flek Hitam di Wajah

3. Lampu dalam Ruangan

Tak banyak orang mengetahui bahwa lampu di dalam ruangan bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah. Hal tersebut karena cahaya atau lampu neon dapat memengaruhi hiperpigmentasi kulit.

Bahkan cahaya pada komputer, ponsel, dan televisi juga dapat memengaruhinya. Untuk mencegahnya, kamu dapat menggunakan tabir surya setiap hari sebelum menjalani rutinitas.

4. Usia

Usia merupakan salah satu penyebab flek hitam di wajah. Seseorang yang sudah berusia lanjut pasti akan lebih rentan mengalaminya. Pada usia ini, kulit wajah akan kehilangan elastisitasnya.

Kondisi ini membuat kulit lebih rentan terhadap bintik-bintik gelap dan sel-sel kulit yang rusak. Flek hitam yang muncul karena usia disebut lentigine. Lakukan pencegahan dengan menggunakan krim anti-penuaan sejak usia tiga puluhan agar elastisitas kulit terjaga.

4 dari 7 halaman

Penyebab Flek Hitam di Wajah

5. Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Penyebab flek hitam di wajah yang paling utama yaitu karena paparan paparan sinar matahari yang berlebihan. Flek hitam muncul karena peningkatan produksi melanin di kulit, terutama setelah wajah terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet. Melanin adalah pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang.

Sebaiknya, kamu menggunakan tabir surya secara rutin untuk mencegah penyebab flek hitam. Tak hanya digunakan saat cuaca panas, tabir surya harus digunakan setiap waktu meskipun sedang hujan. Hal ini untuk mencegah terjadinya perubahan warna pada kulit. Gunakanlah tabir surya setiap dua jam sekali.

6. Memencet Jerawat

Bagi sebagian orang, bekas jerawat bisa meninggalkan noda hitam yang sangat sulit untuk hilang. Biasanya, bekas ini bisa terjadi karena jerawat tersebut sengaja dipecahkan sebelum matang atau mengalami radang.

Padahal memencet jerawat dapat memicu peradangan dan membuat bekas jerawat bertahan lebih lama.

Peradangan jerawat dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel keratinosit basal yang merupakan bagian dari struktur kulit manusia. Alhasil, tubuh memproduksi melanin secara berlebihan yang dapat memicu hiperpigmentasi pada kulit. Penyebab flek hitam ini perlu kamu hindari.

5 dari 7 halaman

Penyebab Flek Hitam di Wajah

7. Faktor Keturunan

Pada sebagian orang, kulit wajah bisa tetap selalu mulus walaupun sudah tua. Namun sebagian lainnya genetika bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah, bahkan di usia muda.

Di sini, kamu bisa coba melihat kondisi kulit kedua orang tuamu, terutama ibu. Apabila ia tampak mengalami flek hitam, maka ada kemungkinan flek hitam juga akan muncul di kulitmu.

Untuk mencegah penyebab flek hitam ini, kamu bisa menggunakan perlindungan khusus untuk kulit wajah atau sunscreen, menghentikan kebiasaan merokok, dan memilih kosmetik yang tepat.

8. Kurang Asupan Vitamin

Vitamin merupakan salah satu hal penting yang turut mendukung kesehatan kulit wajah. Untuk itu, bila kamu melewatkan menutrisi wajah dengan vitamin, maka jangan heran kalau pigmentasi pada wajah sangat terlihat jelas.

Pastikan kamu mendapatkan asupan vitamin B12, K, dan juga vitamin E untuk mencegah munculnya penyebab flek hitam.

6 dari 7 halaman

Penyebab Flek Hitam di Wajah

9. Terlalu Banyak Menggunakan Asam Retinoat

Beberapa produk kecantikan yang mengandung hydroquinone dan retinoic acid berguna untuk merawat wajah dari flek hitam. Namun, alih-alih dapat membersihkannya, penggunaan yang terlalu lama dan dalam dosis tinggi justru dapat memperburuk kulit Anda. Sebaiknya, Anda mengosultasikan hal tersebut ke dokter agar mengetahui cara penggunaan produk ini dengan benar.

10. Efek samping obat

Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan pigmentasi kulit dan menjadi penyebab flek hitam di wajah. Penyebab paling umum adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), tetrasiklin, dan obat psikotropika.

11. Peradangan

Peradangan pada kulit bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah. Peradangan dapat terjadi karena berbagai alasan yang meliputi eksim, psoriasis, cedera pada kulit, dan jerawat.

7 dari 7 halaman

Penyebab Flek Hitam di Wajah

12. Penyembuhan luka

Bintik-bintik gelap mungkin tetap ada setelah gigitan serangga, luka bakar, atau luka sembuh. Ini mungkin memudar seiring waktu.

13. Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap. Dengan kata lain, diabetes dapat menjadi penyebab flek hitam di wajah. Kondisi yang terkait dengan diabetes termasuk acanthosis nigricans, yang menyebabkan kulit menjadi gelap, seperti beludru, dan bintik-bintik atau dermopati diabetik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.