Sukses

15 Penyebab Sering Mimisan pada Anak dan Cara Mengatasinya

Penyebab sering mimisan pada anak tidak selalu masalah kesehatan yang serius.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi apa saja yang bisa menjadi penyebab sering mimisan pada anak? Penyebab mimisan pada anak sebenarnya bukan masalah serius dan tidak membahayakan. Meski begitu, bukan tidak mungkin ini gejala masalah kesehatan serius.

Wali anak harus memahami situasi dan kondisi ketika anak mengalami mimisan. Ini mengingat cuaca kemarau yang ekstrem bisa menjadi penyebab sering mimisan pada anak. Udara yang kering dan tidak lembap, lebih berisiko melukai hidung anak ketika disentuh.

Para ahli pun menegaskan penyebab sering mimisan pada anak bisa mengindikasi masalah kesehatan serius. Misalnya saja tekanan darah tinggi, tumor, kelainan hidung, kanker, infeksi, hingga cedera. Sering mimisan harus diwaspadai jika anak mengalami gejala penyerta yang membuatnya berbeda dari biasanya.

Agar lebih memahami kondisi anak sering mimisan, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam penyebab sering mimisan pada anak dan cara mengatasinya, Jumat (16/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Sering Mimisan pada Anak

Anak yang sering sekali mimisan memang mengkhawatirkan, tetapi ini sebenarnya kelainan yang lumrah terjadi. Dunia medis menyebut kondisi mimisan pada anak sebagai epistaksis. Kelainan tidak parah yang menjadi penyebab sering mimisan pada anak Liputan6.com lansir dari berbagai sumber adalah pengaruh luka mengorek hidung hingga posisi tidur yang salah.

1. Penyebab sering mimisan pada anak adalah pengaruh luka mengorek hidung.

2. Penyebab sering mimisan pada anak adalah pengaruh suhu lingkungan yang lebih kering dari biasanya dan tidak lembap sama sekali.

3. Penyebab sering mimisan pada anak adalah anak beraktivitas di luar ruangan dalam kondisi cuaca yang panas.

4. Penyebab sering mimisan pada anak adalah posisi tidur yang salah.

5. Penyebab sering mimisan pada anak adalah membuang ingus terlalu kencang.

6. Penyebab sering mimisan pada anak adalah mengalami iritasi mukosa karena menggunakan obat hidung berlebihan.

Kondisi mimisan yang terjadi terus menerus terbilang sebagai keadaan yang normal, jika anak tidak menunjukkan gejala lain yang membahayakan. Dokter Spesialis Anak, Vincent Iannelli, MD dalam review medisnya melansir dari Verywell Health menjelaskan penyebab sering mimisan pada anak yang tidak berbahaya lainnya:

7. Penyebab sering mimisan pada anak adalah terserang rhinnitis alergi atau hayfaver disertai sakit kepala dan demam.

8. Penyebab sering mimisan pada anak adalah adanya benda asing yang bersarang di hidung dan tidak disadari.

9. Penyebab sering mimisan pada anak adalah memiliki tekanan darah tinggi karena pengaruh obat, bisa jadi keracunan obat pengencer darah atau obat antiinflamasi).

Menurut American Heart Association, tekanan darah tinggi tidak menjadi penyebab sering mimisan pada anak yang sering terjadi disertai sakit kepala, kecuali jika tekanan darahnya melebihi 180/120.5.

Meski tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab sering mimisan pada anak karena obat tidak tampak serius, sebenarnya tekanan darah tinggi bisa karena faktor lainnya, seperti:

10. Penyebab sering mimisan pada anak adalah memiliki penyakit kronis berupa penyakit ginjal, tumor adrenal, tumor otak, hingga trauma kepala.

11. Cedera kepala pun bisa menjadi penyebab sering mimisan pada anak yang tak boleh dianggap remeh.

Penyebab sering mimisan pada anak yang berbahaya dan harus diwaspadai adalah pengaruh leukimia hingga tumor. Kondisi sering mimisan pada anak ini akan disertai sakit kepala dan gangguan kesehatan lainnya.

12. Penyebab sering mimisan pada anak adalah memiliki leukimia, seperti leukemia limfositik akut dan kanker anak yang paling umum.

13. Penyebab sering mimisan pada anak adalah gangguan darah pada anak dari hemofilia hingga anemia.

14. Penyebab sering mimisan pada anak adalah gangguan vaskular yang juga menyerang pembuluh darah, seperti genetik telangiectasia hemoragik herediter.

15. Penyebab sering mimisan pada anak adalah memiliki tumor di hidung atau sinus paranasal, kondisi ini sangat jarang terjadi.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Anak Sering Mimisan

Apabila sudah memahami masalah penyebab sering mimisan pada anak sebagai gejala kondisi tertentu beserta tingkat kewajarannya, ketahui cara mengatasinya. Cara mengatasi anak sering mimisan yang direkomendasikan para ahli, menggunakan semprot dekongestan.

Pengobatan mimisan pada anak yang sering mengalami ini bisa diremporkan sebanyak tiga kali, kemudian jepit hidung anak sampai perdarahan berhenti. Semprot dekongestan akan membantu memperkecil pembuluh darah yang rusak.

Kemudian Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, cara mengatasi anak sering mimisan bisa dengan posisi sebagai berikut:

1. Meminta anak untuk duduk dengan posisi yang tegak dan nyaman sebagai saat mereka mengalami mimisan.

2. Mencondongkan tubuh anak sedikit ke depan.

3. Cara mengatasi anak mimisan, minta anak bernapas menggunakan mulut supaya darah yang keluar di hidung tidak tertelan oleh mereka.

4. Apabila darah yang keluar terlanjur masuk ke mulut anak, cara mengatasi anak mimisan seperti ini mintalah ia untuk meludahkannya.

5. Tekan hidung anak dengan lembut selama 10 menit, cara mengatasi anak mimisan ini bisa membantu supaya pendarahan cepat berhenti dan darah cepat membeku.

6. Bungkuslah es batu dengan kain bersih dan gunakan untuk mengompres area belakang leher dan hidung sang anak.

7. Jika mimisan disebabkan oleh udara yang kering, cara mengatasi anak mimisan bisa dengan mencoba menggunakan alat pelembab udara di kamarnya.

8. Jauhkanlah anak dari pemicu alergi sebagai cara mengatasi anak mimisan seperti debu dan asap rokok untuk mencegah iritasi di lapisan mukosa hidung lebih lanjut.

Apabila sudah melakukan berbagai macam cara mengatasi anak mimisan tetapi tidak kunjung pulih, jangan ragu membawa anak ke puskesmas, klinik, dan rumah sakit terdekat. Penanganan mimisan pada anak ini ditujukan agar anak bisa lebih cepat pulih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.