Sukses

Tips Cara Memasang CCTV Sendiri di Rumah, Mudah Ikuti Langkah-langkahnya

Cara memasang CCTV dapat dilakukan dengan meminta penyedia layanan CCTV menginstalkan perangkat keamanan di bangunan yang dikehendaki.

Liputan6.com, Jakarta CCTV atau Close Circuit Television merupakan perangkat keamanan yang terpasang di berbagai jenis properti termasuk di rumah pribadi. Cara memasang CCTV dapat dilakukan dengan meminta penyedia layanan CCTV menginstalkan perangkat keamanan di bangunan yang dikehendaki. Tapi tentu saja, Anda perlu merogoh kocek cukup dalam. 

Cara memasang CCTV di rumah juga dapat dilakukan sendiri agar lebih hemat. Anda dapat membeli perangkat CCTV berupa kamera, monitor pengawas, penyangga kamera, dan DVR (Digital Video Recorder), lalu menginstalnya sendiri. Dengan memasang seperti monitor pengawas, penyangga kamera, DVR (Digital Video Recorder), dan tentunya kamera sendiri Anda dapat menyesuaikan budget dan spek CCTV yang diperlukan.

CCTV banyak digunakan sebagai perangkat keamanan untuk meningkatkan pengawasan guna keamanan kawasan atau ruangan tertentu. Rekaman video dari perangkat CCTV juga dapat digunakan sebagai bukti jika terjadi insiden atau tindakan kejahatan. Berikut langkah-langkah cara memasang cctv sendiri yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Memasang CCTV: Perencanaan dan Pemasangan

Cara memasang CCTV yang pertama adalah melakukan perencanaan pemasangan. Perencanaan diperlukan untuk menentukan tempat kamera dan DVR agar dapat menjangkau pengawasan area secara maksimal. Perencanaan lokasi pemasangan kamera juga akan memengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.  Berikut beberapa tips perencanaan pemasangan CCTV.

1. Pemasangan kamera CCTV di dalam ruangan sebaiknya dilakukan dengan posisi kamera yang dapat menjangkau pintu atau akses masuk lainnya. 

2. Kabel dan perangkat lain koneksi harus terlindung dari air, baik itu air hujan maupun rembesan air lainnya.

3. Sebaiknya kamera CCTV dipasang pada posisi yang tinggi agar dapat menjangkau area yang luas serta dapat terhindar dari bahaya seperti serangan binatang liar maupun pencurian.

4. Tempatkan kamera cukup dekat dengan area yang ingin diawasi. Posisi terbaik ialah dari atas sekitar 4 meter.

5. Minimalkan jangkauan kamera ke langit karena sorotan ke langit dapat membuat bagian bawah langit menjadi lebih gelap atau siluet saat siang hari. 

6. Untuk pemakaian di luar ruangan pilih casing kamera yang tahan air serta kondisi cuaca yang berubah-ubah. 

7. Tidak hanya kamera, pada pemakaian outdoor kabel dan konektor juga perlu mdiberi pelindung tambahan agar lebih awet.

8. Hindari untuk menekuk kabel CCTV menjadi sudut tajam. Untuk menghindari terputusnya serat kuningan yang berada di dalam kabel

9. Jangan memasang kabel dekat kabel listrik utama. Arus listrik akan menghasilkan 'noise' yang bisa mengganggu sinyal dari kamera.

10. DVR CCTV adalah tempat di mana hard disk pengawas berada. Semua rekaman CCTV berada di dalam DVR. Sebaiknya simpan DVR di dalam kompartemen terkunci sehingga meskipun penyusup melihat DVR, dia tidak dapat menghancurkan video yang direkam. Ini adalah langkah penting untuk memastikan sistem keamanan di rumah Anda.

3 dari 4 halaman

Cara Memasang CCTV Sendiri

Berikut cara memasang CCTV sendiri:

1. Beri tanda pada bagian yang ingin dipasangi kamera.

2. Bor lubang dan palu di cetakan sekrup. Jika Anda memasang kamera CCTV ke kayu, sekrup kamera langsung ke permukaan. Untuk mengarahkannya, kendurkan tiga sekrup yang terletak di dasar kamera. Kubah penutupnya bisa diputar kiri atau kanan.

3. Kencangkan kamera dengan kuat. Masukkan kabel daya kamera ke dalam soket.

4. Pastikan hubungkan output video dan kabel power listrik DC kamera dengan koneksi yang sesuai.

5. Hubungkan ujung kabel masing-masing koneksi pada input video ke DVR, pastikan ujung kabel terkunci dengan baik.

6. Sambungkan power adaptor ke stopkontak. Bila menggunakan banyak kamera, sebaiknya gunakan kabel power splitter jika ada.

4 dari 4 halaman

Cara Memasang CCTV: Mengelola Kabel dan Menyalakan Sistem

Mengelola Kabel

Selain merencanakan posisi kamera dan DVR, Anda juga perlu merencanakan alur kabel dari kamera ke unit DVR. Gunakan cetakan kawat agar kabel tetap terkelola dengan aman. Paku cetakan kawat di sepanjang dinding dan letakkan kabel pengintai di dalamnya tahap cara memasang CCTV selanjutnya adalah BNC.

1. Kabel video dihubungkan melalui port BNC.

2. Lepaskan sekitar 1,5 cm karet pelindung luar kabel video sampai memperlihatkan kawat kepang.

3. Geser laras crimping ke kabel dengan diameter yang lebih lebar menghadap ke ujung kabel.

4. Sekarang lepaskan isolator putih yang menutupi kabel paling dalam.

5. Lalu masukkan kabel yang terbuka ini ke port BNC dan kencangkan laras crimping. Ini akan membuat koneksi aman.

6. Hubungkan port output DVR ke layar di mana Anda menginginkan untuk memantau video.

Menyalakan Sistem CCTV

1. Mulailah dengan menyalakan kamera, kemudian layar dan DVR.

2. Siapkan DVR sesuai dengan panduan pengguna yang disediakan di kemasan DVR.

3. Periksa setiap kamera untuk mengonfirmasi, bahwa semua kamera berfungsi dengan baik. Serta memberikan sudut pandang yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.