Sukses

4 Cara Membuat Panel Surya Dengan Aluminium Foil, Mudah dan Murah

pengertian panel surya dan manfaatnya, serta cara membuat panel surya dengan menggunakan alumunium foil.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat panel surya menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk menghemat penggunaan energi. Panel surya merupakan alat yang saat ini telah banyak dimanfaatkan sebagai alat penghasil energi alternatif, seiring dengan menipisnya energi fosil dan bumi akibat penggunaan secara terus menerus dan pemanasan global.

Dapat diperoleh di toko elektronik, biaya yang harus dikeluarkan untuk memiliki panel surya terbilang mahal. Untuk mengakalinya, penting untuk mengetahui cara membuat panel surya secara mandiri menggunakan berbagai perangkat yang dapat dengan mudah ditemukan di rumah.

Cara membuat panel surya terbilang sangat mudah dan sederhana, selain itu anda juga bisa membuat panel surya dengan menggunakan bahan-bahan yang murah seperti aluminium foil. Tidak membutuhkan banyak biaya, cukup dengan ketelatenan anda dapat membuat panel surya karya anda sendiri.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang pengertian panel surya dan manfaatnya, serta cara membuat panel surya dengan menggunakan alumunium foil, Senin (14/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Panel Surya?

Panel surya adalah alat yang digunakan untuk mengubah cahaya dari matahari, yang terdiri dari partikel energi yang disebut "foton", menjadi listrik yang dapat digunakan untuk menyalakan beban listrik.

Panel surya dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi termasuk sistem tenaga jarak jauh untuk kabin, peralatan telekomunikasi, penginderaan jarak jauh dan tentu saja untuk produksi listrik oleh sistem listrik surya perumahan dan komersial.

Menggunakan panel surya adalah cara yang sangat praktis untuk menghasilkan listrik untuk banyak aplikasi. Tidak perlu lagi membayar biaya besar untuk pemasangan tiang listrik dan kabel dari titik akses jaringan utama terdekat. Sistem listrik tenaga surya berpotensi lebih murah dan dapat menyediakan daya hingga tiga dekade jika dirawat dengan baik.

manfaat lain yang akan anda nikmati dari penggunaan tenaga surya adalah sumber energi yang bersih dan terbarukan. Dengan munculnya perubahan iklim global, semakin penting bagi kita untuk melakukan apapun yang kita bisa untuk mengurangi tekanan pada atmosfer kita dari emisi gas rumah kaca. 

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Panel Surya Dengan Aluminium Foil

Membuat panel surya anda sendiri adalah proyek yang menyenangkan untuk dilakukan. Anda dapat menggunakan banyak bahan, tetapi aluminium foil adalah yang terbaik. Anda dapat membuat panel surya dengan aluminium foil bahkan jika anda tidak memiliki pengalaman.

Jika anda tidak memiliki aluminium foil, anda juga dapat menggunakan peralatan rumah tangga lainnya yang terbuat dari aluminium.  Bahan yang digunakan dalam proyek ini sebagian besar terbuat dari logam. Logam seperti perak, tembaga, dan aluminium bersifat konduktif, menjadikannya pilihan yang sangat baik.

Bahan dan Alat: 

- Alumunium foil

- Selembar kaca

- Kawat tembaga

- Pemotong kawat

- Kabel terisolasi

- Lem

 

Langkah Membuatnya:

1. Tutup Kaca Dengan Kawat Tembaga

Gunakan kawat tembaga untuk menutupi permukaan kaca sebanyak mungkin. Gunakan lem tahan panas untuk menjaga semuanya tetap pada tempatnya. Semakin besar potongan kacanya, semakin banyak kawat tembaga yang anda perlukan untuk menutupi permukaannya. Ukuran panel yang anda buat juga mempengaruhi jumlah energi yang akan anda hasilkan. 

2. Bungkus Permukaan Dengan Foil

Ambil selembar aluminium foil besar dan bungkus seluruh permukaan kaca. Bagian aluminium foil yang mengkilap harus menghadap ke arah kaca. Bagian yang kusam harus menghadap sinar matahari.  Buat dua lubang kecil pada foil di kedua ujungnya agar kabel tembaga bisa masuk. 

3. Tempatkan Panel Di Bawah Sinar Matahari

Seluruh tujuan panel surya adalah menggunakan matahari untuk menyalakannya. Temukan tempat dengan banyak sinar matahari langsung yang tidak terkena elemen seperti hujan.  Anda bisa menggunakan multimeter untuk menguji tegangan di semua titik. Ini akan membantu anda menemukan area di mana sinar matahari paling terang. 

4. Pasang Kabel Ke Peralatan 

Gunakan kabel tembaga untuk membuat sambungan antara panel dan peralatan anda. Anda akan membutuhkan pemotong kawat dan kabel listrik berinsulasi. Ingatlah untuk berhati-hati saat bekerja dengan segala jenis listrik. Karena listrik selalu membawa risiko.

4 dari 4 halaman

Pro Kontra Membuat Panel Surya Sendiri

Pembuatan panel surya secara mandiri tentu memiliki keuntungan dan kelemahan nya sendiri, berbeda dengan membeli panel surya pada produsen pembuat panel surya. Panel surya buatan sendiri tentu memiliki kualitas yang berbeda. Berikut ini pro dan kontra membuat panel surya sendiri yang perlu dipertimbangkan:

Pro Membuat Panel Surya Sendiri

- Paket dan instruksi sudah tersedia secara online dengan modal yang terbilang sedikit atau tanpa biaya. Mampu mengikuti langkah-langkah untuk membangun panel sangat mungkin dilakukan.

- Memproduksi panel surya anda sendiri untuk proyek kecil di luar jaringan bisa menjadi pengalaman belajar yang luar biasa. Jika anda memiliki pola pikir teknik dan ingin tahu tentang cara kerja panel surya, ini bisa menjadi tantangan yang menyenangkan bagi anda.

 

Kontra Membuat Panel Surya Sendiri

- Panel surya buatan rumah yang tidak dikonfigurasi dengan benar dapat menyebabkan kebakaran karena penumpukan panas yang hebat pada hari yang panas dan cerah.

- Jika anda memilih untuk membeli barang bekas sebagai bahan dasar, kemungkinan besar anda akan mendapatkan barang yang rusak. Membeli bahan-bahan tersebut pasti akan menyebabkan kegagalan sistem.

- Sistem buatan sendiri sering melanggar kode kelistrikan, ini mungkin menyebabkan masalah dalam perizinan. 

- Panel buatan sendiri tidak memenuhi syarat untuk insentif dan administrasi.

- Jumlah uang yang anda hemat mungkin memiliki umur simpan yang pendek. Jika panel anda rusak, anda harus menggantinya lagi dan lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.