Sukses

8 Cara Menghindari Penipuan Tiket Konser, Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Cara menghindari penipuan tiket konser adalah dengan memastikan informasi dan metode pembayaran secara aman dan akurat.

Liputan6.com, Jakarta Tiket konser merupakan salah satu dokumen berbentuk cetak, yang biasanya diperoleh melalui proses elektronik, atau bentuk lainnya. Tiket konser merupakan salah satu alat bukti adanya perjanjian yang dilakukan oleh penyelenggara dan konsumen atau pembeli. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tak didinginkan, maka ada beberapa cara menghindari penipuan tiket konser yang mudah dan efektif untuk dilakukan.

Cara menghindari penipuan tiket konser bisa Anda lakukan, salah satunya dengan membeli tiket acara langsung ke venue. Selain itu, bisa juga menggunakan metode pembayaran yang aman seperti kartu kredit, sehingga Anda memiliki peluang mendapatkan uang kembali jika terjadi penipuan.

Tiket konser biasanya akan dijual secara massal di situs-situs website, sehingga terdapat beberapa cara menghindari penipuan tiket konser yang mudah dengan memeriksa sumber dan informasi yang tersedia. Anda juga bisa menghindari iklan dengan harga murah, apalagi jika mendekati hari H. Namun jangan khawatir, karena promotor konser biasanya akan mengarahkan untuk membeli di situs partner penjual tiket resmi.

Berikut ini cara menghindari penipuan tiket konser yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/11/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghindari Penipuan Tiket Konser

1. Beli langsung di tempat

Cara menghindari penipuan tiket konser yang aman untuk dilakukan, adalah dengan membeli tiket acara langsung ke venue, atau bisa secara langsung lewat situs resmi mereka. Situs web venue mungkin mengarahkan Anda ke ticketmaster atau penyedia lain untuk menyelesaikan pembelian. Namun pastikan juga Anda telah memiliki URL situs web yang benar.

2. Periksa penjual

Cara menghindari penipuan tiket konser selanjutnya yang bisa Anda lakukan, dengan membeli dari perusahaan pihak ketiga, namun pastikan mereka adalah vendor atau reseller tiket yang memiliki reputasi baik, bukan calo tiket. Perhatikan baik-baik URL situs web untuk memastikan tidak ada sedikit kesalahan ejaan, karena penipu biasanya suka membuat situs web yang mirip dengan nama domain bisnis terkenal sehingga Anda mungkin sulit untuk mengetahuinya. 

3. Gunakan metode pembayaran yang aman

Cara menghindari penipuan tiket konser yang bisa Anda lakukan selain membeli langsung di tempat, maka pastikan untuk pembelian online dengan kartu kredit Anda. Hal ini membantu Anda untuk membantah tuduhan penipuan, dan memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan uang Anda kembali.

4. Periksa tempat duduk

Cara menghindari penipuan tiket konser selanjutnya, yaitu dengan periksa kembali tempat duduk yang Anda pilih. Meski pembelian tiket yang Anda lakukan secara online, namun mengecek tempat duduk kala konser berlangsung menjadi hal yang penting. 

 

 

3 dari 4 halaman

Cara Menghindari Penipuan Tiket Konser

5. Periksa sumber

Cara menghindari penipuan tiket konser selanjutnya, sebelum Anda membeli tiket dari vendor atau situs yang tidak dikenal, maka Anda bisa melakukan pemeriksaan serta verified untuk memastikan keasliannya tiket yang Anda peroleh. 

6. Periksa kembali semua informasi yang tersedia

Cara menghindari penipuan tiket konser salah satunya adalah, sebelum membeli tiket, pastikan semua informasi yang diberikan penjual sesuai dengan informasi acara resmi. Baik itu tanggal dan tempat konser akan berlangsung, serta pastikan semua poin informasi yang Anda inginkan tersedia. 

7. Jangan percayai iklan

Sering kali saat Anda ingin mencari tiket acara tertentu secara online, maka muncul sejumlah iklan tiket untuk dijual. Oleh karena itu, sebagai pembeli Anda perlu berhati-hati membeli tiket melalui iklan, apalagi jika harga yang ditawarkan tampak terlalu rendah.

8. Hindari mencari tiket dalam waktu dekat dengan hari H

Cara menghindari penipuan tiket konser yang bisa Anda lakukan, yaitu menghindari pembelian tiket dalam waktu dekat dengan hari H. Umumnya hal ini menjadi salah satu penyebab, adanya penipuan tiket konser. Ketika kemungkinan akan kehabisan tiket lebih besar, maka sebagai pembeli akan membeli tiket dengan harga yang lebih mahal.

 

 

4 dari 4 halaman

Hal-Hal Wajib yang Perlu Diketahui Sebelum Nonton Konser

Terdapat hal-hal wajib yang perlu Anda ketahui sebelum menonton konser, selain mengetahui cara menghindari penipuan tiket konser. 

1. Bawa uang tunai sesuai kebutuhan

Sebelum menonton konser, maka Anda harus menyiapkan sejumlah uang tunai secukupnya untuk membeli makan, minum atau pun merchandise yang dijual di lokasi. Bila perlu, Anda bisa membawa tas besar dan dompet yang tidak mencolok untuk terhindar dari sasaran pencopet.

2. Siapkan kartu identitas

Sebelum menonton konser, maka Anda harus menyiapkan KTP atau SIM, serta tanda pengenal lain. Umumnya untuk masuk ke area konser, terkadang kamu perlu menunjukkan sebagai salah satu identitas diri. 

3. Siapkan kesehatan fisik

Tak hanya uang yang bisa Anda siapkan, namun saat ingin menonton konser selalu pastikan stamina yang prima, serta kondisi perut terisi sebelum berangkat konser. Siapkan juga minuman untuk tidak dehidrasi, serta minum obat herbal agar tidak masuk angin. Kesehatan fisik sangat diperlukan, agar Anda tidak sakit saat berada di lokasi konser. 

4. Pastikan proses penukaran tiketnya

Jika kamu membeli tiket menggunakan website ataupun aplikasi pendukung lainnya, maka sangat penting mengetahui cara untuk menukarkan tiketnya. Hal ini perlu diantisipasi, karena panitia acara seringkali memberlakukan batasan jam untuk penukaran tiket di venue begitu pula jam open gate-nya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.