Sukses

BM Adalah Bahasa Gaul, Ini 3 Artinya dan Contohnya dalam Percakapan

BM adalah istilah dalam bahasa gaul yang mengacu pada tigal hal yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta BM adalah salah satu istilah yang sering muncul dalam percakapan antarteman. Istilah BM adalah istilah yang sering ditemukan dalam interaksi di media sosial. BM adalah istilah yang bisa mengacu pada dua hal yang berbeda.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui konteks kalimat atau percakapannya terlebih dulu untuk dapat mengetahui arti BM. BM adalah istilah yang bisa mengacu pada kondisi perasaan seseorang. Selain itu, bisa juga dipahami bahwa BM adalah istilah yang mengacu pada keinginan untuk memiliki atau melakukan sesuatu.

Oleh karena itulah, penting bagi kita untuk mengetahui konteks kalimatnya terlebih dahulu sehingga BM ini mengacu pada istilah yang mana. BM adalah bahasa gaul yang mengacu pada kondisi perasaan seseorang, atau BM adalah istilah yang mengacu pada hal yang menunjukkan keinginan seseorang?

Artikel ini akan membahas mengenai arti BM dalam bahasa gaul, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (6/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

BM Adalah Istilah yang Mengacu pada Kondisi Perasaan

Sebagai istilah yang mengacu pada kondisi perasaan seseorang, BM adalah singkatan dari frasa Bad Mood. Sangat lumrah rasanya untuk menjumpai banyak orang untuk menggunakan istilah dari bahasa Inggris untuk mengekspresikan apa yang ada di batinnya, termasuk ketika sedang tidak merasa senang sama sekali.

Dalam bahasa Inggris, perasaan yang tidak senang sama sekali biasa disebut dengan bad mood. Istilah itu kemudian diadopsi dalam percakapan pergaulan di Indonesia untuk mengungkapkan hal yang sama. Kemudian untuk membuatnya lebih praktis, istilah bad mood kemudian disingkat menjadi BM untuk menggambarkan perasaan yang buruk, tidak senang, atau suasana hati yang buruk.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa BM adalah singkatan dari bad mood, yang mengacu pada kondisi perasaan seseorang yang buruk, tidak senang, atau suasana hati yang buruk.

3 dari 6 halaman

BM Adalah Pasar Gelap

Selain mengacu pada kondisi perasaan seseorang, BM adalah istilah yang digunakan untuk mengacu pada pasar gelap, atau proses mendapatkan barang yang tidak resmi bahkan ilegal. Sebagai istilah yang digunakan untuk mengacu pada pasar gelap atau cara mendapatkan produk secara tidak resmi dan ilegal, BM adalh singkatan dari black market.

Pasar gelap atau black market adalah sektor kegiatan ekonomi yang melibatkan transaksi ekonomi ilegal, khususnya pembelian dan penjualan barang dagangan secara tak sah. Umumnya barang atau produk yang dijual di pasar gelap adalah produk-produk yang tidak resmi, tidak terdaftar secara hukum. Misalnya ponsel, ponsel disebut BM jika dijual tanpa pendaftaran yang sah, atau tidak memiliki nomor IMEI yang terdaftar di Kemenperin.

4 dari 6 halaman

BM Adalah Banyak Mau

BM adalah istilah yang digunakan untuk mengungkapkan keinginan seseorang terhadap sesuatu. Mengacu pada hal ini, BM adalah singkatan dari banyak mau. Misalnya saja bisa terkait dengan makanan, fashion, film, dan seterusnya. BM adalah singkatan dari banyak mau. Istilah ini mengacu pada seseorang yang memiliki banyak keinginan, padahal dia sudah memiliki banyak hal yang sudah diinginkan.

Misalnya saja, seseorang tiba-tiba ingin makan sesuatu padahal baru saja makan, kondisi ini bisa juga disebut dengan istilah BM. Yang jelas, BM adalah singkatan banyak mau, yang mana seseorang ingin ini, ingin itu, banyak sekali.

5 dari 6 halaman

Contoh Penggunaan Istilah BM

BM adalah istilah yang bisa mengacu pada tiga hal yang berbeda. Oleh karena itu, untuk memahami maksud dari BM, penting untuk memahami pula konteks kalimat dan konteks percakapannya.

Arti BM jika Bad Mood maka merujuk pada kondisi saat seseorang tengah berada pada perasaan kurang menyenangkan, suasana hati yang buruk, atau sangat sensitif. Contohnya saja, "Aku lagi BM (bad mood) mau pergi ke reuni sekolah." Artinya dirinya tengah berada pada suasana hati buruk untuk pergi menghadiri acara reuni.

Arti BM jika Banyak Mau biasanya digunakan pada situasi ketika seseorang dalam keadaan tertentu seperti tengah sakit, PMS, lagi pengen atau ngidam sesuatu. Sehingga menuliskan atau mengucapkan kata BM kepada orang terdekat atau pasangan tentang keinginan mereka. Misalnya, "Aku lagi BM Boba deh."

Arti BM jika digunakan untuk merujuk pada singkatan Black Market, maka penggunaannya berkaitan dengan berbagai hal tentang pasar gelap. Bisa jadi tentang black market ponsel tertentu.

6 dari 6 halaman

Istilah dalam Bahasa Gaul Lainnya

BM adalah sebagian kecil dari istilah dan bahasa gaul yang berkembang di dalam percakapan media sosial. Selain itu masih banyak lagi istilah dalam bahasa gaul yang baru muncul. Istilah dalam bahasa gaul tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Salfok: Salah Fokus.

2. Takis: Sikat

3. Gabut: Gaji Buta

4. Baper: Bawa Perasaan

5. TBH: To Be Honest

6. AFAIK: As Far As I Know

7. NP: No Problem

8. CMIIW: Correct Me If I’m Wrong

9. FYI: For Your Information

10. LOL: Laughing Out Loud

11. OOT: Out Of Topic

12. Gaje: Nggak Jelas

13. Japri: Jalur Pribadi

14. Komuk: Kondisi Muka

15. Pansos: Panjat Sosial

16. BTW: By The Way

17. BT/Bete: Boring Total atau bosan total.

18. Curcol: Colongan

19. Caper: Mencari Perhatian

20. Jijay: Serupa dengan arti jijik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.