Sukses

Profil PT SAI Indonesia, Sejarah Berdiri dan Layanannya

Profil PT SAI Indonesia, sejarah berdirinya PT SAI Indonesia dan layanan yang disediakan PT SAI Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta PT SAI Indonesia atau yang juga dikenal dengan PT Sari Ayu Indonesia merupakan salah satu perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia, yang terus tumbuh dan berkembang. Berdiri pertama kali pada tahun 1983, PT SAI Indonesia awalnya berdiri sebagai perusahaan distribusi produk Martha Tilaar.

Kini PT SAI Indonesia tidak hanya melayani distribusi produk Martha Tilaar, namun juga mendistribusikan berbagai produk principal non Martha Tilaar dengan skala multinasional. Terus tumbuh dan berkembang, kini PT SAI Indonesia telah memiliki total 16 cabang, 7 depo, 21 sub distributor dan 5 sales point yang tersebar di Indonesia.

Tidak hanya mengembankan usaha di bidang distribusi untuk cakupan yang lebih umum dan luas, PT SAI Indonesia juga mengembangkan usaha di bidang logistik, untuk membantu memenuhi kebutuhan konsumen, baik dengan metode modern maupun konvensional.

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT SAI Indonesia yang Liputan6.com rangkum dari laman sai-indonesia.co.id pada Selasa (13/12/2022). Profil PT SAI Indonesia, sejarah berdirinya PT SAI Indonesia dan layanan yang disediakan PT SAI Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil PT SAI Indonesia

Profil PT SAI Indonesia

PT. SAI Indonesia awalnya bernama PT.Sariayu Indonesia yang didirikan pada tahun 1983 oleh PT.Martina Berto,Tbk yang tergabung dalam Martha Tilaar Group sebagai satu-satunya distributor resmi produk kecantikan “Sariayu” yang berkantor pusat langsung dari Jakarta. 

Pada Tahun 1985, PT Sariayu Indonesia dalam industri Distribusi mulai mengembangkan cabang-cabang dan sales point secara Nasional untuk menambah portofolio perusahaan. Hingga tahun 2007, PT Sariayu Indonesia telah mempunyai 12 kantor cabang, 5 Depo, dan 15 Sub Distributor yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Kemudian perusahaan yang sudah kuat di dunia Distribusi ini merubah nama dan mengganti Logo Perusahaan menjadi PT.SAI Indonesia. Sejalan dengan konsep PT SAI Indonesia yang baru, menjadi perusahaan Distribusi skala Nasional, memiliki semangat yang baru dengan Tagline : Let us distribute yours! Logistic & Distribution Service.

Filosofi Dasar PT SAI Indonesia

Filosofi dasar yang dimiliki PT. SAI Indonesia adalah:

a. We serve best to be the best (Memberikan pelayanan terbaik untuk menjadi yang terbaik)

b. One goal different roll (Menyatukan beraneka ragam potensi yang ada untuk satu tujuan yang akan dicapai)

Visi : Menjadi perusahaan distribusi dan logistik terbaik dengan cakupan nasional.

Misi : Mendistribusikan beragam produk ke masyarakat di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan kebutuhan.

3 dari 4 halaman

Sejarah PT SAI Indonesia

Sejarah PT SAI Indonesia

Sejarah berdirinya PT. SAI mulai berawal pada tahun 1970, saat itu Dr. Marta Tilaar memulai usaha dengan membuka salon kecantikan di kediaman orang tuanya di daerah Menteng, Jakarta Pusat. 

Bermula dari salon inilah untuk pertama kalinya perawatan kecantikan tradisional berbasis tanaman herbal dan bisnis kecantikan dimulai. Pada tahun 1977, Dr. Martha Tilaar bersama mitra usahanya yaitu Bernard Pranata (Almarhum) dan Theresia Harsini Setiady mendirikan PT Martina Berto. 

PT. Martina Berto adalah salah satu anak perusahaan dari Marta Tilaar Group yang memproduksi kosmetika dan jamu pertama kali dengan merek “Sariayu – Marta Tilaar”. Baru di tahun 1982, PT SAI Indonesia didirikan untuk mendukung PT. Martina Berto dalam mendistribusikan produk - produk kosmetiknya. 

Kemudian pada tahun 1985 sampai dengan 2007, PT. Sari Ayu Indonesia dalam Industri Distribusi mulai mengembangkan cabang - cabang dan sales point secara Nasional untuk menambah portofolio perusahaan dimana PT Sari Ayu Indonesia dalam kurun waktu ini, mempunyai 12 kantor cabang, 5 Depo dan 15 Sub Distributor yang tersebar di seluruh Indonesia.

Saat ini PT SAI Indonesia sudah dipercaya untuk mendistribusikan produk Principal Non Martha Tilaar Group yang skalanya Multinasional. PT. SAI Indonesia saat ini sudah bekembang, memiliki total 16 Cabang, 7 Depo, 21 Sub Distributor atau Agen dan 5 Sales Point yang tersebar di seluruh Indonesia.

4 dari 4 halaman

Kegiatan Usaha PT SAI Indonesia

Kegiatan Usaha PT SAI Indonesia

Sejak pertama kali berdiri di tahun 1982, PT SAI Indonesia telah menjadi perusahaan distribusi dan logistik barang dari produk Sariayu. Seiring dengan berjalannya waktu dalam Industri Distribusi, PT Sari Ayu Indonesia mulai mengembangkan cabang - cabang dan sales point secara Nasional.

Hal ini dilakukan untuk menambah portofolio perusahaan dimana PT Sari Ayu Indonesia dalam kurun waktu ini sudah memiliki total 16 Cabang, 7 Depo, 21 Sub Distributor atau Agen dan 5 Sales Point yang tersebar di seluruh Indonesia.

Produk - produk yang didistribusikan diantaranya seperti produk Sariayu Marta Tilaar, Caring Colour, Biokos Martha Tilaar, PAC Martha Tilaar, Dewi Sri SPA, Belia Martha Tilaar, Mirabella, Rudy Hadisuwarno Cosmetics.

Pada tahun 2010, PT SAI Indonesia juga mendistribusikan produk selain produk kecantikan, yaitu produk makanan. Contohnya seperti makanan merek Lotte, Golden Ginger, dan produk nabati. Selain produk makanan ada juga produk majalah kecantikan dan produk pewangi atau parfum yang didistribusikan. 

Produk majalah kecantikan yang didistribusikan antara lain, Wedding, Belladonna dan Mahligai. Sedangkan produk pewangi atau parfum adalah Adidas dan Playboy. Selain mendistribusikan barang, PT SAI Indonesia juga ikut melakukan kegiatan lain yang di adakan oleh Marta Tilaar Group. 

Kegiatan yang biasanya dilakukan oleh Marta Tilaar Group adalah promosi produk baru dari Sariayu, selling produk Sariayu dan kegiatan institusi lain seperti beauty class maupun demo institusi, selain itu PT SAI Indonesia juga sering melakukan CSR di berbagai tempat.

Saat ini PT SAI Indonesia telah memiliki banyak sekali outlet yang sudah tersebar di seluruh

Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa PT. SAI Indonesia sudah dipercaya oleh konsumen dan stakeholders dalam mendistribusikan barang–barang mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.