Sukses

Melacak Hp Hilang dengan Email Tanpa Aplikasi, Mudah dan Efektif

Melacak Hp hilang dengan email tanpa aplikasi bisa dengan mudah dan praktis.

 

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya mengganggu komunikasi, kehilangan Hp bisa menghalangi akses ke hiburan dan bahkan transaksi keuangan, yang semuanya terhubung dengan perangkat tersebut. Selain melacak Hp hilang dengan email tanpa aplikasi, Anda juga bisa memanfaatkan fitur bawaan ponsel seperti Google Maps, di mana telah terbukti efektif dalam melacak perangkat bergerak. 

Google Maps menyediakan fitur yang dapat membantu melacak nomor HP dengan cukup akurat, sehingga tak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Penggunaan Google Maps tidak hanya berguna untuk melacak nomor asing yang mungkin masuk, tetapi juga dapat digunakan untuk menemukan lokasi teman yang sudah lama tidak terhubung. 

Bagi Anda yang sudah melacak Hp hilang dengan email tanpa aplikasi tapi tak berhasil, maka ada pilihan lain yang bisa Anda gunakan seperti IMEI, nomor telepon, atau bahkan aplikasi seperti WhatsApp. Setiap cara ini dapat memberikan informasi tentang lokasi terakhir HP Anda berada.

Penting untuk diingat, bahwa melacak HP yang hilang harus dilakukan dengan mempertimbangkan privasi dan keamanan pribadi. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang aman, dan mematuhi ketentuan hukum yang berlaku. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (/4/7/2024) tentang cara melacak Hp hilang dengan email tanpa aplikasi. 

2 dari 5 halaman

1. Lacak Hp Lewat Email

Untuk melacak HP yang hilang menggunakan email, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini dengan menggunakan akun Gmail:

  1. Pertama, buka aplikasi browser di PC atau laptop dan login ke akun Gmail yang terhubung dengan HP yang hilang.
  2. Setelah berhasil login, klik ikon titik sembilan yang terletak di bagian kanan atas layar.
  3. Pilih opsi "Akun" dan lanjutkan dengan mengklik menu "Keamanan".Di halaman "Keamanan", cari informasi mengenai perangkat yang memiliki akses ke akun Gmail Anda.
  4. Pastikan untuk memilih HP yang hilang untuk melacaknya. Selanjutnya, klik tombol "Detail selengkapnya" di samping HP yang ingin Anda lacak.
  5. Di menu "Detail perangkat", cari opsi yang mengarah ke "Cari perangkat" atau "Find My Device".
  6. Klik opsi ini untuk mengakses fitur layanan Find My Device milik Google.
  7. Di fitur Find My Device, Anda mungkin akan melihat peta yang menunjukkan perkiraan lokasi HP Anda terakhir kali terhubung dengan internet.

Meskipun tidak selalu memberikan lokasi yang sangat akurat, cara ini tetap bisa digunakan untuk memperkirakan posisi HP Anda.

2. Lacak Hp Lewat IMEI

IMEI adalah tanda pengenal unik yang melekat pada setiap HP. Nomor IMEI tidak dapat diubah atau dihilangkan, sehingga memberikan peluang besar untuk melacak HP yang hilang, terutama jika HP tersebut telah terhubung dengan akun email Anda.

Untuk melacak HP yang hilang menggunakan IMEI (International Mobile Equipment Identity), berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ketik *#06# tanpa menekan tombol panggilan.
  2. Nomor IMEI akan muncul secara otomatis di layar HP.
  3. Buka menu "Settings" di HP Anda, pilih "About Phone" atau "Tentang Ponsel", dan cari informasi tentang nomor IMEI di sana.
  4. Setelah Anda mendapatkan nomor IMEI, Anda dapat meminta bantuan dari pihak kepolisian atau provider layanan seluler untuk melacak HP yang hilang.

Meskipun memerlukan upaya tambahan, menggunakan nomor IMEI ini dapat memberikan hasil yang lebih akurat dalam pencarian.

3 dari 5 halaman

3. Menggunakan Google Maps

Berikut cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui:

  1. Buka dan jalankan aplikasi Google Maps. Tetapi untuk cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahi ini, kamu harus terhubung dengan koneksi internet karena dilakukan secara online.
  2. Supaya kamu bisa lebih hemat kuota, sebaiknya mengatur koneksi internetnya berdasarkan time based atau berdasarkan waktu, bukan berdasar jumlah data yang digunakan atau volume based.
  3. Setelah aplikasi Google Maps terbuka, masuklah ke menu Option.
  4. Selanjutnya masuk ke Friend List atau Daftar Teman kemudian pilihlah Add Friend atau Tambah Teman.
  5. Invite keluarga, teman, pacar, tetangga, atau nomor HP yang posisinya ingin kamu lacak.
  6. Pastikan nomor HP yang ditarget sudah menerima invite atau undangan tadi.
  7. Klik pada salah satu nomor HP yang ingin kamu lacak, dan Google Maps pun akan secara otomatis melacak dan memberitahu kamu keberadaan target yang dilacak.

4. Situs GPS Tracker

Selain melalui fitur-fitur yang ada di Google Maps, kamu juga bisa menerapkan cara melacak lokasi no HP tanpa diketahui melalui bantuan Global Positioning Sytem atau GPS. Cara ini tidak memerlukan aplikasi apapun. Kamu cukup memanfaatkan GPS yang tertanam di HP yang hilang.

Cukup dengan membuka situs www.SAT-GPS-Tracker.com. Pilih menu track a phone number here. Kemudian pilih negara dimana HP itu hilang, lalu isikan phone number code dengan angka 62, jika berada di Indonesia. Selanjutnya, isi phone number dengan nomor HP lengkap yang ingin di cari tanpa menggunakan angka 0 di depannya. Terakhir klik search.

4 dari 5 halaman

Cara Melacak Lokasi Nomor HP Tanpa Diketahui dengan Aplikasi Lainnya

HLR Lookup

Cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui yang kedua dilakukan dengan menggunakan aplikasi HRL Lookup. Aplikasi ini memang sudah banyak diinstal dan juga mempunyai tampilan yang bagus. Cara menggunakannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan nomor HP.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download aplikasi HRL Lookup di Playstore dan install.
  2. Buka aplikasi HRL Lookup, kemudian perhatikan kolom yang tersedia. Masukkan 'Nomor HP', kemudian tap 'Check'.
  3. Akan muncul data-data dari nomor HP yang baru saja dimasukkan. Ada kota, negara, provider, dan lainnya.
  4. Perlu diketahui bahwa HLR (Home Location Register) bukan lokasi tepat di mana nomor HP saat ini berada, tetapi merupakan di mana kartu provider tersebut didaftarkan di area tertentu.

Aplikasi Number Locator

Cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui juga bisa menggunakan Number Locator. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Number Locator secara gratis di Play Store.
  2. Buka aplikasi Number Locator dan hidupkan GPS.
  3. Pada halaman utama kalian akan melihat menu "Phone Tracker".
  4. Masukkan nomor target secara lengkap pada kotak yang tersedia.
  5. Klik menu "Localize!".
  6. Selanjutnya, kalian akan mendapatkan peta lokasi target secara lengkap.
  7. Tekan menu "Petunjuk Arah" untuk mengetahui jarak kalian dengan lokasi HP target.
5 dari 5 halaman

Fitur Google Maps

Secara umum, Google Maps berguna sebagai aplikasi penunjuk arah dengan beberapa fitur yang dapat membantu memudahkan para penggunanya. Kamu bisa menggunakan berbagai fitur tersebut untuk membantu cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui.

Berikut beberapa fitur yang dimiliki Google Maps yang dapat membantu kamu dalam cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui:

1. Driving Directions (Pemandu Perjalanan): Untuk fitur driving and directions, fitur ini digunakan untuk mengetahui jalur jalan atau arah yang dilewati dari suatu lokasi ke lokasi lain.

2. Transit and Walking Direction: Kemudian transit and walking direction digunakan untuk memperoleh rute dan jadwal perjalanan baik dengan jalan kaki maupun bus.

3. Street View: Street View digunakan untuk menampilkan peta jalan termasuk dengan lokasi tempat-tempat di peta tersebut.

4. Business Listings: Business listing biasanya digunakan untuk mencari nama area atau wilayah tertentu baik bisnis maupun tempat penting yang lain.

5. My Location: My Location digunakan untuk mengetahui poisis nomor ponsel walaupun tidak menggunakan perangkat Gps.

7. Traffic: Informasi lalu lintas atau traffic yang berfungsi membantu memantau kondisi lalu lintas jalan raya secara langsung atau real time.