Sukses

Terkecil di Dunia, Televisi Ini Hanya Sebesar Perangko

TV ini juga memiliki fungsi seperti televisi pada umumnya.

Liputan6.com, Jakarta Televisi adalah salah satu alat elektronik yang hampir dimiliki setiap orang di dalam rumahnya. Seperti diketahui dunia penyiaran sekarang ini menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Melalui televisi, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan akan informasi, berita, dan hiburan.

Bahkan tak jarang orang yang rela merogoh kocek banyak untuk membeli televisi. Salah satu yang kerap diburu oleh masyarakat adalah televisi dengan ukuran besar. Semakin lebar layar, kian lega pula mata menyaksikan tontonan.

Namun, sebuah perusahaan elektronik, TinyCircuits, mencoba menentang arus dengan menciptakan produk unik. TinyCircuits baru-baru ini meluncurkan televisi terkecil di dunia, yang diberi nama TinyTV 2 dan TinyTV Mini.

TV tersebut memiliki tampilan retro dengan ukuran yang sangat mini. Bahkan jika diukur, televisi itu hanya sebesar perangko. Meski demikian, dua TV itu memiliki fungsi yang baik seperti televisi ukuran biasa. Berikut penjelasan selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Kamis (10/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berfungsi Seperti TV Pada Umumnya

Televisi berukuran mungil itu memiliki tombol pengatur saluran dan volume, remote control, penyimpanan 8Gb, dan konektivitas PC untuk mengunggah video. TinyTV 2 memiliki layar 1,0 inci (26 mm) dan terletak di atas speaker depan 0,6 kali 0,4 inci (16 kali 9 mm) yang hadir dengan layar IPS TFT.

Sedangkan TinyTV Mini yang lebih kecil memiliki layar 0,6 inci (15 mm) dan menampilkan layar OLED yang cerah. Keduanya memiliki kapasitas internal yang sama yaitu 8 Gb, dan dilengkapi dengan serangkaian video yang telah dimuat sebelumnya. Kedua jenis TV itu juga dapat dihubungkan ke komputer melalui USB-C.

TinyCircuits juga menawarkan konverter video gratis yang membantu pengguna mengubah video menjadi file yang dapat diputar di TinyTV. Dalam hal masa pakai baterai, TinyTV 2 memiliki baterai internal yang baik untuk pemutaran video sekitar 2 jam. Sedangkan TinyTivi Minil memiliki baterai yang lebih kecil yang bertahan selama sekitar satu jam.

3 dari 3 halaman

Populer di Kalangan Penggemar Diorama

TinyTV 2 hitam-abu-abu dan TinyTV Mini serba hitam tersedia untuk dipesan melalui Kickstarter dengan harga US$49 atau sekitar Rp 768 ribu), sementara versi yang jelas dari keduanya dengan harga US$59 atau sekitar Rp 925 ribu.

Jadi mengapa ada orang yang tertarik dengan TV kerja terkecil di dunia? Nah, terlepas dari daya tarik kebaruan, mereka tampaknya sangat populer di kalangan penggemar diorama yang ingin membuat kreasi mereka terlihat dan terasa lebih realistis.

Sebuah remote inframerah juga dapat dipesan dengan tambahan biaya sebesar US$10 atau sekitar Rp 156 ribu, dan pembeli bahkan dapat mengajukan permohonan untuk memasukkan nama untuk disertakan dalam layar kredit khusus yang akan diprogram ke setiap TinyTV 2 dan TinyTV Mini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.