Sukses

10 Manfaat Telur Setengah Matang, Pahami Juga Efek Samping dan Cara Memasaknya

manfaat telur setengah matang, efek sampingnya dan cara memasak telur setengah matang yang baik dan benar.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat telur setengah matang tidak hanya sekedar enak untuk dimakan, nyatanya konsumsi telur setengah matang juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Telur setengah matang merupakan salah satu makanan yang cukup mudah kita temukan dimana-mana. 

Beberapa dari kita suka mengonsumsinya, tetapi beberapa dari kita tidak. Pasalnya, telur setengah matang memiliki rasa yang sedikit berbeda dan masih banyak yang meragukan kesehatan telur setengah matang. Padahal manfaat telur setengah matang tidak kalah dari telur yang matang sempurna.

Nyatanya kandungan nutrisi dari telur tetaplah sama, meski dimasak dengan tingkat kematangan sempurna atau setengah matang. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat telur setengah matang lebih banyak karena waktu pengolahannya yang lebih singkat membuat nutrisi didalamnya tetap alami.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (15/11/2022). Tentang manfaat telur setengah matang, efek sampingnya dan cara memasak telur setengah matang yang baik dan benar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Telur Setengah Matang

Beberapa orang masih takut mengkonsumsi telur setiap hari. Mereka takut mengkonsumsi telur akan meningkatkan kadar kolesterol. Padahal penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi telur dapat menurunkan kadar kolesterol kita. 

Telur mengandung zat gizi esensial seperti riboflavin, protein dan selenium yang sangat dibutuhkan oleh manusia, terutama bagi anak-anak. Dan karena mengandung protein, banyak orang menjadikan telur sebagai menu sarapan mereka karena dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk menghabiskan sepanjang hari. 

Memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, berikut ini adalah beberapa manfaat telur setengah matang bagi kesehatan tubuh:

1. Mendukung Pola Makan

Manfaat telur setengah matang yang pertama yang harus kita ketahui adalah dukungan telur setengah matang bagi yang ingin melakukan diet. Telur setengah matang mengandung asam amino tingkat tinggi. Asam amino yang masuk ke dalam tubuh kita memiliki tanggung jawab sebagai sumber energi, sehingga dapat membantu pembentukan otot dan kulit. 

Asam amino yang terkandung di dalam telur setengah matang merupakan sumber energi yang lebih baik daripada protein dan dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, 75 persen lemak yang terkandung di dalam telur merupakan lemak tak jenuh sehingga lebih mudah diserap.

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat telur setengah matang yang kedua adalah mencegah penuaan dini. Telur setengah matang merupakan sumber yang baik dari karotenoid, lutein, dan zeaxanthin yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh kita dari penuaan. Tidak hanya untuk kulit, tetapi juga untuk organ penting dan proses kerusakan sel dan jaringan akibat penuaan.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat telur setengah matang yang berguna untuk kesehatan kita adalah dapat menunjang daya ingat kita. Telur setengah matang adalah sumber kolin yang baik. Kolin diperlukan untuk meningkatkan daya ingat kita sehingga kita dapat mengingat semuanya dengan lebih baik.

4. Telur setengah matang Kaya akan Nutrisi

Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui bahwa jika anda memasak makanan hingga benar-benar matang, sebagian nutrisi yang terkandung di dalamnya akan hilang. Kasus yang sama juga terjadi pada telur. 

Jika dimasak setengah matang, sebagian nutrisi yang terkandung di dalam kuning telur akan hilang, sedangkan jika dimasak setengah matang, nutrisi di dalamnya akan aman. Berikut adalah daftar nutrisi telur setengah matang:

- Lemak jenuh 432 g

- Kolesterol 186 mg

- Natrium 122 mg

- Kalium 55 mg

- Lemak (Total) 65 g

- Gula 49 gr

- Protein 51 g

- Karbohidrat (Total) 49 g

3 dari 5 halaman

Manfaat Telur Setengah Matang

5. Membantu Membangun Otot

Manfaat telur setengah matang yang selanjutnya adalah membantu membangun otot. Jika anda ingin memiliki tubuh yang tegap, tidak hanya olahraga, anda harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang mendukung program anda. Salah satunya adalah telur setengah matang.

Telur setengah matang merupakan salah satu makanan yang dianjurkan jika anda ingin membentuk otot karena kaya akan asam amino yang merupakan sumber energi yang lebih baik. Telur setengah matang juga mengandung lebih banyak lemak tak jenuh daripada yang lemak jenuh.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah organ yang sangat penting bagi tubuh kita. Karena, tanpa mata, kita tidak bisa melihat dan kita tidak tahu seperti apa dunia ini. Itulah mengapa sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata kita.

Dan cara untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin A di dalamnya. Salah satu makanan tersebut adalah telur dan telur setengah matang yang mengandung lebih banyak vitamin A daripada telur matang. 

7. Mencegah Anemia

Manfaat telur setengah matang yang berikutnya adalah mencegah anemia. Anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh kita kekurangan sel darah merah. Anemia juga bisa terjadi ketika tubuh kita kekurangan vitamin B12.

Dan untuk menyembuhkan atau mencegahnya, anda bisa mencoba mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 di dalamnya, salah satunya telur setengah matang. Manfaat telur setengah matang untuk kesehatan dapat menjadi cara mudah untuk mencegah anemia dan menyembuhkannya.

8. Membantu Metabolisme

Manfaat telur setengah matang yang selanjutnya adalah untuk membantu metabolisme tubuh. Seperti yang sudah kita ketahui, telur setengah matang mengandung asam amino di dalamnya. Manfaat kesehatan lain dari asam amino adalah membantu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh kita.

9. Membantu Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat kesehatan lain dari asam amino adalah untuk membantu sistem kekebalan tubuh kita. Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui bahwa asam amino memiliki banyak sekali komponen yang dibutuhkan oleh tubuh kita, salah satunya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Jadi, jika anda mengonsumsi telur setengah matang sebagai menu sarapan anda, maka anda akan terhindar dari penyakit sepanjang hari.

10. Sarapan Sehat, Enak dan Mudah

Semua orang dapat membuat telur setengah matang sendiri. Selain itu telur setengah matang adalah makanan pokok atau lauk yang enak, membuat telur setengah matang sangat cocok untuk sarapan. Pertama, memasaknya mudah dan sederhana. Kedua, telur setengah matang memiliki banyak nutrisi. Ketiga, rasanya enak dan gurih.

4 dari 5 halaman

Efek Samping Telur Setengah Matang Yang Tidak Bersih

Efek Samping Telur Setengah Matang Yang Tidak Bersih

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun konsumsinya tetap harus memperhatikan kebersihan telur yang diolah. Karena telur setengah matang juga memiliki efek samping yang bisa menyerang sebagian orang. Hal ini karena telur sangat rentan sehingga bakteri bisa masuk dengan mudah. Berikut adalah beberapa efek samping dari mengkonsumsi telur setengah matang yang tidak bersih atau salah dalam pengolahannya:

1. Telur Setengah Rebus Mengandung Zat Avidin

Zat avidin sedikit berbahaya bagi manusia karena dapat menghambat penyerapan vitamin dan mineral di dalam tubuh kita. Selain itu, zat avidin juga dapat menyebabkan alergi dan kebotakan bagi sebagian orang.

2. Bakteri yang Disebut Salmonella

Berdasarkan penelitian, ada bakteri bernama salmonella yang terkandung di dalam telur setengah matang. Bakteri ini tentunya akan mempengaruhi kesehatan kita. Bakteri ini merupakan penyebab penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti tifus dan akan menyerang kita dengan mudah ketika daya tahan tubuh kita sedang dalam kondisi rendah.

3. Ovomucoid

Telur mengandung ovomucoid di dalamnya. Ovomucoid sendiri merupakan protein jahat yang akan mempengaruhi kesehatan kulit dan pernafasan kita. Untuk kulit akan menimbulkan rasa gatal yang mengganggu, bengkak dan juga membuat kulit menjadi merah. Sedangkan untuk pernapasan, anda akan menderita batuk dan bersin. 

4. Melamin

Saat ini, penelitian menunjukkan bahwa telur mengandung melamin di dalamnya. Diduga melamin yang terkandung di dalam telur berasal dari pakan ayam. Dan melamin adalah bahan untuk pembuatan plastik, cat, dan pupuk. 

5 dari 5 halaman

Cara Memasak Telur Setengah Matang

Cara Memasak Telur Setengah Matang Rebus dengan Benar

Memiliki banyak manfaat, memasak telur setengah matang dengan cara direbus terbilang sangat mudah dan lebih sehat. Namun bagi pemula, mungkin memasak telur setengah matang bisa jadi cukup sulit karena harus tahu kapan akan meletakkan telur atau kapan akan mengeluarkannya dari wajan. Berikut dua cara memasak telur setengah matang untuk anda yang masih pemula.

1. Menggunakan Air Dingin

Pertama, masukkan telur ke dalam wajan. Kemudian tuangkan air dingin ke dalamnya sampai telur terendam di dalam air. Kemudian, nyalakan kompor dan tunggu hingga air mendidih. Setelah air mendidih, matikan api, ambil dan tiriskan telurnya. Dan, telur harus ditutup menggunakan kain, atau tisu jika tidak ada, dan tunggu hingga tiga menit lagi. Kemudian, telur setengah matang anda siap disajikan.

2. Masak telur selama 6 menit

Cara lain untuk memasak telur setengah matang adalah dengan memasaknya selama 6 menit. Apa bedanya dengan cara pertama yang sudah kami sebutkan sebelumnya? Bedanya adalah waktu anda memasukkan telur. Cara pertama, anda memasukkan telur sebelum air mendidih. Pada langkah ini, anda memasukkan telur setelah air mendidih. anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memasak dengan cara ini, tetapi anda akan mendapatkan kuning telur yang masih meleleh. Itulah sensasi mengkonsumsi telur setengah matang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.