Sukses

Apa Manfaat Kerja Sama dalam Kehidupan Sehari-hari? Simak 18 Diantaranya

Manfaat kerja sama adalah meringankan pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Apa manfaat kerja sama dalam kehidupan sehari-hari? Kerja sama dalam kehidupan penting dilakukan terutama untuk meringankan pekerjaan dan mudah dalam mencapai hasil yang lebih besar.

Dalam buku berjudul Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 4 (2020) oleh Christina Umi, kerja sama adalah usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama.

Apa manfaat kerja sama dalam kehidupan sehari-hari adalah modal utama persatuan dan kesatuan bisa dipupuk dengan baik. Nantinya, kerja sama akan menciptakan empati, loyalitas, solidaritas, dan masih banyak lagi.

Agar lebih memahami materi, simak penjelasan lengkapnya. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang apa manfaat kerja sama dalam kehidupan sehari-hari, Selasa (13/12/2022).

2 dari 4 halaman

Apa Manfaat Kerja Sama dalam Kehidupan Sehari-hari?

Apa manfaat kerja sama dalam kehidupan sehari-hari ini penting diketahui untuk lebih mudah mencapai tujuan bersama. Kerja sama berhubungan dengan persatuan dan kesatuan.

Apa manfaat kerja sama dalam kehidupan sehari-hari seperti gotong-royong, bahu-membahu, dan saling memberi dukungan yang sebenarnya?

1. Kerja sama membuat pemecahan masalah lebih mudah didapatkan.

2. Kerja sama membuat segala macam pekerjaan lebih mudah diselesaikan dan diatasi.

3. Kerja sama memberi manfaat karena menuntut setiap pihak untuk terus belajar dan saling belajar.

4. Kerja sama mampu mempererat hubungan, komunikasi, dan interaksi antar pihak yang terlibat untuk bisa mencapai tujuan bersama.

Dalam buku berjudul Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 4 (2020) oleh Christina Umi, kerja sama dalam keberagaman merupakan sikap yang harus dikembangkan karena sikap itu akan semakin memupuk persatuan dan kesatuan dalam sebuah masyarakat.

5. Kerja sama membuat setiap pihak yang terlibat mampu menikmati proses kontribusi dan bisa menikmatinya.

6. Kerja sama meningkatkan perasaan loyal.

7. Kerja sama memberi manfaat karena pasti akan meningkatkan produktivitas setiap pihak yang terlibat untuk mencapai tujuan bersama.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kerja Sama dalam Kehidupan Sehari-hari Selanjutnya

Apa manfaat kerja sama dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diketahui lagi?

8. Kerja sama mampu meleburkan hierarki vertikal, di mana tidak ada lagi penghalang untuk berbagai dan mendengarkan ide setiap pihak.

9. Kerja sama meningkatkan efisiensi pekerjaan.

10. Kerja sama memberikan manfaat pada penurunan modal atau biaya, misalnya biaya produksi dan berbagai jenis biaya karena bisa ditanggung bersama atau dibagi sama rata.

11. Kerja sama pasti akan menciptakan relasi yang baik.

Dalam buku berjudul Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu (2006) oleh Mamat Ruhimat, dkk, faktor pendorong kerja sama adalah timbul keinginan pribadi, ingin mencapai tujuan bersama, ada kewajiban menyelesaikan masalah, ada alasan melibatkan pihak lain, rasa solidaritas, dan ada keinginan mencapai hasil yang lebih besar.

12. Kerja sama yang dilakukan dengan maksimal, akan mendatangkan keuntungan seperti profitabilitas.

13. Kerja sama memberikan manfaat berupa pemahaman satu sama lain atau antar pihak menjadi lebih baik.

14. Kerja sama pasti melatih setiap pihak mampu berkomunikasi dengan baik.

15. Kerja sama akan menumbuhkan rasa saling mengasihi atau empati antar pihak,  perasaan egois atau ingin menang sendiri menjadi mudah dilebur.

16. Kerja sama memberi manfaat seperti mengembangkan perasaan sosial dengan sangat baik.

17. Kerja sama pasti akan berdampak pada tumbuhnya rasa persatuan dan kesatuan yang mendalam.

18. Kerja sama akan menumbuhkan keberanian terutama dalam upaya mengambil keputusan bersama.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kerja Sama dan Penjelasannya

Partnership adalah kerja sama yang dilakukan dengan dua pihak atau lebih, terdiri dari tiga jenis. Masing-masing jenis partnership memiliki fokus pada hal yang berbeda-beda. Berikut penjelasan jenis-jenis kerja sama, melansir The Balance Small Business:

1. General Partnership (GP)

Mengenal general partnership adalah bentuk kerja sama yang dijalankan secara merata. Pihak yang saling memutuskan melakukan kerja sama atau partner dalam upaya mencapai tujuan, sama-sama aktif dan bertanggung jawab penuh atas utang dan permasalahan apa pun, termasuk yang mengikat secara hukum.

2. Limited partnership (LP)

Mengenal limited partnership adalah wujud kerja sama dari gabungan antara dua pihak atau lebih yang menjalankan operasional bisnis. Pelaksanaan limiter partnership adalah terdapat satu partner atau lebih yang tidak melakukan hal serupa. Mereka biasa disebut silent partner. 

Akan tetapi, untuk manfaat dan keuntungan yang didapat atau bagi hasilna dilakukan secara merata atau sesuai porsinya masing-masing. Sementara untuk masalah tanggung jawab, ada satu pihak yang mungkin tidak berkewajiban menanggung utang dan segala permasalahan hukum.

3. Limited liability partnership (LLP)

Mengenal limited liability partnership adalah wujud kerja sama dengan perlindungan hukum yang diterapkan pada semua partner. Berlaku baik yang umum maupun terbatas seperti silent partner.

Pihak yang menjalankan limited liability partnership biasanya adalah pihak yang bekerja dalam satu bidang. Dimisalkan saja pihak yang sama-sama bekerja dalam bidang akuntan, pengacara, dan masih banyak lagi. 

Perhatikan, apabila ada pihak yang melakukan kesalahan dalam kerja sama atau kemitraan ini harus diurus secara hukum. Itulah jenis-jenis partnership dan penjelasannya yang perlu diketahui.