Sukses

PT Mitra Adiperkasa, Perusahaan Ritel yang Memasarkan Berbagai Merek Terkenal di Indonesia

PT Mitra Adiperkasa telah menjadi perusahaan ritel yang mendistribusikan berbagai merek terkenal di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan ritel menjadi salah satu bagian penting dalam pergerakan roda ekonomi. Ritel menjadi perantara antara penyedia barang atau sasa dan konsumennya. Bisnis ini melibatkan penjualan barang atau jasa kepada konsumen dalam jumlah satuan atau eceran. Konsumen yang membeli produk atau jasa secara eceran ini bertujuan untuk mengkonsumsinya atau menggunakannya secara pribadi dan tidak menjualnya kembali. Salah satu perusahaan ritel di Indonesia adalah PT Mitra Adiperkasa.

PT Mitra Adiperkasa telah menjadi perusahaan ritel yang mendistribusikan berbagai merek terkenal di Indonesia. Perusahaan ini menjalin kerja sama dengan berbagai jenis perusahaan penyedia barang dan jasa lainnya untuk mendistribusikan barang dan jasa buatannya di Indonesia. 

Dengan keberadaan PT Mitra Adiperkasa masyarakat Indonesia mendapat kemudahan memperoleh barang atau jasa buatan brand dari berbagai negara. Berikut ulasan Liputan6.com tentang bisnis PT Mitra Adiperkasa yang dilansir dari berbagai sumber, Senin (12/12/2022).

2 dari 4 halaman

Bisnis PT Mitra Adiperkasa

PT Mitra Adiperkasa atau lebih populer dengan nama MAP merupakan perusahaan ritel yang didirikan pada 1995. Perusahaan ini menaungi menjadi distributor ritel resmi  berbagai merek dagang terkenal di Indonesia. 

Bisnis PT Mitra Adiperkasa terbagi menjadi beberapa bagian, yakni bagian Departemen Stores, Fashion, Active, Food and Beverage, Supermarket dan LifeStyle. Kini MAP menjadi perusahaan ritel gaya hidup yang cukup terkemuka di Indonesia. 

Dengan pertumbuhan perusahaan yang pesat MAP telah mendaftarkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada November 2004. Semenjak saat itu nama perusahaan menjadi PT Mitra Adiperkasa Tbk.

Departemen Bisnis MAP

Bisnis yang paling terkenal dari PT Mitra Adiperkasa adalah pusat perbelanjaan atau department strore yang berada di berbagai daerah di Indonesia. Departemen store yang menjadi bagian dari MAP, diantaranya Debenhams, Lotus, Seibu, dan Sogo. 

Selain produk fashion, PT Mitra Adiperkasa juga menaungi beberapa merek dagang di bidang food and beverage (FnB).  Merek FnB yang berada di bawah naungan MAP antara lain Starbucks, Spice Garden, Burger KingCold Stone, Creamery, Pizza Marzano, Domino's Pizza, Chatterbox Cafe, Courtyard, dan lain-lain.

MAP juga memasarkan produk untuk anak-anak, seperti mainan dan pakaian. Toko khusus yang menjual produk anak, diantaranya Kidz Station, Barbie, Osh Kosh B'Gosh. Sedangkan, untuk merek khusus anak yang berada di bawah payung PT Mitra Adiperkasa, diantaranya lego, air jordan, livis, disney dan lain-lain.

Fashion juga menjadi salah satu departemen MAP yang cukup terkenal. Merek dagang yang didistribusikan oleh MAP, diantaranya  Calvin Klein, Emporio Armani, Giorgio Armani, dan beberapa merek terkenal lainnya.

Produk sport yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat juga tidak dilewatkan oleh MAP.  Merek sport dan toko yang menjadi bagian dari MAP, diantaranya Planet Sports, Planet Station, Adidas, dan beberapa merek lainnya.

3 dari 4 halaman

Pencapaian dan Penghargaan PT Mitra Adiperkasa

Sebagai perusahaan yang sudah menjalankan bisnis lebih dari 20 tahu, PT Mitra Adiperkasa telah memiliki beberapa pencapaian dan penghargaan. MAP telah memiliki 2.500 gerai ritel dan beragam portofolio yang mencakup sports, fashion, department stores, kids, food & beverage serta produk-produk lifestyle. 

Ritel  PT Mitra Adiperkasa tersebar di 79 kota di Indonesia dan memiliki lebih dari 110 konsep ritel. Perusahaan ini juga menjadi lapangan pekerjaan bagi lebih dari 20.000 pekerja.

MAP juga menyabet beberapa penghargaan yang patut dibanggakan. Berukut penghargaan yang telah diperoleh olah MAP.

- Mendapat rangking ke-23 dalam daftar Indonesia's Top 40 Companies A-List majalah Forbes Indonesia tahun 2011

- Dinobatkan sebagai Indonesia's Most Admired Companies (Top 20) oleh Fortune pada tahun 2012

- Mendapatkan nominasi dalam Indonesian Stock Exchange's Best Capital Award pada tahun 2012

- Mendapat penghargaan  SWA Indonesia's #1 Retail Company in Indonesia tahun 2012

- Mendapatkan penghargaan SWA Indonesia's Top 100 Best Public Companies 2012

- Dinobatkan sebagai Top 50 Companies dari Forbes Indonesia pada tahun 2020. 

4 dari 4 halaman

Visi Misi dan Filosofi PT Mitra Adiperkasa

PT Mitra Adiperkasa memiliki visi dan misi sebagai berikut.

Visi

“Untuk menjadi peritel omni-channel terkemuka di Indonesia”

Misi

Untuk mendukung kesehatan, kebahagiaan dan gaya hidup yang lebih memuaskan bagi para pelanggan kami melalui portofolio merek kelas dunia dan jaringan ritel omni-channel.

Filosofi Bisnis

Dalam menjalankan usahanya PT Mitra Adiperkasa, mengusung filosofi bisnis dengan orientasi P.E.O.P.L.E.

- Pendekatan yang Berfokus Kepada Manusia

MAP berupaya untuk selalu mementingkan para pelanggan dan karyawan dalam setiap inti pengambilan keputusan bisnis.

- Pemberdayaan

MAP memberdayakan karyawan dengan mendorong jiwa kewirausahaan dan mengembangkan rasa memiliki.

- Keaslian

MAP mempelopori konsep-konsep dan ide-ide baru dalam seluruh usaha ritel dan pemasaran.

- Prinsip-prinsip

MAP menjunjung tinggi prinsip-prinsip integritas dan kejujuran.

- Loyalitas

MAP membangun hubungan jangka panjang dengan karyawan, pelanggan dan mitra strategis.

- Keuntungan

MAP berusaha meraih keuntungan berdasarkan nilai-nilai Utama Perusahaan.