Sukses

Profil PT Sinar Sosro, Perusahaan Minuman Teh Botol Pertama di Dunia

PT Sinar Sosro memproduksi minuman teh siap minum dalam kemasan botol.

Liputan6.com, Jakarta - PT Sinar Sosro adalah perusahaan minuman teh botol pertama di Indonesia dan dunia. PT Sinar Sosro memproduksi minuman teh siap minum dalam botol dengan bahan baku asli dan alami. Kegiatan ekspor produk PT Sinar Sosro sudah dilakukan ke Asia hingga Eropa.

Persero ini memproduksi teh kemasan dengan campuran teh hijau, bunga melati, dan bunga gambir. Menghimpun data tahun 2021 dari situs website resminya, sudah ada 12 pabrik PT Sinar Sosro yang tersebar luas di seluruh Indonesia.

Apa saja yang termasuk produk PT Sinar Sosro? Produk PT Sinar Sosro adalah Tehbotol Sosro, Fruit Tea Sosro, S-Tee, TEBS, Country Choice, dan Air Mineral  Prim-A. Produk unggulannya Tehbotol Sosro, dengan varian rasa original, less sugar, dan tawar.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil PT Sinar Sosro, sejarah berdiri, dan produknya, Selasa (13/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PT Sinar Sosro adalah Perusahaan di Bidang Minuman

PT Sinar Sosro adalah perusahaan yang bergerak di bidang minuman. PT Sinar Sosro sudah berdiri sejak tahun 1940-an dan terdaftar resmi sebagai persero pada tanggal 17 Juli 1974. PT Sinar Sosro memproduksi minuman berbahan dasar teh.

Melansir dari situs website resminya, PT Sinar Sosro adalah perusahaan teh siap minum yang dikemas dengan botol. PT Sinar Sosro adalah perusahaan teh siap minum dalam kemasan botol yang ada pertama di Indonesia dan di dunia.

PT Sinar Sosro memproduksi minuman teh siap minum dalam botol dengan bahan baku asli dan alami. Diungkap, daun teh untuk produksi PT Sinar Sosro adalah hasil dipetik dari perkebunan sendiri berupa campuran teh hijau, bunga melati, dan bunga gambir.

Jumlah pabrik PT Sinar Sosro sudah ada 12 pabrik yang tersebar luas di seluruh Indonesia menurut data tahun 2021. Mulai dari Medan, Palembang, Jakarta, Tambun, Cibitung, Ungaran, Gresik, Mojokerto, dan Gianyar. Serta pabrik produksi air mineral Prim-A yaitu di Sentul, Purbalingga, dan Pandaan.

Produk PT Sinar Sosro adalah Tehbotol Sosro, Fruit Tea Sosro, S-Tee, TEBS, Country Choice, dan Air Mineral  Prim-A. PT Sinar Sosro sudah melakukan ekspor produk dengan oneway packaging/non-botol beling ke beberapa negara di Asia, Amerika, Eropa, Afrika, Australia, dan Kepulauan Pasifik.

Visi PT Sinar Sosro adalah mampu menjadi perusahaan minuman kelas dunia, yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen, kapan saja, di mana saja, serta memberikan nilai tambah untuk semua pihak terkait, “The Indonesian World Class Beverage Company.”

3 dari 4 halaman

Produk Unggulan PT Sinar Sosro

Apa saja yang termasuk produk PT Sinar Sosro? Produk PT Sinar Sosro adalah Tehbotol Sosro, Fruit Tea Sosro, S-Tee, TEBS, Country Choice, dan Air Mineral  Prim-A.

Melansir dari situs website resminya, sementara produk unggulan PT Sinar Sosro adalah Tehbotol Sosro kemasan botol beling atau sering disebut RGB (Returnable Glass Bottle). Adapun Tehbotol Sosro memiliki varian rasa original, less sugar dan tawar.

Ini berupa produk Teh siap minum yang pertama diluncurkan di Indonesia dan di dunia sejak tahun 1969. Agar bisa memenuhi kebutuhan pecintanya di mana pun berada, Tehbotol Sosro dengan inovasinya sampai dengan tahun 2019 telah memiliki banyak pilihan kemasan produk yaitu :

1. Kemasan botol beling, volume 220 ml

2. Kemasan kotak (Tetra Pak), volume 200 ml, 250 ml, 330 ml dan 1 Liter

3. Kemasan botol plastik PET 450 ml dan 350 ml

4. Kemasan pouch 230 ml

5. Kemasan Kaleng 318ml

4 dari 4 halaman

Sejarah PT Sinar Sosro dan Penjelasannya

Kehadiran PT Sinar Sosro di Indonesia sudah mewarnai pasar sejak tahun 1940-an. Melansir dari situs website resminya, begini sejarah PT Sinar Sosro berdiri:

1. Pada tahun 1940, keluarga Sosrodjojo memulai usahanya di kota Slawi, Jawa Tengah dengan memproduksi dan memasarkan teh seduh dengan merk Teh Cap Botol.  

2. Pada tahun 1960, Soegiharto Sosrodjojo dan saudara-saudaranya hijrah ke Jakarta untuk mengembangkan usaha keluarga Sosrodjojo kepada masyarakat di Jakarta.

3. Pada tahun 1965, usaha memperkenalkan Teh Cap Botol ini dilakukan dengan melakukan strategy Cicip Rasa yakni mendatangi pusat-pusat keramaian seperti pasar.

Lalu mulai memasak dan menyeduh teh langsung di tempat. Tetapi cara ini kurang berhasil. Kemudian teh tidak lagi diseduh langsung di pasar. Tetapi dimasukkan kedalam panci-panci besar, untuk selanjutnya dibawa ke pasar dengan menggunakan mobil bak terbuka.

Lagi-lagi cara ini kurang berhasil, karena teh yang dibawa sebagian besar tumpah dalam perjalanan dari kantor ke pasar. Akhirnya secara tidak disengaja, ditemukan ide untuk membawa teh yang telah diseduh di kantor dan dikemas kedalam botol bekas kecap atau limun yang sudah dibersihkan.

4. Pada tahun 1969, muncul gagasan untuk menjual teh siap minum atau ready to drink tea dalam kemasan botol dengan nama Tehbotol Sosro.

Nama tersebut diambil dari nama teh seduh “Teh Cap Botol“ dan nama keluarga pendiri yakni “Sosrodjojo.” Design yang digunakan mengalami tiga kali perubahan yakni, tahun 1969 versi pertama, tahun 1972 versi kedua, dan 1974 versi ketiga.

5. Seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan, maka sejak tanggal 27 November 2004, PT. Sinar Sosro bernaung dibawah perusahaan induk atau disebut dengan holding company yaitu PT. Anggada Putra Rekso Mulia atau Grup Rekso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.