Sukses

18 Tempat Wisata Kuliner di Bogor yang Wajib Dikunjungi, Rasanya Melegenda

Rekomendasi tempat wisata kuliner di Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak rekomendasi tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Kulineran di Bogor, Jawa Barat disebut mampu menggoyang lidah penikmatnya sampai bikin ketagihan.

Datanglah ke wisata kuliner di Bogor dengan menikmati sajian soto, ayam, bakso, mi, es, hingga sate dengan rasa yang sudah melegenda sejak tahun 1960-an.

Ada sekitar delapan belas tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Tempat wisata kuliner ini menyajikan hidangan dengan harga yang sangat terjangkau. Cukup rogoh kocek puluhan ribu saja.

Tertarik berkunjung ke tempat wisata kuliner di Bogor ini? Berikut Liputan6.com ulas delapan belas tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi, Jumat (11/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tempat Wisata Kuliner di Bogor yang Wajib Dikunjungi

1. Soto Kuning Pak Yusup

Tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi dan cukup populer adalah Soto Kuning Pak Yusup di Jalan Surya Kencana No 103. Saat memesan soto, pengunjung bisa memilih lauk disajikan dengan cara digoreng atau dibumbui kuning.

Satu porsi soto kuning di tempat ini seharga Rp10.000, tergantung dari lauk yang dipilih. Jika ingin mencoba tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi ini, pengunjung bisa datang pukul 08:00-18:00 setiap harinya.

2. Toge Goreng Mang Gebro

Tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi adalah toge goreng Mang Gebro. Di sini menyajikan hidangan yang terdiri dari potongan lontong, mie telor kuning, irisan tahu goreng, dan toge rebus tentunya.

Campuran ini, kemudian di siram dengan bumbu hangat berbahan dasar tauco dan oncom. Akan ada sensasi rasa manis dan asin yang unik. Tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi seperti toge goreng Mang Gebro sudah dikelola secara turun temurun sejak tahun 1967.

3. Ayam Penyet Pandawa

Ayam Penyet Pandawa adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Kuliner di sini yang bikin nagih adalah sambal ijonya. Mirip dengan ayam penyet biasanya, rasanya gurih karena bumbu ungkepnya meresap ke dalam daging dan dagingnya empuk.

Biasanya para pembeli menyantap ayam dengan kol goreng. Satu porsi ayam dan nasi di tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi ini harganya Rp19.000. Murah, bukan? Alamat Ayam Penyet Pandawa di Jl. Achmad Adnawijaya, Tegal Gundil, Bogor Utara (Sebrang Alfamart).

4. Sop Buntut Mak Emun

Sop Buntut Mak Emun adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Ini tempat kulineran yang legendaris di kota Bogor sejak 1960-an. Jika ingin mampir, cukup datang ke jalan Jenderal Sudirman No. 48, Bogor Tengah, Bogor.

5. Bakso Kikil Pak Jaka

Bakso Kikil Pak Jaka adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Kuliner satu ini sudah berdiri sejak 1993. Lokasinya berada di Jalan Surya kencana No 287 ini buka pukul 09:00 dan tutup saat bakso sudah habis.

Bakso Kikil Pak Jaka sebagai tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi, begitu spesial di kalangan warga dan wisatawan karena menggunakan kikil empuk yang mudah dikunyah. Kikil yang diambil berasal dari bagian betis sapi karena bebas lemak.

6. Laksa Bogor Pak Inin

Laksa Bogor Pak Inin adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Ini kuliner perpaduan antara Melayu dan Tionghoa. Tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi ini bisa ditemukan dengan mudah di kotanya.

Warung laksa legendaris di Bogor bisa ditemukan di Warung Laksa Pak Inin di Jl. Raya Cihideung, Desa Palasari, Cijeruk Bogor.

7. Bapatong

Bapatong adalah singkatan dari bakso kupat gentong. Ini tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi dan paling dicari pecinta kuliner. Mirip dengan bakso, kuliner Bogor ini disajikan dengan kaldu sapi, bakso, bihun, mie kuning, dan pangsit.

Harga dari Bapatong tidaklah mahal, hanya Rp15.000 saja. Bapatong dapat ditemukan di Jalan Taman Kencana, Bogor.

8. Soto Mi Mang Ohim

Soto Mi Mang Ohim adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Lokasi Soto Mie Mang Ohim di Jalan Taman Cimanggu No 22, Kedung Waringin. Tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi ini buka pukul 08:00-20:00 setiap harinya.

Di wisata kuliner satu ini, satu porsi soto berisi mi, bihun, wortel, kentang, lobak, kikil, dan potongan risol. Potongan risol ini yang membuat Soto Mie Mang Ohim begitu gurih dan berbeda dari soto lainnya.

9. Kedai Cungkring Pak Jumat

Nama cungkring didasarkan bahan pembuat makanan ini. Cung-nya dari Cungur yang artinya bibir sapi, dan kring berasal dari garingan kaki. Cungkring memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih.

Dalam seporsi Cungkring terdapat isian pelengkap seperti, potongan rempeyek, tempe goreng dan irisan lontong yang semakin menggugah selera. Kedai Cungkring Pak Jumat adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Kuliner satu ini sudah berdiri sejak 1975, lokasinya di Jalan Suryakencana No. 285, Bogor.

3 dari 3 halaman

Tempat Wisata Kuliner di Bogor yang Wajib Dikunjungi

10. Nasi Bebek Madura

Nasi Bebek Madura adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Nasi bebek bumbu Madura dikenal strong banget, tasty, dan kental. Dalam penyajiannya diberi taburan serundeng kelapa, dan ada sambel cabe merah terpisah yang rasanya juga gurih.

Alamat Nasi Bebek Madura Cak Rahman sebagai tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi, berada di Jl. Pajajaran Indah, Tanjakan Villa Duta, Bogor.

11. Asinan Gedung Dalam

Asinan Gedung Dalam adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Ini kawasan bersejarah, khususnya di kalangan etnis Tionghoa.

Memasuki era 1970, gedung yang berada di Jalan Siliwangi No 27, Bogor Timur ini mulai dikenal sebagai pusat tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi yang menawarkan jajan asinan.

Ada dua jenis asinan yang bisa pengunjung coba di tempat makan yang buka pukul 09:00-21:00 ini, yaitu asinan sayur dan buah. Bedanya, asinan sayur berisi mentimun, kol, wortel, dan taoge.

Sedangkan asinan buah terdiri dari nanas, bengkuang, pepaya, dan ubi. Kedua asinan ini memiliki rasa yang asam dan sedikit pedas.

12. Doclang Mak Icoh

Doclang Mak Icoh adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Ini termasuk kuliner Bogor yang langka. Doclang makanan yang mirip dengan ketoprak dan kupat tahu.

Kuliner Bogor satu ini berisi potongan ketupat, tahu, kentang, dan tambahan telur yang diberi siraman sambal kacang. Lokasi tempat wisata kuliner di Bogor yang dimaksudkan berada di kawasan Jalan Mantarena Jembatan Merah.

13. Es Pala Bu Aisyah

Es Pala Bu Aisyah adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Es Pala ini terbuat dari bahan sederhana seperti irisan buah pala, gula pasir, dan garam.

Rasanya lezat dan menyegarkan, es pala ini pun memiliki aroma harum yang khas dari buah pala. Lokasi tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi ini berada di Gang Aut, Jalan Suryakencana.

14. Martabak Encek

Martabak Encek adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Martabak Encek berdagang dengan gerobak kecil yang membuat martabak dengan arang.

Proses masak dengan arang inilah yang membuat martabak ini istimewa dibandingkan martabak lainnya. Aroma arang yang dihasilkan sangat khas memberikan cita rasa yang lebih unik, buka mulai jam 2 siang hingga habis.

15. Ngo Hiang

Ngo Hiang adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi, mirip batagor Bandung. Ini adalah salah satu Chinese food yang banyak digemari masyarakat. Ini kuliner Bogor yang dibuat dari daging babi cincang yang dibungkus dengan tepung kanji.

Sajian Ngo Hiang ini dibanderol mulai Rp33.000 hingga Rp45.000 satu porsinya. Tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi satu ini berada di Jl. Suryakencana No.154, Bogor, yang buka mulai jam 9 pagi hingga jam 6 sore.

16. Soto Mie Agih

Soto Mie Agih adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Ini masih menjadi pilihan bagi para penggemar olahan daging babi. Sajian mie kuning yang diberi topping daging dan jeroan babi, lalu disiram dengan kuah kaldu yang gurih dan nikmat.

Satu porsi Soto Mie Agih dijual mulai dari Rp38.000 hingga Rp42.000. Tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi ini berlokasi di Jl Suryakencana No.311, Bogor. Warung Soto Mie Agih buka jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

17. Sate Sumsum Pak Oo

Sate sumsu pak oo adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Warung Sate Pak Oo tidak hanya menjual sate daging, tetapi ginjal dan sumsum yang sudah dimasak.

Sate Sumsum dan Sate Ginjal Pak Oo dijual dengan harga sekitar Rp 30.000,00 untuk per porsinya. Setiap porsi sate ini berisi 10 tusuk. Pembeli bisa mengkombinasikan antara Sate Sumsum dan Sate Ginjal.

18. Ayam Goreng Warung Doyong

Ayam Goreng Warung Doyong adalah tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi. Kuliner Bogor ini terkenal akan kelezatan ayam goreng dengan bumbu serundengnya.

Alamat Ayam Goreng Warung Doyong ada di Jl. Pahlawan no.143A, Bondongan (Persis perempatan Jalan Belokan Gang Aut), Bogor. Buka dari jam 06.00-14.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.