Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Metamorfosis? Pahami Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Metamorfosis adalah peristiwa perubahan bentuk tubuh hewan tertentu selama proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan metamorfosis merupakan pelajaran ilmu pengetahuan alam saat masih duduk dibangku sekolah. Apa yang dimaksud dengan metamorfosis adalah perubahan bentuk yang terjadi pada hewan.

Proses tersebut dialami sejumlah hewan sebagai tahap pertumbuhan dan perkembangan hidup. Dalam prosesnya, apa yang dimaksud dengan memorfosis ini memiliki jenis-jenis yakni metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

Apa yang dimaksud dengan metamorfosis penting untuk dipelajari, karena proses tersebut ada di lingkungan sekitar kita. Masing-masing proses metamorfosis memiliki tahapan yang berbeda.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai apa yang dimaksud dengan metamorfosis dan jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Metamorfosis

Mengutip dari Sumber Belajar Kemdikbud, apa yang dimaksud dengan metamorfosis adalah peristiwa perubahan bentuk tubuh hewan tertentu selama proses pertumbuhan dan perkembangannya. Proses metamorfosis ini melibatkan perubahan bentuk atau struktur melalui beberapa tahap pertumbuhan sel dan differensial sel atau perubahan sel menjadi lebih khusus.

Dalam buku berjudul Saya Ingin Pintar Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas IV Semester I SD oleh Momon Sulaeman, dijelaskan apa yang dimaksud dengan metamorfosis adalah hanya bisa terjadi pada hewan. Itu artinya, metamorfosis adalah tidak terjadi pada manusia dan tumbuhan.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, apa yang dimaksud dengan metamorfosis adalah perubahan bentuk atau susunan atau peralihan bentuk (misalnya dari ulat menjadi kupu-kupu).

Dalam kajian teori penelitian yang dipublikasikan Universitas Siliwangi, proses yang bisa menggambarkan apa yang dimaksud dengan metamorfosis adalah proses perkembangan biologi dengan perubahan fisik akibat pertumbuhan sel dan differensiasi sel atau proses yang terlihat dalam organisme multisel yang secara radikal berbeda.

Sementara, secara umum, apa yang dimaksud dengan metamorfosis adalah proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur setelah kelahiran atau penetasan.

Hewan yang bisa melakukan proses metamorfosis adalah golongan serangga, amfibi, mollusca, crustacea, echinodermata, dan tunicata yang biasanya atau tidak selalu disertai dengan perubahan habitat atau kelakuan. 

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Metamorfosis

Terdapat dua jenis proses metamorfosis, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Berikut ini penjelasannya:

1. Metamorfosis Sempurna

Apa yang dimaksud dengan metamorfosis sempurna adalah proses pada hewan dengan perubahan yang terdiri dari 4 fase, yakni telur, larva, pupa (kepompong), dan dewasa. Perbedaan menonjol dari metamorfosis sempurna adalah bentuk larva dengan serangga dewasa pada jenis metamorfosis ini tidak ada kemiripan sama sekali. Berikut ini contoh hewan yang mengalami proses metamorfosis sempurna, yaitu:

a. Katak

Katak merupakan satu di antara jenis hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Adapun urutan metamorfosis sempurna pada katak dimulai dari telur–kecebong–katak muda–imago (katak dewasa).

b. Nyamuk

Nyamuk juga termasuk hewan yang mengalami fase metamorfosis sempurna. Adapun urutan metamorfosis pada nyamuk adalah telur–larva/jentik–pupa–imago (nyamuk dewasa).

c. Kupu-Kupu

Kupu-kupu mengalami fase metamorfosis yang hampir sama dengan nyamuk. Adapun urutan metamorfosis sempurna pada kupu-kupu adalah telur–larva-pupa–imago (kupu kupu dewasa).

d. Lalat

Lalat juga memiliki fase metamorfosis sempurna. Adapun urutan metamorfosis yang dilalui lalat meliputi telur–larva–pupa/kepompong–imago (lalat dewasa).

e. Lebah

Lebah mengalami proses metamorfosis yang hampir sama dengan kupu-kupu. Adapun urutan metamorfosis sempurna yang dilalui lebah adalah telur-larva–pupa/kepompong–imago (lebah dewasa).

f. Semut

Adapun urutan metamorfosis semut karena semut termasuk serangga yang mengalami metamorfosis sempurna, tahapan yang dilalui meliputi telur–larva-pupa/kepompong–imago (semut dewasa).

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Metamorfosis

2. Metamorfosis Tidak Sempurna

Apa yang dimaksud dengan metamorfosis tidak sempurna adalah proses pada hewan dengan perubahan yang terdiri dari 3 fase, yakni telur, nimfa, dan dewasa. Proses metamorfosis tidak sempurna juga disebut sebagai metamorfosis sederhana. Berikut ini contoh hewan yang mengalami proses metamorfosis tidak sempurna, yaitu:

a. Belalang

Belalang termasuk hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Adapun urutan metamorfosis belalang ini meliputi, telur–nimfa–imago.

b. Kecoak

Kecoak merupakan serangga dengan fase metamorfosis tidak sempurna, di mana kecoak yang baru menetas memiliki anatomi sama persis dengan kecoak dewasa. Fasenya dimulai dari telur–nimfa–imago. Dalam ordo atau kelas biologi, kecoak memiliki ribuan jenis spesies, itu sebabnya kecoak di seluruh dunia bisa berbeda-beda jenis dan bentuknya.

c. Jangkrik

Jangkrik juga memiliki fase yang sama, di mana tahapan metamorfosisnya melalui telur–nimfa–imago. Tahap jangkrik dewasa untuk sampai siap kawin dan bereproduksi biasanya selama 40 hari sejak menjadi imago.

d. Capung

Tidak seperti kupu-kupu, capung bayi memiliki bentuk anatomi tubuh yang sama persis dengan capung dewasa. Kelompok serangga ini tidak akan pernah jauh dari air, di mana mereka dapat meletakkan telur-telurnya. Tahapan metamorfosisnya ialah telur–nimfa–imago.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.