Sukses

16 Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup, Secara Alami dan Tindakan Medis

Cara menghilangkan tahi lalat hidup yang perlu disimak, dapat menyebabkan kanker.

Liputan6.com, Jakarta Tahi lalat atau yang dikenal sebagai beauty mark ini, menyerupai bintik gelap di kulit yang justru bagi sebagian orang, menjadi tidak percaya diri ketika memilikinya. Walaupun masih ada yang menyukai bintik gelap ini, namun untuk beberapa orang, menjadi nyaman saat memiliki tahi lalat hidup. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang mencari tahu cara menghilangkan tahi lalat hidup secara alami, yang aman juga mudah untuk dilakukan. 

Cara menghilangkan tahi lalat hidup bisa Anda lakukan di rumah, tanpa harus mengunjungi klinik kecantikan. Namun dengan cara tradisional, Anda bisa menghilangkan tahi lalat secara ampuh dan aman untuk efek jangka panjang. Akan tetapi, saat Anda memiliki masalah kesehatan kulit seperti kanker, maka konsultasi dengan layanan kesehatan untuk melakukan proses pembedahan agar menghilangkannya. 

Ketika Anda tidak memiliki masalah kesehatan kulit, maka cara menghilangkan tahi lalat hidup bisa dilakukan secara alami, dengan bahan seperti minyak esensial, madu, kulit pisang,bawang hingga campuran soda kue dan daun jarak. Bila ingin hasil lebih cepat bisa gunakan kosmetik seperti tabir surya, peeling kimiawi, dan serum pencerah.

Berikut ini cara menghilangkan tahi lalat hidup yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/10/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup Secara Alami

 

1. Bawang Putih

Cara menghilangkan tahi lalat hidup bisa menggunakan bawang putih. Beberapa orang percaya bahwa dengan mengoleskan bawang putih ke tahi lalat, bisa untuk jangka waktu tertentu akan membuatnya berkurang atau hilang sama sekali. Kandungan enzim yang ada di bawang putih dapat melarutkan kelompok sel yang menyebabkan tahi lalat. Cara menggunakannya juga cukup mudah, hanya dengan mempelkan bawang putih pada area tahi lalat, selama 10-15 menit, kemudian basuh dengan air bersih. 

2. Campuran soda kue minyak jarak

Cara menghilangkan tahi lalat hidup secara alami, bisa menggunakan campuran soda kue dan minyak jarak. Dengan mencampur minyak jarak dan soda kue secara bersama-sama, dapat menyerupai salep yang bisa diaplikasikan untuk menghilangkan tahi lalat. Caranya cukup mudah, Anda bisa mengoleskan campuran ke wajah, dan tunggu hingga beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini seminggu dua kali, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Minyak oregano

Cara menghilangkan tahi lalat hidup secara alami dan mudah adalah menggunakan minyak oregano. Minyak atsiri Oregano bisa keras pada kulit, sehingga Anda harus diencerkan dengan minyak pembawa, seperti minyak jarak. Ketika diterapkan beberapa kali sehari selama beberapa minggu, maka kombinasi minyak dapat membantu menghilangkan tahi lalat.

4. Yodium

Cara menghilangkan tahi lalat hidup yang mudah dilakukan adalah menggunakan konsentrasi yodium tertentu. Lakukan cara ini selama beberapa minggu, sehingga dapat menyebabkan tahi lalat mengelupas. Yodium dapat membakar, jadi oleskan petroleum jelly di sekitar area sekitarnya untuk melindungi kulit. Namun Anda juga perlu berhati - hati, karena Yodium bersifat racun dan jauhakn dari kulit yang terbakar.

 

 

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup Secara Alami

 

5. Jus lemon

Cara menghilangkan tahi lalat hidup secara aman, mudah dan alami, dengan jus lemon. Menggunakan jus lemon beberapa kali sehari dapat memutihkan tahi lalat, sehingga tahi lalat jadi tersamarkan. 

6. Minyak pohon teh

Cara menghilangkan tahi lalat hidup dengan minyak esensial pohon teh. Melansir dari laman Medical News Today, dalam penelitian yang dilakukan, minyak pohon teh bersifat antimikroba dan anti-inflamasi, sehingga saat Anda mengoleskan minyak pohon teh beberapa kali sehari selama suatu periode, maka membantumenghilangkan tahi lalat. Anda juga harus berhati - hati, karena minyak pohon teh berpotensi dan beracun jika tertelan.

7. Kentang

Cara menghilangkan tahi lalat hidup juga bisa secara alami menggunakan kentang. Kentang dianggap memiliki efek pemutihan alami. Walaupun tidak sepenuhnya menghilangkan tahi lalat, namun saat rutin menggunakan kentang, dapat membantu memudarkannya seiring waktu.

8. Minyak biji rami

Cara menghilangkan tahi lalat hidup secara alami, bisa menggunakan minyak biji rami. Bahkan dalam beberapa penelitian menunjukkan minyak biji rami mengandung khasiat yang membantu menyembuhkan luka dan laserasi lainnya. Kebanyakan orang juga menggunakannya minyak ini, dan membantu menghilangkan bintik hitam dan noda, termasuk tahi lalat.

 

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup Secara Alami

9. Minyak kemenyan

Cara menghilangkan tahi lalat hidup bisa dengan minyak esensial kemenyan, yang diketahui memiliki sifat yang membantu menyerap minyak dan mengeringkan kulit. Melansir dari sumber yang sama, para pendukung percaya bahwa ketika dioleskan setiap hari, minyak kemenyan bereaksi dengan tahi lalat, menyebabkannya mengering, berkeropeng, dan rontok. Namun untuk penggunaannya, Anda harus mengencerkan terlebih dahulu sebelum digunakan di wajah atau badan yang memiliki tahi lalat.

10. Kulit pisang

Cara menghilangkan tahi lalat hidup yang mudah juga secara alammi adalah kulit pisang. Kulit pisang mengandung enzim dan asam tertentu yang menurut sebagian orang dapat membantu menghilangkan tahi lalat. Salah satu manfaat potensial dari penggunaan kulit pisang pada kulit adalah akan bertindak sebagai pelembab.

11 Madu

Cara menghilangkan tahi lalat hidup secara alami, menggunakan madu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu memiliki antioksidan dan sifat anti-inflamasi. Beberapa percaya bahwa mengoleskan madu ke tahi lalat akan membuatnya memudar dalam beberapa hari. Cara mengaplikasikannya cukup mudah, hanya dilakukan setiap pagi dan malam selama 6 minggu hingga tahi lalat mengalami pemudaran.

12. Hidrogen peroksida

Cara menghilangkan tahi lalat hidup bisa dilakukan dengan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida kabarnya memiliki khasiat yang akan membantu menghilangkan tahi lalat saat dioleskan ke kulit. Cara menggunakannya, nda bisa mengoleskan tiga hingga empat kali sehari. Tanyakan kepada apoteker untuk menemukan jenis hidrogen peroksida yang dianggap cocok untuk menghilangkan tahi lalat hidup. 

 

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup Melalui Tindakan Medis

Selain cara menghilangkan tahi lalat hidup secara alami, Anda juga bisa menempuh jalur medis apabila Anda memiliki riwayat kanker kulit.  Bahkan untuk jenis tahi lalat harus dilakukan evaluasi oleh dokter kulit, setelah itu memutuskan apakah harus diuji untuk kanker kulit. 

Melansir dari laman Healthline, terdapat beberapa prosedur bedah yang digunakan untuk menghilangkan tahi lalat hidup diantaranya: 

1. Pembekuan

Cara menghilangkan tahi lalat hidup dengan tindakan medis ini adalah proses pembekuan. Prosedur ini menggunakan sejumlah kecil nitrogen cair untuk menghilangkan tahi lalat yang tidak bersifat kanker.

2. Pembakaran

Cara menghilangkan tahi lalat hidup, menggunakan tindakan medis selanjutnya adalah dengan proses pembakaran. Prosedur ini menggunakan arus listrik untuk membakar lapisan atas tahi lalat yang tidak bersifat kanker. Mungkin diperlukan lebih dari satu sesi untuk menyelesaikan penghapusan tahi lalat.

3. Cukur

Untuk menghilangkan tahi lalat hidup, maka tindakan medis yang dilakukan adalah cukur. Prosedur ini melibatkan penggunaan pisau bedah untuk mencukur tahi lalat dari permukaan kulit.

4. Pemotongan

Cara menghilangkan tahi lalat hidup dengan tindakan medis selanjutnya adalah pemotongan. Prosedur ini lebih dalam daripada mencukur untuk mengeluarkan seluruh tahi lalat dan menjahit kulit kembali menjadi satu. Jenis pengangkatan ini biasanya digunakan jika tahi lalat bersifat kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.