Sukses

Bridesmaid Adalah Pendamping Pengantin Wanita, Ketahui Tugas-Tugasnya

Bridesmaid berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti pengiring pengantin wanita.

Liputan6.com, Jakarta Bridesmaid adalah istilah yang kerap kali kita bicarakan saat ada teman atau sahabat yang menikah. Bridesmaid adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris dengan arti pendamping pengantin wanita.

Dalam acara pernikahan, biasanya pengantin wanita didampingi oleh teman-teman maupun sahabatnya supaya tidak sendiri saat berada di ruang pengantin. Selain itu, bridesmaid memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus diemban.

Bridesmaid adalah teman atau sahabat yang memiliki hak istimewa yang diberikan oleh calon pengantin. Bagi anda yang baru pertama kali mengetahui bridesmaid, penting untuk memahami tugas-tugasnya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian bridesmaid dan tugasnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (7/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Bridesmaid

Kata bridesmaid berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti pengiring pengantin wanita. Sementara, secara bahasa, bridesmaid adalah seseorang yang diinginkan pengantin wanita menjadi bagian dari pernikahannya sejak awal. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian pengiring pengantin adalah orang dan sebagainya yang mengiringi atau menikuti pengantin wanita.

Jumlah orang yang ditunjuk untuk menemani pengantin wanita  biasanya bervariasi dari berjumlah lima orang hingga sepuluh orang. Bridesmaid adalah seseorang yang diinginkan pengantin wanita  menjadi bagian dari pernikahannya sejak awal. Pengiring pengantin biasanya seorang wanita muda dan sering kali merupakan teman dekat atau kerabat.

Bridesmaid adalah anggota teman atau sahabat dari mempelai wanita yang dipercaya untuk merencanakan pernikahan dari sebelum acara dan sesudah acara sesuai dengan permintaan dari mempelai wanita.

Sebagai pengiring pengantin, meraka bertanggung jawab untuk membantu pengantin wanita mempersiapkan acara pernikahannya. Untuk itu, mempelai wanita sering menunjuk bridesmaid yang paling terdekat dengannya.

Bridesmaid adalah sebuah kehormatan dan kesempatan untuk memiliki kenangan seumur hidup dengan teman dan kerabat terdekat kita. Hak istimewa ini hanya dapat digunakan saat ada acara pernikahan saja.

3 dari 4 halaman

Tugas-Tugas Bridesmaid

1. Melayani mempelai calon pengantin

Tugas bridesmaid yang pertama yaitu, melayani kedua mempelai dan berperan sebagai support system. Hal ini dimulai dengan merencanakan semua acara dan upacara pra-pernikahan, serta menghadiri seluruh acara, seperti pesta pertunangan, hingga pesta yang lainnya.

2. Mempersiapkan dan membuat bridal shower

Bridal shower adalah sebuah selebrasi untuk merayakan lepasnya masa lajang seorang perempuan sebelum hari pernikahannya. Biasanya, bridesmaid mempersiapkan salah satu tempat seperti kafe, restoran, hotel atau tempat liburan untuk mengadakan acara perpisahan sebagai single. Acara ini dihadiri oleh beberapa sahabat yang nantinya ditunjuk sebagai bridesmaid.

3. Pengiring pengantin

Peran utama bridesmaid adalah membantu calon pengantin dalam merencanakan pernikahan. Sehingga, selama resepsi, mereka juga perlu berinteraksi dan menjadi pengiring pengganti saat hari H tiba. Pengiring penantin artinya menemani sang mempelai wanita jalan menuju altar atau menuju kursi pernikahan.

4. Memberi dukungan mental

Selanjutnya, tugas bridesmaid adalah memberikan dukungan spiritual kepada calon pengantin. Sebagai teman atau sahabat yang dipercaya, mereka juga harus menerima curhat dari calon pengantin. Selain itu, juga memberikan solusi yang positif. Hal ini supaya mempelai wanita tidak terlalu stres memikirkan pernikahannya.

5. Menjaga barang pengantin

Di hari H, terutama calon pengantin pasti kewalahan dengan barang bawaannya. Tugas bridesmaid adalah mengurus hal-hal penting seperti ponsel dan dompet pengantin tersebut.

4 dari 4 halaman

Tugas-Tugas Bridesmaid

6. Memastikan pengantin tidak kelaparan

Makanan dan minuman merupakan hal terakhir yang dipikirkan oleh pengantin. Saat acara pernikahan, kedua pengantin akan banyak bertemu dengan tamu. Maka dari itu, bridesmaid harus memastikan dia sudah makan dan minum sebelum acara tersebut berlangsung. Sebab, pengantin wanita dan pria dalam acara pernikahannya sendiri akan disibukkan dengan serangkaian acara. Untuk itu, bridesmaid harus memperhatikan pengantin wanita dan pria.

7. Ikut memberi saran

Berikutnya, tugaas bridesmaid adalah ikut memberikan nasihat tentang persiapan pernikahan. Hal ini biasanya terjadi sebelum pernikahan dimulai. Bisa satu bulan atau satu minggu sebelum acara. Seringkali, semua pengantin baru membutuhkan nasihat tentang detail yang berkaitan dengan persiapan pernikahan dan lain-lainnya. Hal ini juga dapat meringankan pikiran dari sang memelai wanita.

8. Membantu pengantin bergerak dengan gaunnya

Jika gaun pernikahan sangat tebal atau ketat, pengantin wanita mungkin akan membutuhkan seseorang untuk membantu mengangkat atau mengurus pakaian tersebut saat sedang berjalan menuju altar atau kursi pernikahan.

Saat pengantin wanita berganti pakaian, dia mungkin perlu bantuan untuk bergerak dan berpindah tempat. Terkadang pengantin wanita lebih nyaman memiliki seseorang yang lebih dekat untuk membantu mereka. Untuk itu, tugas bridesmaid adalah membantu pengantin wanita bergerak dengan gaunnya dan bergantu pakaian.

9. Foto bersama

Bridesmaid menjadi salah satu bagian terpenting saat sesi pemotretan di hari pernikahan. Jadi pastikan Anda dan teman bridesmaid lainnya mempersiapkan diri dengan penampilan dan barisan yang bagus untuk berfoto bersama pengantin di hari pernikahan. Ini juga sebagai momen sekali seumur hidup yang harus diabadikan bersama. Untuk itu biasanya bridesmaid akan diberikan pakaian yang senada supaya terlihat kompak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.