Sukses

10 Cara Mencegah Gangguan Ginjal Akut, Bisa Untuk Orang Dewasa dan Anak

cara mencegah gangguan ginjal akut, beserta dengan penyebab dan gejalanya.

Liputan6.com, Jakarta Cara mencegah gangguan ginjal akut dapat dimulai dengan mengubah gaya hidup dan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Organ ginjal berfungsi untuk menyaring limbah dan cairan ekstra dari darah anda sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh anda melalui urin anda. 

Ketika ginjal anda berhenti bekerja dan tidak bisa lagi melakukan tugasnya, kondisi ini disebut gagal ginjal yang mana tidak hanya dapat mengganggu tubuh namun juga dapat mengancam jiwa. Sehingga penting untuk mengetahui cara mencegah gangguan ginjal akut untuk tetap mempertahankan kualitas hidup yang baik.

Tidak hanya orang dewasa, cara mencegah gangguan ginjal akut juga perlu diterapkan oleh anak-anak. Mengingat saat ini banyak benda dengan zat berbahaya yang menjadi penyebab gangguan kesehatan salah satunya gangguan ginjal akut, mungkin tertelan oleh anak-anak secara tidak sengaja.

Lantas apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/10/2022). Tentang cara mencegah gangguan ginjal akut, beserta dengan penyebab dan gejalanya.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Gangguan Gagal Ginjal?

Apa Itu Gangguan Gagal Ginjal?

Ginjal anda bisa kehilangan hingga 90 persen fungsinya dan masih melakukan tugasnya dengan cukup baik. Kehilangan lebih dari itu dianggap gagal ginjal. Ada dua jenis gagal ginjal yang mungkin terjadi, yaitu:

- Gagal ginjal akut adalah hilangnya fungsi ginjal secara tiba-tiba. Kondisi ini biasanya bisa dikembalikan ke keadaan semula.

- Gagal ginjal kronis adalah hilangnya fungsi ginjal secara bertahap. Ini menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu dan tidak dapat dikembalikan ke keadaan semula.

Ketika ginjal gagal berfungsi, limbah dan cairan ekstra menumpuk di tubuh anda. Hal ini menyebabkan gejala gagal ginjal. Biasanya tidak ada gejala pada tahap awal gagal ginjal. Ketika mereka benar-benar terjadi, gejala gagal ginjal diantaranya adalah:

- Penurunan kuantitas urin

- Kelelahan

- Kesulitan berkonsentrasi

- Gatal

- Otot berkedut dan kram

- Rasa logam di mulutmu

- Mual dan muntah

- Kehilangan selera makan

- Kejang

- Pembengkakan di tubuh yang dimulai di pergelangan kaki 

- Sesak napas karena penumpukan cairan di paru-paru 

3 dari 5 halaman

Penyebab Gangguan Ginjal Akut

Penyebab Gangguan Ginjal Akut

Gangguan gagal ginjal akut terjadi ketika sesuatu menyebabkan ginjal anda tiba-tiba berhenti bekerja. Beberapa penyebab gagal ginjal akut diantaranya adalah:

- Pielonefritis akut (infeksi ginjal)

- Dehidrasi

- Kehilangan darah yang signifikan

- Tekanan darah sangat rendah

- Glomerulonefritis (kerusakan pada bagian penyaringan ginjal) yang terjadi dengan cepat

- Nefritis interstisial (kerusakan tubulus di ginjal) yang terjadi dengan cepat

- Obstruksi saluran kemih, seperti dari batu ginjal atau pembesaran prostat

- Obat nyeri yang dijual bebas, seperti NSAID

- Obat yang diresepkan, termasuk beberapa obat tekanan darah dengan dosis tinggi, antibiotik, atau obat kanker

- Obat-obatan lain, seperti heroin , kokain , dan amfetamin

Sedangkan gangguan gagal ginjal kronis terjadi ketika sesuatu secara perlahan dan progresif merusak ginjal. Penyebabnya antara lain adalah:

- Diabetes

- Tekanan darah tinggi

- Glomerulonefritis yang lambat dan progresif

- Nefritis interstisial yang lambat dan progresif

- Kondisi genetik, seperti penyakit ginjal polikistik

- Penyakit autoimun, seperti lupus nephritis dan sindrom Goodpasture

- Infeksi ginjal kronis atau berulang

4 dari 5 halaman

Pengobatan Gangguan Ginjal Akut

Pengobatan Gangguan Ginjal Akut

Ada pengobatan untuk kedua jenis gagal ginjal yang ada. Untuk gagal ginjal akut dapat dikembalikan pada kondisi semula. Sedangkan perkembangan gagal ginjal kronis dapat diperlambat dengan pengobatan yang tepat.

Pada gagal ginjal akut, masalahnya bersifat sementara. Ginjal anda akan mulai bekerja kembali setelah masalah teratasi. Beberapa contoh pengobatan adalah:

- Antibiotik untuk pielonefritis

- Transfusi untuk kehilangan darah

- Kortikosteroid untuk kondisi kekebalan tubuh

- Cairan infus untuk dehidrasi

- Menghilangkan obstruksi

Kerusakan progresif pada ginjal anda menyebabkan gagal ginjal kronis. Karena tidak dapat dibalik, sesuatu yang lain harus mengambil alih pekerjaan ginjal anda. Pilihannya adalah:

- Hemodialisis. Mesin dialisis dapat menyaring darah anda. Ini dapat dilakukan di pusat dialisis atau di rumah, tetapi akan membutuhkan bantuan pendamping.

- Dialisis peritoneal. Penyaringan terjadi di perut anda. Ini dapat dilakukan di pusat atau di rumah. 

- Transplantasi ginjal. Ginjal yang disumbangkan ditempatkan secara operasi di tubuh anda.

Jika Anda mengalami gagal ginjal kronis, ginjal anda tidak dapat pulih, tetapi anda dapat memperlambat perkembangannya dengan pengobatan yang tepat, kecuali jika anda menerima transplantasi ginjal. Jika anda mengalami gagal ginjal akut, kemungkinan besar ginjal anda akan pulih dan mulai bekerja kembali.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Gangguan Ginjal Akut

Cara Mencegah Gangguan Ginjal Akut

Dapat menyerang siapa saja dan dari semua kelompok usia, penting untuk melakukan langkah-langkah dalam cara mencegah gangguan ginjal akut  Berikut cara lengkapnya:

1. Kelola gula darah 

Cara mencegah gangguan ginjal akut yang pertama adalah mengelola gula darah. Diabetes meningkatkan risiko penyakit jantung dan gagal ginjal. Itu hanya salah satu alasan untuk mengelola gula darah anda.

2. Kelola tekanan darah 

Cara mencegah gangguan ginjal akut yang kedua adalah mengelola tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung serta gagal ginjal.

3. Pertahankan berat badan yang sehat

Obesitas dapat meningkatkan risiko anda untuk kondisi yang berhubungan dengan gagal ginjal, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

4. Makan makanan yang menyehatkan jantung

Diet jantung sehat dengan melakukan diet rendah gula dan kolesterol, serta tinggi serat, biji-bijian, dan buah-buahan dan sayuran. Hal ini untuk membantu mencegah penambahan berat badan.

5. Kurangi asupan garam

Makan terlalu banyak garam dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Sehingga penting untuk membatasi konsumsi garam harian.

6. Minum air putih yang cukup

Dehidrasi mengurangi aliran darah ke ginjal anda, yang dapat merusaknya. Tanyakan kepada dokter anda berapa banyak air yang harus anda minum per hari.

 

7. Hindari Asap Rokok

Merokok mengurangi aliran darah ke ginjal anda. Ini merusak fungsi ginjal pada orang dengan atau tanpa penyakit ginjal. Tidak hanya berpengaruh pada perokok aktif, asap rokok yang dihirup oleh perokok pasif juga dapat berpengaruh.

8. Batasi obat pereda nyeri yang dijual bebas

Dalam dosis tinggi, obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen, mengurangi jumlah aliran darah ke ginjal anda, yang dapat membahayakan ginjal.

9. Kurangi stress

Cara mencegah gangguan ginjal akut yang selanjutnya adalah dengan menghindari stress. Mengurangi stres dan kecemasan dapat menurunkan tekanan darah anda, yang baik untuk ginjal anda.

10. Berolahraga secara teratur

Olahraga secara teratur, seperti berenang, berjalan dan berlari, dapat membantu mengurangi stres, mengelola diabetes dan tekanan darah tinggi, serta menjaga berat badan yang sehat.

 

Jika anda berpikir anda mungkin memiliki penyakit ginjal, penting untuk menemui dokter Anda untuk evaluasi. Mendapatkan diagnosis dan pengobatan dini dapat membantu memperlambat perkembangan gagal ginjal.

Jika anda tahu anda memiliki penyakit ginjal, kunjungi dokter secara teratur untuk memantau fungsi ginjal anda. Sementara penyakit ginjal kronis tidak dapat di, perkembangannya dapat diperlambat dengan pengobatan yang tepat.