Sukses

5 Penyebab WiFi Limited dan Cara Memperbaikinya, Jangan Salah Langkah

penyebab WiFi Limited Access dan cara memperbaikinya

Liputan6.com, Jakarta Penyebab WiFi Limited bisa karena banyak faktor yang memengaruhi. WiFi Limited Access merupakan masalah yang biasa dialami oleh setiap pengguna WiFi, baik pengguna personal maupun pengguna bersama. WiFi yang menunjukan notifikasi Limited Access biasanya tidak dapat tersambung ke Internet.

Penyebab WiFi Limited ini mulai dari hal dasar seperti lokasi router hingga kuantitas pengguna yang terlalu banyak. WiFi Limited Access biasanya terjadi ketika perangkat tidak dapat menerima sinyal internet, meskipun perangkat telah terhubung ke koneksi internet atau router yang ada.

Saat perangkat mengalami WiFi Limited Access, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui penyebab WiFi Limited, baru kemudian permasalahan koneksi ini bisa segera diperbaiki dengan efektif. Penting untuk memperbaiki perangkat dengan tepat, agar kerusakan tidak terjadi pada bagian lain perangkat.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/9/2022). Tentang penyebab WiFi Limited Access dan cara memperbaikinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab WiFi Limited dan Cara Memperbaikinya

Berikut adalah beberapa alasan paling umum di balik Wi-Fi yang lambat dan bermasalah. Ada juga beberapa solusi praktis untuk memperbaikinya sehingga Anda dapat meminimalkan waktu henti internet tanpa harus menghubungi penyedia layanan internet (ISP) Anda.

1. Jarak dari router

Penyebab WiFi Limited yang pertama adalah jarak perangkat dengan router yang terlalu jauh. Hal ini karena semakin jauh anda dari router fisik, semakin lemah koneksi internet. Jika Anda mengalami masalah koneksi Wi-Fi menggunakan internet di ruang lain, sementara router berada di ruangan lain di sisi lain rumah, anda mungkin mengalami WiFi Limited Access.

Sinyal router harus menempuh jarak yang jauh dan melewati furnitur dan dinding, yang menyebabkannya melemah sinyal saat menuju perangkat. Beberapa produk Wi-Fi yang lebih baru mungkin memiliki jangkauan yang sedikit lebih luas, tetapi anda akan merasakan kekuatan sinyal maksimum saat mendekati sumbernya.

Cara memperbaiki: Perbaikan termudah untuk masalah ini adalah bergerak lebih dekat ke router. Sebagai aturan praktis, router Wi-Fi dapat mengirimkan sinyal secara efektif hingga jarak 100 kaki, jadi tempatkan Router WiFi pada lokasi yang tepat dirumah untuk bisa menjangkau semua ruangan dengan rata.

Router memancarkan sinyal dari semua sudut, jadi tidak bijaksana untuk menempatkannya di ujung rumah di mana setengah dari sinyal akan diserap oleh dinding. Saat mempertimbangkan dimana harus meletakkannya, identifikasi lokasi yang menjadi pusat sebagian besar ruangan di rumah

3 dari 4 halaman

Penyebab WiFi Limited dan Cara Memperbaikinya

2. Lokasi router

Penyebab WiFi Limited selanjutnya juga bisa karena lokasi router. Banyak pemilik rumah memiliki kecenderungan untuk menutup router mereka di lemari, di rak bawah, di belakang peralatan, dan di bawah furniture sehingga tidak terlihat atau mengganggu desain rumah mereka. Jika anda menyembunyikan router, anda juga dapat memperlambat sinyal dengan memberikan lebih banyak media untuk dilewati sebelum mencapai perangkat.

Cara memperbaiki: Anda harus meletakkan route di rak tinggi di lokasi pusat di mana akan ada gangguan sinyal minimal.

3. Bandwidth terbatas dan frekuensi padat

Rumah dan kantor adalah tempat umum bagi orang untuk menggunakan perangkat router WiFi secara bersamaan. Banyaknya pengguna membuat adanya persaingan untuk mendapatkan sinyal internet. Persaingan ini menyebabkan kecepatan internet yang lambat dan menyebarkan sinyal yang tipis, terutama jika anda membiarkan router anda pada frekuensi yang belum diatur ulang.

Cara memperbaiki: Menurut penelitian internet tersibuk dari jam 1 siang sampai 11 malam. Ketika anda memiliki hal-hal penting untuk dilakukan dengan internet, buatlah rencana untuk melakukannya di luar jam sibuk.

4. Router usang

Rata-rata router hanya berfungsi secara efektif selama dua hingga lima tahun hingga akhirnya kian melambat dan tidak lagi dapat mendukung teknologi yang lebih baru. Saat router anda mencapai akhir masa pakainya, anda akan melihat gangguan konstan dan koneksi internet yang lambat, jangkauan terbatas, dan panas berlebih.

Cara memperbaiki: Jika panas berlebih mulai mempengaruhi kinerja router anda, solusinya adalah memindahkan perangkat ke tempat yang memungkinkan aliran udara yang baik. Anda bahkan dapat mempertimbangkan untuk menjalankan kipas di atasnya untuk mencegah kerusakan akibat panas dari waktu ke waktu.

4 dari 4 halaman

Penyebab WiFi Limited dan Cara Memperbaikinya

5. Orang Asing Menggunakan dan Meretas WiFi Anda

Jika jaringan nirkabel anda tidak cukup terlindungi, mudah bagi tetangga anda dan orang lain di sekitar anda untuk memutuskan koneksi internet tanpa sepengetahuan anda. Berbagi sinyal anda dengan orang-orang di luar rumah anda bukan hanya masalah keamanan, tetapi juga memperlambat WiFi secara signifikan.

Cara memperbaiki: Atur kata sandi dan rahasiakan kata sandi dari semua orang yang tidak anda inginkan. Kata sandi harus cukup kuat untuk membuat nya sulit diakses oleh siapa pun yang mencoba meretasnya. Jadi cobalah untuk membuat kata sandi dengan standar privasi setara kabel (WEP) dimana terdapat angka, huruf kapital dan tanda baca didalamnya.

Selain mengatur kata sandi, anda juga harus mengatur keamanan jaringan. Ingatlah untuk memperbarui router anda secara teratur dan periksa perangkat asing yang mungkin menggunakan jaringan anda. Tindakan pencegahan sederhana ini memastikan bahwa hanya anda dan pengguna resmi  yang dapat mengakses Wi-Fi untuk kecepatan optimal.

Demikian informasi tentang penyebab WiFi Limited Access dan cara memperbaikinya, Internet merupakan hal yang penting bagi kehidupan di jaman yang serba berbasis teknologi saat ini, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi kendala teknologi yang umum dihadapi untuk dapat memaksimalkan teknologi yang ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.