Sukses

4 Peta Wisata Lombok Terpopuler, Mudahkan Perjalanan Liburan dengan Waktu Singkat

Peta wisata Lombok yang bisa anda kunjungi selama menghabiskan waktu liburan di Lombok dalam waktu singkat.

Liputan6.com, Jakarta Peta wisata Lombok memudahkan wisatawan untuk melakukan perjalanan liburannya dengan waktu kunjungan yang singkat. Lombok adalah pulau Indonesia yang terletak tepat di sebelah timur Bali, di seberang Selat Lombok di Asia Tenggara. 

Pulau Lombok semakin dikenal sebagai destinasi wisata yang menyajikan pemandangan alam yang memukau. Memiliki banyak destinasi wisata di setiap kabupatennya, peta wisata Lombok memberi kemudahan bagi wisatawan untuk melakukan perjalanan di banyak tempat wisata dalam waktu singkat.

Peta wisata Lombok mencakup beberapa destinasi wisata yang memiliki lokasi berdekatan atau berada dalam satu kabupaten. Dengan mengikuti peta wisata Lombok, perjalanan liburan di pulau yang memukau ini dapat berjalan dengan lebih efektif dan maksimal, walau dilakukan dalam jangka waktu yang singkat.

Untuk referensi bagi anda yang akan berkunjung ke Lombok, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (16/11/2022). Peta wisata Lombok yang bisa anda kunjungi selama menghabiskan waktu liburan di Lombok dalam waktu singkat.

2 dari 5 halaman

Peta Wisata Lombok Barat

A. Peta Wisata Lombok Barat

Lombok Barat memiliki keindahan Bali dan pedalaman Australia. Gunung berapi Rinjani setinggi 3.726 m mendominasi bagian barat laut pulau, sedangkan bagian barat daya gersang dan tertutup sabana. Terkenal dengan keranjang, gerabah, dan tekstil tenun ikat, Lombok Barat memiliki pesona yang luar biasa.

1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang akan dikunjungi selanjutnya.Dengan garis pantai yang panjang dan padat, pantai Senggigi di Lombok menawarkan nuansa pantai dari hitam ke putih.

Air laut memiliki ombak yang tidak besar, jernih dan bersih. Hal-hal tersebut menjadikan pantai Senggigi di Lombok salah satu tempat wisata favorit wisatawan mancanegara. Wisatawan juga dapat melakukan snorkeling di atas ombak yang tidak terlalu besar.

2. Danau Segara Anak

Danau Segara anak menjadi tempat wisata di Lombok selanjutnya yang bisa anda kunjungi. Secara bahasa danau ini berarti anak laut, karena warna air dari danau yang terdapat di kaldera Gunung Rinjani ini berwarna biru seperti air laut.

Menikmati panorama di tepi danau yang tenang dan sejuk ini sambil menyeruput minuman hangat setelah lelah mendaki berjam-jam, pasti akan membuat semua rasa gundah dan letih sirna seketika. Untuk mencapai danau kawah di sisi barat Gunung Rinjani ini anda harus menempuh setidaknya 8-10 jam berjalan kaki dari pos pendakian senaru.

3. Sumber Air Panas Aik Kalak

Sumber air panas aik kalak menjadi tempat wisata di Lombok yang bisa anda kunjungi berikutnya. Dengan mandi air panas disini, maka anda bisa terbebas dari berbagai gangguan penyakit seperti encok dan penyakit kulit serta menajamkan fungsi panca indera.

Warga setempat bahkan membuat obat tradisional dari air yang bersumber di sini, yaitu dengan mencampurkan santan kental untuk menyembuhkan seribu macam penyakit. Tempat wisata yang satu ini ada di dekat Danau Segara Anak, Gunung Rinjani. 

3 dari 5 halaman

Peta Wisata Lombok Timur

B. Peta Wisata Lombok Timur

Lombok Timur subur dan kurang berkembang dibandingkan dengan bagian Lombok Barat, namun hal ini membuat anda dapat mengintip indahnya pedesaan asli di Lombok. Dihuni oleh masyarakat adat Sasak yang sangat menjaga budayanya dalam kehidupan.

1. Bukit Pergasingan

Dari sini, wisatawan melihat pemandangan yang spektakuler, Bukit Pergasingan sendiri berada di ketinggian 1.670 meter di atas permukaan laut atau sekitar 673 meter dari Dataran Sembalun. Bukit Pergasingan dapat didaki dalam 2,5 jam.

Di bukit ini anda juga bisa menikmati berbagai aktivitas menarik seperti paralayang, bersepeda gunung dan lain sebagainya. Bagi yang tidak ingin menghabiskan waktu khusus matahari terbit, bermalam dan mendirikan tenda di bukit ini.

2. Gili Kondo

Gili Kondo merupakan salah satu dari sekian banyak pulau kecil atau tanggul di sebelah timur Pulau Lombok. Jalan menuju surga pulau tersembunyi ini terbilang mulus. Meski tidak terlalu lebar, namun aspalnya mulus dan diapit pepohonan rindang di kiri-kanan jalan. 

Kondisi jalan yang sepi akibat kendaraan yang lalu lalang, membuat setiap orang yang melewati jalan ini merasa nyaman, sejuk dan tenang. Gili Kondo menjadi lokasi yang cocok untuk menghilangkan penat di badan dan pikiran.

3. Pantai Surga

Pantai Surga menjadi salah satu tempat wisata di Lombok yang sayang untuk kita lewatkan. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata gratis di Lombok, jadi siapapun bisa datang dan bermain sepuasnya disini. Pantai di Lombok Timur ini sangat eksotis dan menawan.

Lokasi tepatnya pantai ini ada di Desa Ekas, Lombok Timur, sekitar 72 km dari Kota Mataram. Di pantai ini anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru mulai dari berenang, snorkeling, berselancar, memancing, dan tentunya menikmati keindahan pemandangan pantainya. 

4 dari 5 halaman

Peta Wisata Lombok Tengah

C. Peta Wisata Lombok Tengah

Lombok Tengah adalah jantung wisata pulau. Daerah ini mencakup desa-desa tradisional yang sering dikunjungi dalam perjalanan liburan dalam waktu satu hari dan lokasinya yang tidak jauh dari kota besar. Membuat tempat ini cocok bagi anda yang ingin mempelajari budaya lokal.

1. Pantai Semeti

Pantai ini sering disebut dengan nama Pantai Krypton. Karena Pantai Semeti memiliki formasi bebatuan dan karang di sekitarnya yang meruncing dan berlapis seperti dinding kristal di Krypton Planet. 

Jalur disini cukup terjal dan berkelok, jadi pakailah sepatu anti selip karena anda juga harus melewati tebing setinggi 20 m. Dan dibalik tebing tersebut, terdapat fenomena alam yang berbeda di pantai Semeti dibandingkan dengan yang lainnya

2. Air Terjun Kelambu

Seperti namanya, aliran air terjun kelambu ini tidak langsung menyembur, melainkan melalui celah-celah tanaman rambat yang tumbuh begitu tinggi di tebing hingga menyerupai kelambu atau tirai yang menggantung di udara.

Sebelum sampai di lokasi air terjun yang airnya berasal dari Danau Segara Anak Gunung Rinjani ini, memasuki area perkebunan kopi dan coklat dengan udara pegunungan yang sejuk. Tidak hanya memukau, udara di sekitar air terjun juga masih asri dengan dikelilingi tumbuhan hijau yang lebat.

3. Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Tempat wisata di Lombok selanjutnya masih berupa wisata alam yang indah, yaitu taman wisata alam gunung Tunak yang terletak di bagian pantai selatan Lombok. Disini anda bisa menikmati keindahan alam yang memukau dari atas menara pandang yang cukup tinggi dan bertengger di bibir tebing ini dapat ditemukan di Taman Wisata Gunung Tunak. 

Untuk memanjatnya dibutuhkan keberanian khusus, karena hembusan angin laut yang cukup kencang lumayan menjadi tantangan tersendiri. Anda juga bisa menikmati keindahan pantai Tunak yang memiliki pasir putih, hamparan rumput, dinding kapur yang kokoh, serta bukit batu berbentuk runcing yang memukau. 

5 dari 5 halaman

Peta Wisata Lombok Utara

D. Peta Wisata Lombok Utara

Lombok Utara menyajikan pesona keindahan alam yang tidak hanya cantik namun juga menakjubkan. Berwisata di Lombok Utara, pengunjung dapat melihat keindahan alam, budaya dan adat istiadat, dengan beragam pilihan destinasi yang sayang untuk dilewatkan.

1. Pantai Tebing

Pantai tebing menjadi tempat wisata di Lombok yang menarik untuk kita kunjungi selanjutnya. Menarik karena pantai tebing ini mirip seperti berasal dari planet lain. Bukit tebing menjulang tinggi yang terdapat di pantai berpasir hitam ini tampak begitu unik dan eksotis. Sepintas mengingatkan akan ngarai Grand Canyon yang ada di Amerika.

Tebing dengan tekstur yang berlekuk-lekuk laksana pahatan ini berawal dari erupsi dahsyat Gunung Rinjani Tua atau Samalas di tahun 1257 silam. Endapan awan yang membawa berbagai material lalu bertemu dengan dinginnya air laut kemudian terlontar ke daratan sehingga terbentuklah bukit di Pantai Tebing ini.

2. Rinjani Lodge

Tempat wisata di Lombok berikutnya terletak di kaki Gunung Rinjani, yang merupakan sebuah resort yang menjadi tempat untuk menikmati keindahan alam Rinjani. Dengan latar pemandangan yang sedap dipandang mata seperti ini, bersantai di infinity pool-nya tentu menjadi sebuah kemewahan tiada tara.

Tak jauh dari resort ini terdapat beberapa atraksi wisata, seperti Air Terjun Tiu Kelep dan Air Terjun Sendang Gile yang bisa ditempuh hanya 40 menit berjalan kaki. Meskipun ada di tengah pegunungan, namun bagi anda yang tak bisa hidup tanpa internet tak perlu cemas, karena di sini tersedia akses WiFi gratis.

3. Pantai Sire

Tempat wisata di Lombok yang terakhir dari kami adalah pantai Sire yang indah dan menawan. Pantai ini terletak di Lombok Utara, kurang lebih 35 KM dari kota Mataram. Dari pantai ini anda bisa melihat keindahan Gunung Rinjani dari kejauhan. Pantai ini memiliki bentang bibir pantai sepanjang 4 Km. 

Berbagai aktivitas seru bisa anda lakukan disini, seperti berenang, snorkeling, bermain kano, sampai dengan memancing. Bila anda tidak membawa peralatan wisata untuk kegiatan tersebut, tidak perlu kuatir karena di pinggir Pantai Sire banyak terdapat penyewaan alat-alat penunjang wisata.