Sukses

1 MB Berapa KB? Ini Cara Menghitung dan Satuan Pengukuran Lainnya

jawaban dari 1 MB berapa KB, berikut dengan cara menghitung MB menjadi KB dan satuan pengukuran lainnya.

Liputan6.com, Jakarta 1 MB berapa KB sering menjadi hal yang sering terlintas di benak kita saat menggunakan internet atau membuka file. Perkembangan teknologi yang kian pesat saat ini, membuat setiap orang pasti membutuhkan kuota internet dalam kehidupannya sehari-hari.

Keberadaan internet saat ini tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari, mulai dari untuk mencari informasi dan hiburan, hingga untuk berkomunikasi. Mengetahui nilai dari 1 MB berapa KB akan membantu anda memanfaatkan penggunaan kuota internet dengan lebih efisien.

Misalnya saat membeli kuota bulanan, agar pembelian tidak habis sebelum waktunya atau tersisa banyak dan hangus. Mengetahui 1 MB berapa KB dapat membantu anda memperkirakan jumlah kuota yang dibutuhkan dalam durasi satu bulan.

Lantas apa jawaban dari 1 MB berapa KB? Untuk menjawabnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (12/12/2022). Tentang cara menghitung MB menjadi KB dan satuan pengukuran lainnya.

2 dari 3 halaman

1 MB Berapa KB?

1 MB Berapa KB?

MB adalah singkatan dari Mega Bytes, sedangkan KB adalah singkatan dari Kilo Bytes. Berikut adalah nilai dari 1 MB berapa KB :1 MB itu setara dengan 1024 KB, jika ukur dalam bilangan Biner

1 MB setara dengan 1000 KB, jika diukur dalam bilangan Desimal.

Bilangan desimal adalah bilangan dengan basis angka 10 yang dimulai dari angka 0 sampai dengan 9. Sementara bilangan biner adalah bilangan dengan basis angka 2, yang terdiri dari angka 0 dan 1. Selain itu, juga masih ada banyak jenis bilangan lainya.

 

Perbedaan Antara MB dan KB

Simbol satuan Megabyte adalah MB , Simbol satuan Kilobyte adalah KB . Megabyte lebih besar dari Kilobyte . MB memiliki awalan Mega. KB memiliki awalan Kilo. Megabyte 1000 kali lebih besar dari Kilobyte.

Megabyte

Megabyte (MB) adalah unit informasi digital yang ditransfer atau disimpan, yang banyak digunakan dalam teknologi informasi dan komputer. Dalam SI, satu megabyte sama dengan 1.000.000 byte. Pada saat yang sama, praktis 1 megabyte digunakan sebagai 2 20 B, yang berarti 1.048.576 byte. Saat ini, jumlah informasi yang diukur dengan megabita digunakan untuk merepresentasikan ukuran file MP3 biasa, ukuran gambar JPEG, dan sebagainya.        

Kilobyte

Kilobyte (KB) adalah satuan pengukuran umum informasi digital (termasuk teks, suara, grafik, video, dan jenis informasi lainnya) yang sama dengan 1000 byte. Dalam teknologi informasi praktis, KB sebenarnya sama dengan 2 10 byte, yang membuatnya sama dengan 1024 byte. Beberapa dekade yang lalu, unit ini dulunya adalah salah satu yang paling populer, tetapi baru-baru ini, karena volume informasi meningkat drastis, unit seperti gigabyte menjadi lebih umum digunakan.

3 dari 3 halaman

Satuan Ukuran Informasi Lainnya

Satuan Ukuran Informasi Lainnya

Ukuran informasi di komputer diukur dalam kilobyte, megabyte, gigabyte, dan terabyte. Berikut ini adalah ukuran umum yang dapat dengan mudah anda lihat selain kilobyte dan megabyte, dalam kehidupan nyata dan mempelajari cara bernalar tentang berbagai jumlah byte.

1. Gigabyte (GB)

Gigabyte (GB) = sekitar satu miliar byte alias sekitar 1000 MB. GB adalah unit umum untuk perangkat keras modern misal 4000 MB = 4 GB.  Komputer biasa mungkin memiliki:

-4 GB atau RAM

-256 GB penyimpanan persistent

- Disk DVD memiliki kapasitas 4.7GB (lapisan tunggal)

- Flash drive mungkin menampung 32 GB

- Hard drive mungkin menampung 750 GB

Satu gigabyte (GB) adalah sekitar 1 miliar byte, atau 1 ribu megabyte. Komputer mungkin memiliki 4 GB RAM. Kartu memori flash yang digunakan di kamera dapat menyimpan 16 GB. Film DVD kira-kira berukuran 4-8 GB.

 

2. Terabyte (TB)

Satu terabyte (TB) adalah sekitar 1000 gigabyte, atau kira-kira 1 triliun byte. Anda dapat membeli hard drive 4TB hari ini, jadi kami memulai saat istilah ini mulai digunakan secara umum. Gigabyte dulunya juga merupakan istilah yang eksotis, sampai hukum Moore menjadikannya umum.