Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

4 Cara Senam Kegel Pria, Berikut Langkah Mudah dan Manfaatnya

Berikut cara senam kegel pria dan manfaatnya bagi kesehatan dan ketahanan di atas ranjang.

Liputan6.com, Jakarta Cara senam kegel pria bisa dibilang cukup sederhana. Mungkin sebagian besar orang merasa asing dengan senam kegel. Namun ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan melakukan gerakan senam kegel, salah satunya adalah untuk meningkatkan keperkasaan pria.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi pria perkasa, ada baiknya untuk melakukan latihan dengan gerakan senam kegel. Cara senam kegel pria pun tidak terlalu sulit dan relatif mudah.

Lalu apa itu senam kegel? Senam kegel merupakan sebuah gerakan senam yang bertujuan untuk melatih otot otot dasar panggul. Senam kegel sendiri saat ini pun sudah semakin populer dan ramai di kalangan pria dan wanita.

Cara senam kegel pria ini berfokus untuk meningkatkan kekuatan otot panggul bawah. Otot panggul ini punya peran penting dalam mengendalikan urin. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai cara senam kegel pria, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (31/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Senam Kegel untuk Pria

Sebelum lebih jauh membahas mengenai cara senam kegel pria, penting untuk mengetahui manfaat dari gerakan senam ini. Mengetahui manfaat dari sebuah latihan atau gerakan senam kegel, tentu akan memberikan motivasi tersendiri untuk melakukannya. Adapun manfaat senam kegel bagi pria antara lain adalah sebagai berikut:

1. Membantu meredakan inkontinensia urine

Bagi pria, senam kegel dapat membantu meredakan inkontinensia urine. Inkontinensia urin merupakan kondisi seseorang yang tidak bisa menahan buang air kecil. Hal ini terjadi pada pria dan juga wanita. Melakukan senam kegel secara rutin dipercaya dapat mengatasi masalah ini.

2. Melancarkan peredaran darah dan membantu ereksi lebih kuat

Dilansir dari Men's Health, Dr. Sandra Hilton, PT, DPT, seorang dokter terapi fisik di Entropy Physiotherapy and Wellness di Chicago, Illinois, mengatakan bahwa melakukan senam kegel bisa mengembalikan kekuatan, fleksibilitas, koordinasi serta stamina sang pria. Selain itu, mengaplikasikan cara senam kegel pria secara benar dapat membantu mengendalikan respon dan fungsi seksual menjadi lebih baik.

4. Membantu atasi ejakulasi dini

Dikutip dari International Journal of Andrology, mengaplikasikan cara senam kegel pria yang benar dapat mengatasi ejakulasi dini. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa cara senam kegel pria yang dilakukan secara rutin selama 12 minggu dapat membantu 50% pria dalam mengatasi ejakulasi dini. Tentu saja ini bermanfaat untuk menunda orgasme dan aktivitas seks yang dilakukan akan lebih memuaskan.

5. Mencegah masalah pada prostat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, cara senam kegel pria ini berfokus pada otot-otot panggul. otot panggul yang kuat dan terlatih dapat mengatasi berbagai masalah yang terjadi di sekitar prostat.

Lalu bagaimana cara senang kegel pria? Berikut penjelasan lengkapnya.

3 dari 3 halaman

Cara Senam kegel Pria

Cara senam kegel pria bisa dibilang cukup mudah dan praktis. Penting untuk diketahui bahwa cara senam kegel pria dan senam kegel wanita melibatkan gerakan yang berbeda. Setidaknya ada empat jenis atau senam kegel pria yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan vitalitas dan mencegah sejumlah penyakit terkait prostat. Cara senam kegel pria antara lain adalah dengan gerakan simple squeeze and release, menahan buang angin, latihan dengan cermin, dan latihan sambil berhubungan intim.

1. Simple Squeeze and Release

Salah satu cara senam kegel pria yang bisa Anda lakukan adalah dengan simpel squeeze and release. Gerakan ini sangat cocok dilakukan bagi Anda yang memiliki otot panggung yang lemah.

Cara senam kegel pria squeeze and release bisa dilakukan dengan mengencangkan otot panggul selama kurang lebih 3 detik, kemudian lepaskan. Kamu bisa melakukan gerakan ini kapan saja, baik pagi, siang atau malam hari. Namun sebaiknya lakukan gerakan tersebut berulang sebanyak 20 kali dalam sehari.

2. Menahan Buang Angin

Salah satu cara senam kegel pria yang bisa kamu lakukan ialah menahan buang angin. Senam kegel dilakukan pria dengan menahan buang angin tidak perlu menunggu ketika Anda ingin buang angin. Anda cukup membayangkan, jika Anda sedang menahan buang angin.

Untuk dapat mengaplikasikan cara ini, sangat memerlukan tingkat konsentrasi yang tinggi. Ini karena kamu perlu fokus untuk melatih kontraksi otot anus. Saat kontraksi terjadi, maka kamu bisa merasakan sensasi kencang pada otot tersebut. Jika Anda merasakan adanya sensasi tersebut, itu tandanya senam yang kamu lakukan telah benar.

3. Latihan dengan Cermin

Cermin ini digunakan untuk mengamati gerakan bagian penis tanpa menggerakan badan. Latihan ini tentunya bisa meningkatkan otot yang ada di area tersebut hingga anus. Lakukan cara senam kegel pria ini dalam waktu 5 detik secara rutin.

4. Latihan Sambil Berhubungan Intim

Penting untuk ditekankan, bahwa senam kegel pria ini disarankan hanya untuk pria yang sudah memiliki pasangan sah. Sebab, senam kegel pria yang satu ini, perlu dilakukan bersama pasangan.

Senam kegel pria yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu cara yang paling menyenangkan. Pasalnya senam kegel pria ini dilakukan ketika sedang berhubungan seksual dengan pasangan. Bahkan Anda bisa meminta pasangan kamu untuk melakukan hal yang sama pada otot panggul, sehingga manfaat dari latihan ini bisa dirasakan kedua pihak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.