Sukses

Kelebihan dan Kekurangan PayPal, Begini Melakukan Transaksinya

PayPal menyediakan layanan transaksi ke dalam dan luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Kelebihan dan kekurangan PayPal penting diketahui untuk bisa memaksimalkan fungsinya. PayPal adalah alat pembayaran digital dalam dan luar negeri. Ini merupakan rekening virtual yang menyediakan layanan belanja ke berbagai belahan dunia.

Transaksi dengan PayPal pun hanya perlu menggunakan ponsel, laptop, dan komputer. Apa kelebihan dan kekurangan PayPal itu? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, kelebihan PayPal yang paling menonjol adalah memudahkan belanja ke luar negeri.

Kemudian kekurangan PayPal adalah rentan disalahgunakan karena memungkinkan seseorang bertransaksi ke berbagai negara dengan cara yang sangat mudah. Keterbukaan inilah yang menyebabkannya rentan terhadap penipuan atau tindak kriminal.

Agar lebih memahami kelebihan dan kekurangan PayPal lengkap cara transaksinya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam penjelasannya, Jumat (16/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelebihan dan Kekurangan PayPal

Apa saja yang termasuk kelebihan PayPal selain mudah dan gratis dalam melakukan transaksi pembayaran, serta apa saja kekurangan PayPal? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ini penjelasan kelebihan dan kekurangan PayPal yang perlu diketahui:

Kelebihan PayPal

1. Administrasi Murah

Kelebihan PayPal sebagai alat transaksi pembayaran adalah biaya administrasinya tergolong murah untuk dalam dan luar negeri. Kemudian kelebihan PayPal pun untuk pengiriman uang antar sesama akun PayPal tidak dikenakan biaya administrasi.

2. Akses Lebih Mudah

PayPal memiliki akses yang lebih mudah dibanding akses berbagai jenis bank konvensional untuk transaksi luar negeri. PayPal memiliki kelebihan, bisa diakses hanya dengan ponsel pintar atau perangkat komputer dan laptop.

3. Banyak Diskon

Kelebihan PayPal adalah menawarkan banyak promo dan diskon. PayPal pun tak jarang memberikan saldo secara cuma-cuma. Diskon belanja di beberapa merek atau e-Commerce yang bekerja sama dengan PayPal, tak perlu dipertanyakan lagi. Mulai dari Nike, HP, Wal-Mart, dan lain-lain.

4. Keamanannya Terjamin

PayPal memiliki sistem keamanan yang pasti terjamin. Data-data dan informasi akun pembeli maupun penjual bakal dijamin dari pencurian data.

5. Belanja Dalam dan Luar Negeri

Kelebihan PayPal bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di dalam dan luar negeri. Kelebihan PayPal ini termasuk digunakan untuk berbelanja di e-Commerce di berbagai belahan dunia. Sangat memudahkan untuk berbelanja antar negara.

6. Kecepatan Transaksinya Juara

PayPal memiliki kecepatan transaksi yang juara. Transfer menggunakan PayPal terutama ke sesama akun PayPal atau ke rekening pribadi bank untuk beda negara hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam.

7. Aman untuk Membeli Barang

PayPal sangat aman untuk membeli barang di berbagai belahan dunia. Jika pelanggan sudah melakukan pembayaran untuk produk yang dipesan, tapi pesanan tidak datang-datang, maka PayPal bisa mengembalikkan uang yang sudah transferkan ke penjual.

Kekurangan PayPal

1. Transaksi Mata Uang Penting Terbatas

Kekurangan PayPal adalah belum bisa melayani transaksi dengan beberapa mata uang penting, seperti Rupee India.

2. Transaksi Non-PayPal Mahal

Ketika melakukan transaksi dari PayPal ke rekening non-PayPal bakal dikenakan biaya administrasi sekitar 3 persen dari jumlah transaksi ditambah 0.3 dollar AS.

3. Sangat Rentan Disalahgunakan

PayPal sangat rentan untuk disalahgunakan. Mengapa bisa demikian? PayPal memungkinkan seseorang bertransaksi ke berbagai negara dengan cara yang sangat mudah.

Nah, berasal dari keterbukaan inilah yang menyebabkannya jadi rentan terhadap penipuan atau tindak kriminal lainnya. Rentan penipuan dan penanganannya tidak bisa maksimal.

4. Sulit Melakukan Komplain

Kekurangan PayPal lainnya adalah sangat sulit melakukan komplain. Ini karena PayPal Indonesia belum menyediakan layanan aduannya. Meski tampak ada, sebenarnya layanan yang tercantung adalah nomor PayPal di kantor Singapura.

5. Proses Pembekuan Berlangsung Sangat Lama

PayPal memiliki proses pembekuan yang berlangsung sangat lama. Pembekuan akun yang dilakukan oleh PayPal, hanya bisa dilakukan jika ditemukan indikasi penyalahgunaan. Pembekuan itu kadang berlangsung lama bahkan hingga berbulan-bulan.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Akun PayPal dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami kelebihan dan kekurangan PayPal, ketahui juga cara membuat akun PayPal dan mengisi saldonya. Begini cara membuat akun PayPal yang Liputan6.com ulas dari berbagai sumber:

Cara Membuat PayPal

1. Buka paypal.com atau unduh aplikasi PayPal dari App Store atau Google Play.

2. Klik tombol biru "Daftar".

3. Pilih "Akun Pribadi".

4. Tambahkan nomor telepon Anda dan Anda akan menerima teks dengan kode keamanan untuk dimasukkan di layar berikutnya.

5. Masukkan nama depan dan belakang Anda yang sah, alamat email, dan kata sandi yang aman. Ini penting, pastikan nama yang Anda daftarkan sama persis dengan nama yang ada di rekening bank.

6. Jika berbeda, prosedur penarikan ke akun bank akan menjadi lebih sulit. Jadi pastikan gunakan nama yang sama dengan yang ada di rekening bank.

7. Kemudian, masukkan alamat rumah Anda dan setujui kebijakan privasi PayPal.

8. Terakhir, tambahkan kartu kredit, kartu debit, atau rekening bank ke akun PayPal Anda.

Cara Mengisi Saldo PayPal

1. Pertama, buka aplikasi PayPal di ponsel Anda.

2. Setelah itu, masukkan nama akun dan password, lalu klik log ini.

3. Jika rekening bank telah dimasukkan ke dalam akun PayPal, maka Anda dapat melakukan langkah-langkah berikutnya.

4. Apabila belum memasukkan akun bank, maka pastikan Anda meminta informasi kepada pihak bersangkutan.

5. Setelah akun bank dapat dimasukkan, lalu pilih Your Balance yang terletak di bagian tengah.

6. Selanjutnya, klik Add Money.

7. Lalu, ketikkan jumlah nominal uang yang hendak dimasukkan dalam saldo Paypal.

8. Pilih Next lalu otomatis akan terbuka halaman selanjutnya.

9. Pilih Add to Your Balance.

10. Setelah itu, maka saldo PayPal akan bertambah dalam waktu maksimal 5 hari kerja.

Cara Mengirim Uang dengan PayPal

1. Dari aplikasi PayPal atau akun PayPal online Anda, tekan tombol "Kirim".

2. Masukkan nama, alamat email, atau nomor telepon orang yang ingin Anda kirimi uang. Anda juga dapat memindai kode QR PayPal teman Anda untuk memulai dengan cepat.

3. Jika orang tersebut belum memiliki akun PayPal, mereka dapat mengklaim uang dengan membuat akun gratis.

4. Masukkan jumlah yang ingin Anda kirim. Anda memiliki opsi untuk menambahkan pesan, yang bisa menjadi pengingat yang berguna bagi Anda dan penerima untuk apa uang itu. Misalnya, Anda dapat memasukkan pesan seperti, "Sewa Juli" atau "Selamat ulang tahun, Georgia!"

5. Anda akan ditanya untuk apa pembayaran online PayPal Anda: "Teman dan Keluarga" atau "Barang dan Layanan."

6. Jika pilihannya adalah untuk pembayaran barang dan layanan, penerima akan dikenai biaya transfer. Jadi pastikan Anda memilih opsi yang tepat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.